Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naijirAvatar border
TS
naijir
TNI: Amunisi SAGL yang Dibeli Brimob Tajam dan Mematikan
TNI: Amunisi SAGL yang Dibeli Brimob Tajam dan Mematikan

Jakarta - 5.932 amunisi Stand-alone Grenade Launcher (SAGL) yang dipesan Korps Brimob Polri dipindahkan ke gudang Mabes TNI. Amunisi dititipkan karena masuk kategori amunisi tajam.

"Di katalog sangat jelas dikatakan itu amunisi tajam. Mempunyai radius mematikan 9 meter dan jarak capai 400 meter,"
kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen Wuryanto kepada wartawan di Taman Ismail Marzuki, Jl Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Wuryanto menyebut amunisi yang jumlahnya 5.932 butir punya keistimewaan tersendiri. Amunisi yang mematikan ini sudah dibawa ke gudang Mabes TNI, Senin (9/10) malam.

"Setelah meledak pertama kemudian meledak yang kedua dan menimbulkan pecahan-pecahan dari tubuh granat itu berupa logam-logam kecil yang melukai ataupun mematikan. Kemudian granat ini pun bisa meledak sendiri tanpa benturan setelah 14-19 detik lepas dari laras. Jadi ini luar biasa," papar Wuryanto.

Baca juga: Polri: Peluru Tajam SAGL Hanya untuk Kejut

Menurut Wuryanto, TNI hingga saat ini belum memiliki senjata yang punya kemampuan sama dengan senjata dan amunisi pesanan Brimob Polri. Dia menegaskan penitipan amunisi tajam sudah sesuai kesepakatan yang diambil dalam rapat yang dipimpin Menko Polhukam Wiranto pada pekan lalu. 

"Kita hanya menegakkan aturan yang berlaku. Amunisi seperti ini ditujukan untuk menghancurkan perkubuan. Jadi orang-orang di belakang perkubuan bisa dihancurkan dengan amunisi jenis ini," kata Wuryanto.

Pihak Polri sebelumnya memberikan keterangan mengenai amunisi SAGL yang dipesan. Menurut Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, amunisi tajam adalah amunisi yang mematikan. Sementara amunisi peluru tabur hanya bersifat melumpuhkan.

"Peluru tajam itu berbeda dengan peluru tabur. Seperti ini granat asap dengan ini granat gas air mata, juga berbeda walau bentuknya sama. Jadi amunisi yang digunakan SAGL ada tiga, yaitu asap, gas air mata dan yang disebut tajam tadi, tajam itu hanya untuk mengejutkan dengan butiran kecil-kecil," terang Setyo, Jumat (6/10).

sumber

TNI: Amunisi SAGL yang Dibeli Brimob Tajam dan Mematikan
emoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Lempar Bataemoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.1K
29
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.