Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Agaz15Avatar border
TS
Agaz15
OPINI | Menilai : Mahalnya Perdamaian Di Indonesia


Quote:





— PEMICU PECAHNYA PERDAMAIAN : KONFLIK —

Menurut KBBI:konflik didefinisikan sebagai percekcokan,perselisihan atau pertentangan.
Sederhananya : konflik merujuk pada adanya dua hal atau lebih yang berseberangan,tidak selaras,dan bertentangan.
Perbedaan dalam masyarakat kita yang membawahi ciri fisik,kepandaian,pengetahuan,adat istiadat, dan lain sebagainya,tidak bisa dipungkiri sebagai bagian dari suatu siklus kehidupan kita Gan. Perbedaan yang terlalu mencolok yang disertai dengan daya berinteraksi yang keliru bisa memicu suatu konflik yang kalau terlambat diatasi biasa menyebabkan kerugian yang besar,baik dari sisi material maupun dari sisi mental kita. Sebaliknya kalau seandainya suatu perbedaan dapat dikontrol dengan baik, maka perbedaan tersebut mampu menciptakan suatu masyarakat yang beranekaragam yang tergabung menjadi suatu kesatuan yang kuat. Buktinya ? Indonesia .


Merunut dari definisi konflik,pembahasan di bawah ini membahas beberapa faktor sebagai pemecah konflik Gan :



Quote:


Quote:


Quote:



emoticon-roseemoticon-rose emoticon-rose

— PENUTUP : PESAN DAMAI —


Konflik yang berkepanjangan selalu menyisakan ironi dan tragedi. Kekerasan yang terjadi dalam rentang waktu lama menjadikannya sebagai perilaku yang seolah wajar dan bahkan terinstitusionalisasi. Akibatnya lingkaran setan kekerasan menjadimata rantai yang semakin sulit untuk diputuskan. Karena perasaan masing-masing pihak adalah victim (korban) memicu dendam yang jika ada kesempatan akan dibalaskan melalui jalan kekerasan pula. Belum lagi kerusakan dan kerugian materiil yang harus di tanggung, sungguh tak terperikan lagi. Dampak konflik lainnya adalah mengundang turun tangan keluarga dan sanak saudaradari kepulauan, kecamatan, kabupaten, propinsi hingga ibu kota negara datang membantu keluarganya secara ekonomi, tenaga, ikut berperang dll. Di sudut agama terpanggil rasa solidaritas se-agama dari pelbagai organisasi sosial keagamaan dari pelbagai penjuru tanah air hingga dari luar negeri.

Quote:


emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose
Jika Karl Marx melihat masyarakat sebagai sebuah proses perkembangan yang akan menyudahi konflik melalui konflik. Konflik dapat artikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Dan sebagai warga yang demokrat,apakah kita mampu berdiri diantara genangan kolam perpecahan yang meninggalkan luka dalam tak terobati di setiap insan masyarakat kita dimasa yang akan datang hanya karena adanya niatan kita untuk memisahkan diri dari suatu harmoni dan kedamaian ?

Sekalipun harga sekeping damai harus dibayar dengan pengorbanan serta penghilangan sikap egosentris maka ane akan terima dengan senang hati konsekuennya.

Agan/Aganwati bagaimana ?
Salam.

emoticon-rose emoticon-rose emoticon-rose




Quote:






1
20.7K
127
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.