Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fadw.crtvAvatar border
TS
fadw.crtv
Dulu Dibantu Jin, Sekarang Dibantu Robot


Jika saja Sangkuriang atau Bandung Bondowoso lahir di jaman now, mungkin saja mereka akan meminta bantuan dari Jepang atau Amerika dengan teknologinya. Mungkin saja gunung Tangkuban Perahu yang didongengkan dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang tidak ada saat ini, atau candi Prambanan sekarang belum dibangun.

Tapi tetap saja, manusia tidak memiliki kekuatan seperti jin yang ada di dongeng itu. Dengan jin saja, perahu yang segede gunung bisa selesai dalam satu malam. Dengan jin saja, 1.000 candi bisa dibangun dalam 1 malam. Iya, itu menurut dongeng.

Mungkin jika eksistensi jin semudah dahulu, teknologi sekarang tidak secanggih ini. Mau bangun gedung cuma tinggal kasih sajen, satu malam jadi. Mau jalan-jalan tinggal kasih sajen, satu menit sampai. Tentu saja jin didongengkan lebih baik dari teknologi, bukan?

Sekarang saat peradaban semakin berkembang dan animisme semakin ditinggalkan, manusia terus membuat hal-hal yang membuat praktis dalam segala hal. Tak terkecuali robot.

Mungkin kebanyakan orang, robot itu mesin dengan tubuh manusia yang bisa digunakan untuk berbagai hal. Tapi pada kenyataannya, robot tidak selalu dengan tubuh manusia. Jika gan/sis pernah melihat robot yang dipertarungkan, bentuknya aneh-aneh, bukan?

Mungkin gan/sis bisa lihat thread ane yang lain tentang robot, memang ada robot yang dibuat semirip manusia untuk kepentingan perawatan dan pelayanan terhadap manusia. Sebagai resepsionis misalnya, atau teman ngobrol buat yang belum berpasangan.

Tapi bukan hanya sampai di situ. Di Kota Odawara, Prefektur Kanagawa, ada tempat uji coba kontraktor umum terkemuka Kajima Corporation. Di kawasan sekitar 2 hektar ini, merupakan tempat uji coba kendaraan kontraktor tanpa awak, gan/sis.

Seperti namanya, mesin berat tak berawak adalah mesin konstruksi yang akan bekerja secara otomatis meski tidak ada orang di kursi pengemudi. Truk besar yang membawa tanah dan pasir, buldozer untuk meratakan tanah, dan stum atau roller besar untuk memperkuat tanah.

Terus supirnya dimana, gan? Ya, supirnya pada nganggurlah, gan/sis. emoticon-Ngakak (S)Menurut referensi yang ane baca, sekarang satu orang pekerja bisa menghandle beberapa kendaraan sekaligus, gan/sis. Jadi para pekerja ini cuma mengendalikan kendaraan ini dari sebuah komputer tablet, dengan otomatis si kendaraan akan bergerak sendiri. Mungkin kalau orang awam liat, dikiranya pake bantuan jin, ya, gan/sis. emoticon-Hammer (S)

Menurut ane pribadi, teknologi-teknologi ini cocok digunakan untuk daerah atau tempat yang rawan dengan angka kecelakaan. Seperti pengerukan pinggir tebing, pengerukan dasar sungai, atau juga perobohan bangunan liar atau yang sudah rawan rubuh.

Jika robot digunakan di berbagai aspek, mungkin saja nasib manusia seperti jin yang kian lama kian tidak terpakai. emoticon-Hammer (S) Di sisi lain, Jin dan teknologi itu memiliki kesamaan: Sama-sama hanya orang pintar yang bisa menggunakannya dengan baik.

Buat agan yang mau melihat videonya, bisa buka spoiler dibawah ini.
Spoiler for :


Penulis : fadw.crtv
Referensi dan gambar : NHK NEWS

11/10/2017

0
14.3K
78
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.