Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengapa Tombol Power Berbentuk Lingkaran Dibelah Garis? Ternyata Begini Sejarahnya

jalakranauAvatar border
TS
jalakranau
Mengapa Tombol Power Berbentuk Lingkaran Dibelah Garis? Ternyata Begini Sejarahnya



Mengapa tombol power pada semua peralatan elektroniknya gambarnya lingkaran dibelah garis? Maksud di balik itu sungguh tak terduga!Teknologi diciptakan memang untuk memudahkan pekerjaan manusia.Dari beragam teknologi itu umumnya menggunakan tenaga listrik sebagai sumber energi penggeraknya. Kemudian beragam teknologi yang mengunakan tenaga listrik itu disebut alat elektronik.

Agar alat elektronik dapat dijalankan, pengguna harus menekan tombol power.Tombol yang bersimbol lingkaran yang dibelah sebuah garis tegak selalu muncul di semua tombol power peralatan eletronik, apa pun mereknya.Nah, tak banyak orang tau sejarah di balik simbol tombol power tersebut. Seperti dilansir Tribunstyle.com dari Wikipedia, konon sejarah tombol power yang umum terdapat pada remote televisi, komputer, hingga mesin cuci diciptakan tidak asal-asalan.
Ternyata logo yang terlintas sederhana ini mempunyai makna penting dalam dunia elektrik.Selalu ada cerita dan kisah di balik terciptanya sebuah logo atau indikator fitur sebuah produk, termasuk tombol power.

Berikut ini 6 fakta menarik mengenai tombol power di peralatan elektronik!

1. Tombol Wajib Hidup Mati!



Setiap menghidupkan dan mematikan alat elektronik, kamu akan menekan tombol power walaupun tidak ada tulisan on-off.

2. Nol dan Satu



Simbol tombol power terbentuk dari lingkaran dan garis vertikal di tengahnya. Simbol ini sebenarnya menunjukan angka nol dan satu.

3. Peninggalan Perang Dunia II



Sejarah simbol ini bermula ketika Perang Dunia II.Saat itu para insinyur memakai sistem binari untuk memberi label pada tombol power.

4. Angka 1 adalah Hidup



Pada alam dunia sistem binari angka 1 berarti hidup dan angka 0 berarti mati.

5. Tombol Power Standar



Pada tahun 1973, label tersebut distandardisasi oleh International Electrotechnical Commission (IEC) sebagai simbol untuk menghidupkan dan mematikan peralatan elektronik. Karena logo tersebut dianggap pas menggambar hidup mati.

6. Dulunya Terpisah



Tombol power dulunya bersimbol lingkaran dan garis vertikal yang terpisah.Simbol tombol power dahulu I dan O terpisah. I berarti listrik sedang menyala, dan O berarti tidak ada listrik yang menyala.

Gimana bro ?, sudah tau kan makna simbol tombol power? Ternyata banyak yang tak menduga sejarahnya seperti itu.
Seorang netizen dengan akun Instagram @_gifa menulis komentarnya, "Makna dari semua itu ada jika bulat sempurna mesin akan tetap menyala dan arti dari I dari logo tersebut adalah sebuat tombol untuk menghentikan mesin menyala,sama aja kayak kayak lampu kalo kabelnya di potong ya kaga bakal idup." "1 buat on 0 buat off.. di gabung jdi gitu gmbarnya..," sahut akun @syahrundalu .

jadi begono sejarahnya bro

emoticon-Rate 5 Star

0
14.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.