Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

l4d13putAvatar border
TS
l4d13put
Top! Potensi Ikan Tuna Indonesia Terbesar di Dunia, Ini Buktinya
Top! Potensi Ikan Tuna Indonesia Terbesar di Dunia, Ini Buktinya


Selasa 10 Oktober 2017



YOGYAKARTA – Indonesia memiliki potensi ikan tuna yang melimpah. Berada di perbatasan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, Indonesia berpeluang menjadi yang terbesar dalam memproduksi ikan tuna dunia. Hanya saja, produksi yang ada belum optimal. Kontribusinya baru sebesar 16% dari 7,7 juta metrik ton ikan tuna dunia.

“Pemanfaatan kuota tuna sirip biru selatan Indonesia pada 2017 sebesar 750 ton. Sedangkan per September 2017, baru 288 ton,” jelas Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ditjen Perikanan Tangkap, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Reza Shah Pahlevi pada pertemuan The 24th Annual Meeting of The Commission for The Conservation of Southern Bluefin Tuna (CCSBT) di Royal Ambarukmo Hotel. Pertemuan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin 9 Oktober 2017 sampai dengan Kamis (12/10/2017).

Berdasarkan data Food and Agriculture Oganization (FAO) dalam State of World Fisheries and Aquaculture (SOFIA) pada tahun 2016, Indonesia menyumbang hampir 16% atau 1,1 juta ton dari total sekitar 7,7 juta metrik ton tuna. Ikan tuna termasuk kelompok jenis ikan yang beruaya jauh (highly migratory fish stocks/transboundary fish stocks) dan beruaya terbatas antara Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) dan laut lepas (straddling fish stocks).

Oleh karena itu, penanganan dan pengelolaan ikan ini dilaksanakan secara regional yang salah diwujudkan dalam Regional Fisheries Management Organization (RFMO). CCSBT, merupakan bagian dari program RFMO yang mempunyai kewenangan mengelola pemanfaatan tuna sirip biru selatan. Ada delapan Negara yang tergabung dalam CCSBT yakni , Australia, UE, Taiwan, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru dan Afrika Selatan, serta Philiphina (keanggotaan tidak penuh).

Tuna sirip biru selatan, kata Reza dikenal sebagai produk perikanan tuna yang memiliki nilai jual paling tinggi. Nilai ekspor produk tuna mencapai Rp650 miliar per tahun. “Rata-rata produksi ikan baru sekitar 935 ton pertahun,” jelasnya.

Rendahnya hasil tangkapan ini juga dipengaruhi, minimnya jumlah armada penangkap ikan. Pada tahun 2016 baru ada 226 kapal yang terdiri 84 kapal berukuran dibawah 30 GT dengan daerah penangkapan ikan meliputi wilayah ZEEI dan Laut Lepas Samudera Hindia.

Ketua Sidang The 24th Annual Meeting of CCSBT, Indra Jaya mengatakan perairan bagian selatan dilewati ikan tuna sirip biru. Secara ekonomi, nilai ini sangat tinggi, meski kuantitas terbatas. “Ekspor ikan harus fresh. Sedangkan pelabuhan pangkalan laut lepas yang memungkinkan penangkapan masih di Pelabuhan Benoa, Bali,” jelasnya.

Indra berharap ada kajian dan integrasi dalam system pengiriman dari bandara dengan penerbangan langsung. Dari Pelabuhan Benoa, baru bisa dikirimkan ke Australia maupun ke Jepang.

Sumber Berita

=====================================================
Komen TS

Potensi ikan Tuna di Samudera Hindia tuh sangat besar, terutama jenis Tuna Albacore dan Bluefin Tuna.

Gw pernah mengunjungi salah satu pabrik pengolahan tuna kaleng (canned tuna) di Cilacap (kualitas ekspor), memang gede banget tuh ikan tuna-nya, terutama jenis Albacore rata-rata panjangnya 1,5 meter s/d 2 meter. Pas belah dagingnya aja pake gergaji mesin.. emoticon-Sundul Up

Lebih baik makan ikan tuna biar cerdas, hilangkan kebiasaan makan babiemoticon-Sundul Up
Diubah oleh l4d13put 10-10-2017 16:19
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.