Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Media IndonesiaAvatar border
TS
Media Indonesia
Hamas-Fatah Raih Kesepakatan Rekonsiliasi
Hamas-Fatah Raih Kesepakatan Rekonsiliasi

DUA faksi utama Palestina yang berseteru, Hamas dan Fatah, telah mencapai kesepakatan mengenai aspek-aspek upaya mereka untuk mengakhiri perpecahan selama satu dekade dalam pembicaraan yang dimediasi Mesir. Rincian kesepakatan tersebut belum dirilis dan sebuah konferensi pers yang direncanakan, Kamis (12/10) siang waktu setempat, di ibu kota Mesir, Kairo, tempat pembica-raan telah berlangsung sejak Selasa (10/10).



Pertemuan di Kairo berpusat seputar pelaksanaan Kesepakatan Kairo 2011 antara kedua faksi politik itu dengan harapan dapat menga-khiri perpecahan politik 10 tahun. Seorang pejabat Fatah, faksi pimpinan Presiden Mahmoud Abbas, yang memerintah Tepi Barat, mengatakan Abbas berencana melakukan perjalanan ke Jalur Gaza sebagai bagian dari upaya persatuan, yang akan menjadi kunjungan pertamanya dalam satu dekade.



“Sanksi yang diterapkan Abbas terhadap Gaza yang dikuasai Hamas juga akan segera dicabut,” kata pejabat Fatah tersebut. Sementara itu, kantor Hamas yang dipimpin Ismail Haniya mengatakan dalam sebuah pernyataan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, bahwa, “Sebuah kesepakatan dicapai hari ini antara Hamas dan Fatah di bawah sponsor Mesir.”



Seseorang yang terlibat dalam perundingan, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan kesepakatan itu memberi jalan bagi pasukan Otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat dan didominasi Fatah, mengendalikan perbatasan Rafah antara Gaza dan Mesir. Dia menambahkan semua faksi Palestina akan memulai perundingan yang lebih luas mengenai pembentukan pemerintah bersatu dalam dua pekan mendatang.



Zakaria al-Agha, pemimpin senior Fatah di Jalur Gaza, mengatakan Abbas akan berada di Gaza dalam waktu kurang dari sebulan. Salah satu isu utama yang dibicarakan ialah tindakan hukuman yang diambil Abbas terhadap Gaza dalam beberapa bulan terakhir, termasuk mengurangi pengaliran listrik yang membuat penduduk di sana hanya hidup dengan beberapa jam listrik sehari. “Semua tindakan hukuman yang diberlakukan baru-baru ini akan segera berakhir,” ujar Agha.



Upaya Mesir

Kedua belah pihak telah bertemu di Kairo pekan ini dengan tujuan untuk mengakhiri perpecahan satu dekade yang melumpuhkan antara faksi-faksi yang berseteru.

Hamas merebut Gaza dari Fatah dalam sebuah perang pada 2007 dan kedua faksi sejak itu terlibat pertikaian mendalam. Beberapa pembicaraan rekonsiliasi sebelumnya telah gagal.



Mesir telah berusaha untuk meningkatkan keamanan di Semenanjung Sinai yang berbatasan dengan Gaza dan tempat kelompok bersenjata memberontak dengan waktu yang berlangsung lama. Seorang sumber Mesir yang dekat dengan perundingan tersebut mengatakan bahwa kepala intelijen Khaled Fawzi telah mengikuti pembicaraan itu dengan seksama.



Bulan lalu, Hamas setuju menyerahkan kekuasaan sipil di Gaza kepada Otoritas Palestina, namun nasib sayap militernya yang besar tetap menjadi isu penting bagi kedua belah pihak. Gerakan Hamas dimasukkan dalam daftar hitam sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa. Dihadapkan dengan meningkat­nya isolasi dan kekurangan listrik yang parah, Hamas mencoba meminta bantuan Mesir dengan harap-an agar perbatasan Rafah dibuka. Area penyeberangan itu sebagian besar ditutup dalam beberapa tahun terakhir. (AFP/Aljazeera/I-2)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...asi/2017-10-13

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Hamas-Fatah Raih Kesepakatan Rekonsiliasi Menanti Taktik Mou di Anfield

- Hamas-Fatah Raih Kesepakatan Rekonsiliasi Arsenal bakal Lepas Ozil, Sanchez

- Hamas-Fatah Raih Kesepakatan Rekonsiliasi HRW Beri Bukti Tahanan Disiksa di Turki

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
393
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Media Indonesia
Media IndonesiaKASKUS Official
30.6KThread1.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.