xaruduy.Avatar border
TS
xaruduy.
7 Contoh Berita Hoax Islami



Salah satu yang ranking teratas berita yang paling tidak saya suka adalah berita tentang sains dalam islam. Atau islam dalam sains. Atau sains dan islam. Atau yaa… Kombinasinya lah. Setiap lewat di news feed, perasaan yang muncul adalah bad feeling. Kenapa? Tentu saja karena sebagian besar dari berita itu adalah hoax.

Banyak sekarang hal-hal yang berlabel islami. Perbankan islami. Perumahan islami. Novel islami. Kisah cinta islami. Namun, kayaknya istilah ini gak baik untuk dipakai dalam sembarang kata benda deh. Pacaran islami misalnya? Atau hoax islami?

Yang pertama, pacaran islami, mungkin masih banyak pendukungnya. Yang kedua, hoax islami, konsensus kalau itu aneh, bukan? Hanya saja, masih banyak muslim yang sembarangan membuat atau menyebarkan berita-berita islami tapi hoax ini. Kok bisa ya, saya heran. Dengan era informasinya internet, mendapati berita seperti itu menjadi sangat gampang. Tentu saja, mencari lebih dalam tentang kebenarannya harusnya tidak kalah gampang. Mungkin cuma beda dua tiga klik lagi saja.

Saya tahu, muslim punya keinginan besar untuk meyakinkan dirinya atau orang disekitarnya ttg kebenaran dan keindahan jalan hidup bernama islam ini. Ketika ada berita yang sedikit memuji islam atau sesuai dg keyakinannya, muslim yg tak awas akan jatuh pada confirmation bias, dan langsung men-share berita tersebut. Dengan dalih inspirasi, dakwah, berita pengimbang, bla3. Toh, banyak sekali berita media mainstream yang memojokkan islam pada zaman ini.

Namun sayang, berita ‘dakwah’ itu ternyata tipuan. Bukannya mengangkat nama islam tapi malah menjatuhkannya. Anda akan membuat fitnah kepada dunia bahwa taqiya itu bagian dari akidah islam. Atau membuat orang di luar sana mentertawakan.



Tema yang paling sering dari hoax islami ini ada dua. Satu, sains. Beberapa murni tipuan. Beberapa tebak-tebakan alias pseudo-sain, misalnya tentang faedah shalat terus dikaitkan dengan posisi matahari lah, gerakan tubuh dan peredaran darah lah, magnet bumi lah. Whatever… Sampai ada yang mengangkat shalat jadi olahraga meditasi cem yoga baru tahu rasa. Dua, tentang konversi agama atau kesaksian dari seorang ahli non-muslim ttg kebenaran islam. Hmm…

Artikel ini akan membahas beberapa contoh dari hoax islami tersebut. Klaim berita versus apa yang sebenarnya. Berita hoax ini hanyalah yang saya dapati dalam news feed belakangan. Bahkan banyak berita lama yang sudah pernah saya lihat sejak sma, masih ada rupanya yg baru baca. Untuk Anda yang menyebarkan berita ini akhir-akhir ini, salam tepok jidat dari saya dan istighfarlah.

Artikel ini bukanlah exhaustive list. Masih banyak sekali berita dakwah/islami yang pantas mendapat face-palm di luar sana. Artikel ini juga tidak bertujuan untuk menyebarkan hoax ini lebih jauh lagi. Namun, lebih ke arah menunjukkan kalau berita di bawah ini adalah tidak benar. Dengan demikian, Anda bisa menepok jidat saat menemukan berita ini di news feed Anda, karena sudah tahu kalau itu hoax.

Artikel ini dengan sengaja mengecualikan bahasan berita hoax islami yang bernuansa politik, konflik, genocida, apalagi konspirasi. Padahal berita serupa tidak kalah banyaknya.

Note: Banyak yg sudah membahas ttg hoax islami ini di internet dan kebanyakan framing-nya memojokkan islam. Meskipun artikel saya ini bertema sama, tetapi bukan itu yang saya tuju. Saya ingin mengajak kita sesama muslim untuk lebih kritis dalam menerima setiap informasi, meskipun itu sesuai dengan keyakinan kita


1. Profesor Israel Mengakui Sejarah Islam

Diceritakan oleh berita hoax islami: Professor sejarah universitas Hebrew, Prof. Moshe Sharon, di Israel mengakui bahwa hanya pada dasarnya hanya satu agama di alam semesta dari zaman dahulu kala, yakni islam. Sejarah dunia dan agama-agama merupakan sejarah islam. Tentang pembebasan bukan penaklukan. dst, dst…

Video dapat dilihat pada: Link yutub tentang dakwah berikut ini (kalau belum ilang)



Berita ini (dan banyak berita dalam artikel ini) bahkan masuk ke Republika.

Yang sebenarnya: Yang harus digarisbawahi adalah kata mengakui. Jika diperhatikan dengan seksama, dalam video pak prof mengawali penjelasan dengan: There is a question about the attitude of islam to history. And in face, what we find, basic attitude is…

So, surprise. Beliau ini bukan sedang mengakui. Tetapi sedang menjelaskan (menjawab) pertanyaan ttg attitude atau pandangan orang islam terhadap sejarah. Yang tentunya sudah kita ketahui bahwa pandangan kita thd. sejarah ya sesuai penjelasan beliau di video – semua sejarah agama dan tokoh sejarah/agama adalah orang islam.

