Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

risnawatiavinAvatar border
TS
risnawatiavin
Ikan Nemo Terancam Punah Akibat Perubahan Iklim
Clownfish, ikan badut atau yang lebih dikenal dengan sebutan ikan nemo -yang terkenal karena film 'Finding Nemo' pada tahun 2003, tengah berada di ambang kepunahan. Suhu air laut yang kian memanas saat ini berpotensi menimbulkan bencana dan mengganggu anemon laut, yang berfungsi sebagai rumah ikan nemo, kata sebuah penelitian.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications memantau 13 pasang anemonefish oranye yang tinggal di antara terumbu karang di Kepulauan Moorea di Pasifik Selatan. Mereka dipantau sebelum, selama, dan setelah peristiwa cuaca El Niño pada 2016 yang menyebabkan tercemarnya karang saat Samudera Pasifik menghangat.

Setengah dari anemon dalam penelitian ini menyebabkan tercemarnya ganggang yang hidup di atasnya. Hal ini terjadi sebagai respons terhadap tekanan lingkungan, seperti pemanasan air laut atau polusi.

"Di antara ikan clownfish yang hidup di anemon para ilmuwan mengamati terjadinya penurunan drastis (-73%) dalam jumlah telur (ikan) yang layak," kata sebuah pernyataan dari institut penelitian CNRS Prancis seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (12/10).

"Ikan-ikan ini bertelur lebih jarang dan mereka juga menghasilkan telur yang jumlahnya lebih sedikit dan kualitasnya kurang layak."

Namun penelitian tidak mengamati ada tidaknya perubahan di antara ikan dengan tempat tinggal yang tidak tercemar.

Sampel darah menunjukkan peningkatan tajam tingkat hormon stres kortisol pada ikan nemo yang terkena dampak, dan penurunan "signifikan" pada hormon seks yang menentukan kesuburan, jelas laporan tim peneliti.

Kesehatan anemon dan ikan nemo meningkat tiga sampai empat bulan setelah berakhirnya masa perubahan iklim.

Penelitian lebih lanjut diperlukan, untuk memeriksa dampak dari periode pemanasan global yang lebih lama, atau lebih intens. Juga untuk mengetahui apakah ikan yang terkena dampak akan mengalami peningkatan atau justru lebi buruk?

Kejadian pemanasan air laut yang luar biasa diprediksi akan makin sering terjadi karena suhu global rata-rata meningkat. Hampir 200 negara sepakat -berdasarkan kesepakatan Paris 2015, membatasi pemanasan hingga dua derajat Celcius (3,6 derajat Fahrenheit) di atas tingkat industri.

Pada Juni 2016, sebuah studi mengatakan kehidupan para ikan nemo banyak yang berlangsung di dalam akuarium anak-anak yang menggunakan sianida, hal ini menjadi ancaman lain terhadap spesies tersebut.

Film 'Finding Nemo' yang berkisah tentang pencarian ikan muda yang terpisah dari keluarganya menmbutuhkan lebih dari satu juta ikan clownfish yang diambil dari terumbu karang tropis.

Ikan Nemo Terancam Punah Akibat Perubahan Iklim

sumber: https://halallifestyle.id/education/...erubahan-iklim
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
1.7K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.