• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Tak Akan Menyangka, Penemuan "Sepele" Ini Ternyata yang Mengubah Dunia

iqbalawalAvatar border
TS
iqbalawal
Tak Akan Menyangka, Penemuan "Sepele" Ini Ternyata yang Mengubah Dunia

Gan-Sis, penemuan yang terkait teknologi tidak selalu mengundang kehebohan. Ada juga lho penemuan-penemuan yang tidak banyak terekspose bahkan penemunya pun belum diketahui hingga kini. Tak heran penemuan seperti ini dianggap 'sepele', meski perannya sangat besar dan mampu mengubah dunia.

Penasaran apa saja penemuan-penemuan itu?



(1) Sabun

Kebersihan badan menjadi hal utama kebudayaan modern. Kesadaran ini jadi syarat seseorang berinteraksi dengan yang lainnya. Selain itu, kebersihan badan pun jadi kunci seberapa sehat kita. Dilansir Kompas,com (13/05/2017), sebelum sabun ditemukan manusia belum sadar akan kebersihan. Lebih parah lagi di kasus sabun cuci, bisa Agan Sista bayangkan, manusia dulu itu tak pernah mencuci pakaian, bukan?

Spoiler for :


Sabun sendiri hingga kini belum jelas siapa penemunya dan siapa sosok berjasa di belakangnya. Namun dilansir Kompas.com (13/05/2017 dan Republika.co.id (19/03/2009), sabun diporoduksi secara massal sejak zaman Islam. Kota-kota Islam seperti Nablus (Palestina), Kufah (Irak), dan Basrah (Irak) telah menjadi sentra industri sabun. Di Eropa sendiri konon telah ada sejak masa Romawi, dibuktikan secara kebahasaan bahwa sabun dalam bahasa Inggris sekarang yaitu "soap" berasal dari bahasa Latin, "sapo". Artinya, minyak rambut.

Lalu pembuatan sabun secara terbatas dilakukan di peradaban Mesoptamia dan Mesir Kuno. Dua peradaban tinggi dunia ini memang terkenal sebagai inventors. Sabun pada masa ini dibuat dari campuran garam alkaline, minyak, dan papirus. Fungsi sabun sendiri bukan semata untuk kebersihan tapi untuk ritual-ritual keagamaan agar tampil lebih wangi.

Ukuran pentingnya sabun, bisa kita tanyakan kepada diri kita sendiri, Kaskuserss. Apakah kita bisa hidup tanpa sabun? Don't mikir aneh-aneh ya Brah-Sis Hahahaha

GAMBAR-GAMBAR SABUN KUNO


Spoiler for :


(2) Roda

Pernahkah Agan-Sista bayangkan, betapa sulitnya memindahkan barang beratus-ratus kilo atau bahkan berton-ton tanpa menggunakan roda? Mungkin semua akan menjawab kan ada Pesawat Hercules, ada juga kereta api barang, ada juga truk peti kemas. Tapi coba deh amati, ternyata semuanya beroda. Iya kan?

Ya, roda adalah salah satu penemuan terpenting manusia yang mengubah dunia. Sebelum roda ditemukan pengangkutan barang dan trasportasi murni menggunakan tenaga hewan sebagai alat bantu utama. Setelah ada roda ditemukan, tenaga hewan tetap digunakan, tapi kali ini hewan hanya menarik alat beroda semacam gerobak. Itulah kenapa ada istilah kereta kuda dan pedati. Menurut Kompas.com (20/05/2017), roda sudah ada sejak zaman kono sebelum masehi. Roda tertua hingga saat ini ditemukan dari zaman Mesopotamia pada sekitar tahun 3.500 SM.

Tapi hingga kini tidak ada satu tokoh penting pun yang dikaitkan dengan penemuan roda dalam sejarah. Meski demikian, kita patut bersyukur dengan adanya roda dalam kehidupan kita. Coba saja bayangkan, kalau di zaman ini, mobil tidak beroda, pesawat tidak beroda, motor tidak beroda, mau pada gimana?

Ngapel jalan kaki, elaaaaaaah sebelum ngetok pintu juga udah diusir kali sama calon mertua Hahahaha

RODA MASA KUNO


Spoiler for :


Selain sabun dan roda, penemuan-penemuan sepele lainnya yang mengubah dunia antara lain, Kompas, Kertas, dan Cinta yang Tak Terbatas. Eaaaaaaaaaaaaaa


Spoiler for :


SEKIAN DULS DARI ANE, DARIPADA DITERUSIN JADI NGAWUR NANTI. SELAMAT MALAM


Diubah oleh iqbalawal 13-10-2017 07:08
0
59.6K
251
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.