c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Catalunya Merdeka Bagaimana Nasib Liga Spanyol


Bicara tentang liga spanyol atau la liga pasti kita akan membicarakan klub besar Real Madrid dan Barcelona, dua club ini bisa saja berpisah bila catalunya jadi merdeka lewat referendum.



Catalunya merupakan salah satu komunitas otonom di Spanyol. Rencananya akan melakukan referendum kemerdekaan pada Ahad (1/10/2017).

Meskipun rencana ini referendum ini mendapat tentangan keras dari Pemerintah Spanyol, namun Katalunya bertekad untuk terus menggelar pemilihan.

Sebagaimana dilansir republika.co.id (30/9/2017), di wilayah Katalunya bermarkas klub-klub terkemuka Spanyol seperti Barcelona, Girona dan Espanyol.

Menteri Olahraga Katalunya Gerard Figueras mengatakan masa depan Barcelona di La Liga tidak dapat dipastikan. apabila masyarakat Katalunya memilih merdeka dalam referendum nanti.



Menurut Figueras Barcelona bersama dua tim Catalunya lainnya yakni Girona dan Espanyol memiliki opsi untuk bertahan di La Liga, namun bisa juga memilih mengikuti kompetisi di Inggris, Prancis, atau Italia.

Kemungkinan lainnya, pihak pemerintah Katalunya akan menyelenggarakan kompetisi Liga Sepak Bola sendiri.

Sebagaimana informasi bolalob.com (29/9/2017), setidaknya ada 17 Klub yang siap berkompetisi di Liga Catalonia, diantaranya Barcelona, Espanyol, Girona, CE Europa, CD Condal, Terrassa FC dan beberapa klub lainnya.

Kemungkinan berpisahnya Barcelona dari La Liga, tentu akan berdampak besar bagi perkembangan La Liga di masa depan, sekaligus menimbulkan kekecewaan besar bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Keunggulan Barcelona sebagai salah satu klub sepak bola papan atas dunia, telah memberi pendapatan yang besar bagi La Liga selama ini.

Diprediksi keluarnya klub ini dari La Liga bisa menyebabkan La Liga mengalami kerugian finansial yang mengerikan.

Karena liga terbaik eropa itu tanpa adanya dua club raksasa yang saat ini menjadi rival tidak akan menjadi magnet yang menarik untuk para penonton sepakbola, kemungkinan para bintang lapangan hijau yang masih produktif akan hengkang ke club lain seperti Inggris, Italia, Perancis dan German.

Jadi bagaimana menurut kalian guys.



Referensi :

bola.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-spanyol/17/09/30/ox1t4l-jika-katalunya-merdeka-bagaimana-masa-depan-barca-di-la-liga

bolalob.com/read/65574/17-klub-siap-bermain-untuk-liga-catalonia-jika-jadi-merdeka

eifsoccer.com/articles/featured/barcelona-catalunya/

Disadur dari Panjikusuma.
Diubah oleh c4punk1950... 30-09-2017 03:01
0
29.9K
205
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.