Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

becakmini.v7Avatar border
TS
becakmini.v7
Kerupuk Seblak Picu Radang Usus Buntu? Ini Kata Dokter Pencernaan
Kerupuk Seblak Picu Radang Usus Buntu? Ini Kata Dokter Pencernaan



Jakarta - Satu broadcast viral karena mengabarkan kasus anak yang alami peradangan usus buntu terkait seringnya mengonsumsi seblak. Dalam pesan tersebut, diceritakan bahwa sang anak yang awalnya mengeluhkan kram di perut terancam dioperasi dan dokter yang menangani memperkirakan kerupuk seblak sebagai pemicu radang usus buntu.

detikHealth meminta pendapat dokter spesialis pencernaan dari RSCM, Dr.dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH. Masalah peradangan pada usus buntu di pangkal usus besar atau dalam bahasa medis disebut apendisitis ini, menurutnya, memang bisa disebabkan penyumbatan.

"Peradangan usus buntu umumnya disebabkan daya tahan tubuh yang turun seperti karena kecapekan atau adanya penyumbatan sehingga memicu peradangan. Tapi, kasus karena penyumbatan makanan ini kemungkinannya kecil karena pergerakan usus halus sangat cepat. Kalau penyumbatan di usus besar biasanya karena feses," tuturnya, saat dihubungi pada Selasa (10/10/2017).

Dr. Ari mengatakan, ia sedikit meragukan kerupuk mentah yang tetap kenyal dari seblaklah penyebabnya. Menurutnya, organ pencernaan manusia sudah cukup hebat untuk mengolah makanan sehingga bisa diserap dan dikeluarkan dengan baik.

"Saya rasa ini perlu diteliti lagi ya. Kerupuk kenyal di seblak ini juga kan mirip krecek di makanan gudeg, tapi orang baik-baik aja tuh makan gudeg. Pencernaan itu punya sistem pemrosesan makanan yang baik, mulai dari gigi di mana kita bisa menghancurkan makanan. Kemudian di dalam lambung ada asam lambung dengan pH 1-2 yang tujuannya membuat makanan hancur. Lalu ada proses menggiling makanan," terangnya.

Kepada orangtua yang memiliki anak atau siapapun yang gemar makan seblak, Dr. Ari pun mengingatkan agar mengonsumsi seblak dengan baik, yaitu tidak berlebihan, memastikan kebersihannya, dan mengunyah makanan dengan baik di mulut sebelum ditelan.

"Prinsip agar sistem pencernaan tetap sehat itu adalah pastikan kebersihan makanan yang dikonsumsi dan jangan lupa mengunyah makanan. Seblak itu isinya mungkin lunak, tapi jangan lantas langsung ditelan begitu saja. Untuk orangtua baiknya ajarkan anak-anak untuk mengunyah makanan. Kalau yang direkomendasikan sampai 30 kali kunyahan," pesannya.

Spoiler for isi broadcast:


https://m.detik.com/health/read/2017...ter-pencernaan

Warganet jaman now, dikit2 posting emoticon-Cape d...
Padahal banyak faktor yg memengaruhi terjadinya usus buntu.

Seblak jadi sasaran empuk kambing hitamnya emoticon-Cape d...
Diubah oleh becakmini.v7 10-10-2017 07:03
0
21.9K
139
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.