Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

archaengelaAvatar border
TS
archaengela
Depresi? Atasi dengan 10 (Sepuluh) Cara Alamiah ini
Kebanyakan dari kita merasakan titik sedih atau rendah dalam hidup, tetapi belajar mengatasinya. Akan tetapi beberapa dari kita mencapai titik yang tidak biasa dalam hidup kita, ditandai oleh suasana hati yang depresi pada hampir setiap hari. Itulah yang disebut sebagai depresi.

Untuk mengatasi depresi sebaiknya memang menghubungi pihak ahli (psikolog) untuk menjalani tes dan mendapat saran untuk menolong mengatasinya, tapi 10 cara ini juga dapat dicoba sebelum kalian menghubungi psikolog:

1. Ciptakan rutinitas. Saat depresi, dengan adanya jadwal harian yang jelas, akan bisa membantu kalian kembali pada jalur yang tepat.

Spoiler for rutinitas:



2. Tetapkan tujuan/target. Saat depresi kalian bisa merasa tidak dapat menyelesaikan apa pun. Hal itu akan membuat kalian merasa lebih buruk akan diri sendiri. Untuk bebas dari depresi, tetapkan tujuan/target harian untuk diri kalian sendiri. Mulailah dengan hal-hal yang sangat kecil yang dapat kalian selesaikan. Saat kalian merasa lebih baik, kalian dapat menambah tujuan/target harian yang lebih sulit.

Spoiler for tujuan:



3. Olahraga. Dampaknya akan meningkatkan zat kimia dalam tubuh yaitu endorfin. Dalam jangka panjang akan menolong kalian yang mengalami depresi.

Spoiler for olahraga:



4. Makan makanan sehat. Jika depresi cenderung membuat kalian makan berlebihan, kendalikan hal itu akan menolong kalian merasa lebih baik. Makanan dengan asam lemak omega 3 (seperti salmon dan tuna) dan asam folat (seperti bayam dan alpukat) dapat membantu meringankan depresi.

Spoiler for makanan sehat:



5. Cukup tidur. Depresi bisa membuat kalian susah memejamkan mata. Terlalu sedikit tidur memperburuk depresi. Tidur dan bangunlah pada waktu yang sama setiap hari. Cobalah untuk tidak tidur siang. Jangan ada gangguan – komputer dan tv- di kamar tidur kalian. Sesudah beberapa saat kalau kalian lakukan itu terus, kalian akan dapat tidur dengan lebih baik.

Spoiler for cukup tidur:



6. Ambil tanggung jawab. Saat depresi kalian mungkin ingin lari dari hidup dan lari dari tanggung jawab kalian di rumah atau di tempat kerja. Jangan! Tetap terlibat dan memiliki tanggung jawab harian akan menolong kalian mengatasi depresi. Jika kalian bukan pelajar atau pekerja, tidak masalah. Pikirkan mengenai kerja paruh waktu. Jika hal itu terasa terlalu berat, pertimbangkan kerja sukarela.

Spoiler for tanggung jawab:



7. Tantanglah pikiran-pikiran negatif. Dalam perjuangan melawan depresi, hal yang banyak kalian hadapi adalah masalah mental – mengubah cara pikir kalian. Saat kalian depresi, kalian cenderung menarik kesimpulan terburuk. Saat kalian merasa sangat buruk atas diri sendiri, gunakan logika. Contoh: kalian mungkin merasa tidak ada yang menyukai kalian, tetapi apakah ada bukti nyata akan hal itu? Kalian mungkin merasa sebagai orang yang paling tidak berguna, tapi apa itu benar? Berlatihlah terus. Sesudah beberapa lama, kalian akan dapat melawan pikiran-pikiran negatif tersebut.

Spoiler for lawan pikiran negatif:



8. Hubungi dokter kalian sebelum menggunakan suplemen.

Spoiler for hubungi dokter:


9. Lakukan sesuatu yang baru. Dorong diri kalian melakukan sesuatu yang berbeda. Contoh: pergilah ke museum. Ambil satu buku yang kalian punyai dan bacalah di kursi taman. Lakukan kerja sukarela di dapur yang menyajikan sup. Ambillah kelas bahasa. Dst. Dengan melakukan sesuatu yang baru, ada perubahan zat kimia di otak (dopamin), yang berkaitan dengan rasa senang, rasa menikmati, dan pembelajaran.

Spoiler for hal baru:



10. Cobalah untuk merasa senang. Saat kalian depresi, ambillah waktu untuk menikmati sesuatu yang kalian sukai. Bagaimana bila sesuatu itu tidak menyenangkan lagi? Belajarlah lagi untuk merasa senang (walaupun hal itu mungkin terdengar aneh). Rencanakan hal-hal yang kalian dulu sukai dan nikmati, bahkan walaupun saat ini hal itu terasa sangat berat. Sesudah beberapa lama, kalian akan merasa senang lagi.

Spoiler for happy:



Sumber: webmd

Sumber gambar: dari google (berbagai sumber)
Diubah oleh archaengela 09-10-2017 05:40
0
2.2K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.