Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

febri210Avatar border
TS
febri210
Siapkah Pemerintah Mencaplok 51% Saham Freeport?
Siapkah Pemerintah Mencaplok 51% Saham Freeport?
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: ANTARA/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (Lampost.co) -- PT Freeport Indonesia telah bersedia melepaskan saham atau divestasi pada pemerintah sebesar 51 persen. Lantas siapkan pemerintah mengeluarkan anggaran untuk mencaplok saham tersebut?

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebagai bendahara negara menjelaskan tugas pemerintah pusat yakni mengkoordinir pihak-pihak terkait yang bisa mengambil jatah saham tersebut. Artinya, bisa jadi, sumber anggaran untuk membeli saham yang tersebut berasal dari gabungan beberapa pihak.

Menurut Ani, dalam Peraturan Pemerintah (Perpres) Nomor 1 Tahun 2017 dijelaskan pihak Indonesia yang dimaksud dalam divestasi tersebut yakni pemerintah pusat, pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Bagaimana mekanismenya, siapa yang memiliki hak itu, pemerintah pusat bisa mengakomodir dengan pihak-pihak yang ada," kata Ani dalam konferensi pers di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Selasa 29 Agustus 2017.

Ani mengatakan, saat ini pihaknya tengah mendiskusikan mekanisme bersama pemerintah dalam rangka melaksanakan divestasi. Namun yang pasti, lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, divestasi yang dilakukan haruslah seperti arahan Presiden Jokowi yakni untuk memajukan perekonomian negara.

"Untuk divestasi 51 persen untuk waktu dan prosesnya akan dedetailkan, kita akan melakukan pembahasan lebih lanjut," jelas Ani.

Sumber: http://www.lampost.co, https://goo.gl/zAgX2L
0
4K
36
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.