Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

seher.kenaAvatar border
TS
seher.kena
Fakta! 10% Orang Kaya RI Kuasai 77% Kekayaan Negara

JAKARTA - Perjuangan memangkas angka kesenjangan dan kemiskinan di Indonesia masih belum berakhir. Kesenjangan sosial terus tumbuh meskipun tingkat kemiskinan berhasil dipangkas hingga separuh dari tahun 1999 sebesar 24% menjadi 11,3% pada 2014.

Selain itu angka pertumbuhan ekonomi Indonesia mampu bertahan di angka rata - rata 6% per tahun hingga tahun 2015. Kontradiktif dengan data tersebut, fakta kesenjangan ekonomi makin kompleks.

Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Muliaman D Hadad mengatakan data Bank Dunia mengungkapkan bahwa Indoensia menghadapi masalah konsentrasi kesejahteraan. "10% masyarakat terkaya di Indonesia menguasai 77% kekayaan negara," ujarnya di Kantor Pusat ISEI, Jakarta, Senin (9/10/2017).

Lebih buruk lagi, konsentrasi kekayaan ini meningkat lebih cepat dibandingkan dengan negara lainnya. Laporan Bank Dunia terbaru tahun 2016 "Indonesia's Rising Divide" mengungkapkan bahwa kesenjangan ekonomi di Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan.

Laporan tersebut mengungkapkan, manfaat pertumbuhan ekonomi dalam satu dekade terakhir hanya dapat dirasakan oleh 20% penduduk kaya. Sedangkan sisanya, sebanyak 80% penduduk Indonesia atau sekitar 205 juta penduduk tidak mendapatkan manfaat dari pembangunan

Oleh karena itu, Mantan Ketua Otoritas jasa Keuangan (OJK) yang kini masih aktif dalam ISEI tersebut mengatakan akan mengangkat topik Terobosan Mengatasi Kesenjangan Sosial Ekonomi dalam seminar nasional dan sidang pleno ISEI XIX.

Acara tahunan tersebut rencanya akan digelar pada 18-20 Oktober di Lampung. Hasil daripada seminar tersebut nantinya akan disumbangkan ISEI kepada pemerintah sebagai bahan acuan untuk mengentaskan masalah kesenjangan ekonomi.

"Intinya kita ingin bahas kesenjangan itu, sehingga ISEI ada catatan resmi yang akan disampaikan kepada pemerintah sehingga kita bisa menyampaikan pikiran karena menyelsaikan masalah ini tidak mudah," kata dia.

https://economy.okezone.com/read/2017/10/09/320/1791915/fakta-10-orang-kaya-ri-kuasai-77-kekayaan-negara

Meningkat signifikan
0
2.4K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.