Apakah berarti beliau mengakui hal itu? Misal nih, saya menjelaskan ttg di orang Jepang itu berpandangan bahwa PD-II itu Jepang sedang membebaskan dunia dari cengkraman barat. (ini cuma misal lho ya) Apa itu maksudnya saya setuju dg. pandangan mereka? Bisakah dibilang hal itu “menurut saya”? Ya. Hanya karena yg saya jelaskan (atau yg Moshe Sharon jelaskan) sesuai dengan pendapat Anda, bukan berarti hal itu diakui dan kemudian worthy to be shared.

Terlebih lagi, sebenarnya sang profesor sedang menjelaskan dengan nada sedih atau menyindir. This is what I mean by islamisation of history, katanya. Bahwa mentalitas untuk mengislamkan (membuat islam yg sebenarnya bukan) sejarah itu ada. Hal yg sangat disayangkan, katanya.

Tahukah Anda, di situs dakwah kristen luar sana, ada video tersebar Ustadz Ahmad Deedat sedang menjelaskan bible dengan judul kira-kira begini “Ahmad Deedat masuk kristen”. Yup, dengan menyebar video Moshe Sharon ini, Anda sedang jatuh dalam plot-device tepok-jidat-able yang sama.


2. Istri Kaisar Austria Berhijab

Diceritakan bahwa: Gambar/video ini merupakan bukti bahwa pengaruh islam dan khalifah utsmaniyah masuk hingga keluarga kerajaan barat. Sebagaimana muslimah yang menjaga aurat, Ratu Kaisar Austria memakai niqab saat berkunjung ke bla bla….

Video dapat dilihat pada: Artikel dakwah (atau banyak tersebar di link lain, sila googling dewe)


Tidak seperti kebanyakan share ttg hoax ini, saya mencantumkan foto berwarna bukan hitam putih. Sumber gambar: [url=http://www.gettyimages.co.jp/detail/ニュース写真/emperor-franz-josephs-funeral-emperor-karl-i-empress-zita-ニュース写真/89778165]gettyimages[/url]

Yang sebenarnya: Satu video yang diambil di luar konteks tidaklah cukup sebagai bukti. Dan seseorang yang memakai pakaian setipe hijab/niqab dalam suatu waktu tidak berarti dia orang islam dan belum tentu berarti dia pakai hijab terus-terusan.

Konteks yang sebenarnya dalam video itu adalah pemakaman. Baju dalam foto/video adalah Funeral Protocol Dress Code. Sedikit googling dan baca-baca tentang baju pemakaman di Eropa atau liat-liat gambar dg keyword “Funeral Europe” kita bakal tahu bahwa sangat wajar pemakaman disana pake hitam-hitam berkerudung untuk wanita. Atau kalau mau lebih josh, googling “Funeral Veil”, langsung deh keliatan kayak apa.



Jadi mau dia Ratu Austria atau kembang desa di Hungary kek, mereka pake kerudung itu biasa, ga perlu di-framing dalam kerangka dakwah islami. Toh, si Ratu Austria tadi kagak pakai niqab loh di hari-hari biasa. So?

Istri Presiden US John F. Kennedy juga memakai kerudung tuh saat pemakamaan. Apakah itu berarti Amerika…? Wow! Siapa sangka??? Ayo sebarkan… (this is sarcasm, if you didn’t


3. Masjid Haram dan Masjid Nabawi Bercahaya

Berita yang satu ini sudah beredar sejak jaman friendster mungkin. Dimuat dibanyak berita dakwah dan juga berita mainstream. Biasanya disertai foto tampilan udara dari kedua masjid. Dari foto tampak bahwa masjid haram dan masjid nabawi lebih terang, lebih putih dibanding sekitarnya. Kadang biar lebih meyakinkan dibubuhi nama orang astronot, atau nama badan antariksa kayak NASA, atau nama satelit/ teleskop/ ISS, dsb.

Contohnya adalah foto di bawah ini.



Fakta tadi sebenarnya benar. Bahwa kedua masjid tersebut tampak putih bersinar dalam foto udara. Ga perlu satelit, bisa di cek di GoogleMap. Namun, penjelasan yang mengiringinya yg kadang berlebihan. Maksud saya yg bagian “cahaya malaikat” bla bla bla…

Apa sebab? Kejadian bangunan putih tampak bersinar dari atas adalah kejadian biasa. Terutama kalau si bangunan memakai marble sehingga lebih memantulkan cahaya. Contoh saya foto-foto yang saya ambil dari GoogleMap berikut ini. Misalnya: Monas dan Istiqlal, Taj Mahal, dan Askhar Dham. Dan yang paling putih: Greenland. So, hal ini sama sekali bukanlah hal yang spesial. Kebetulan aja Masjid Haram dan Nabawi ukurannya besar dan seluruhnya lantai/atap putih (wong masjid, space polos untuk shalat dari atas keliatan luas).



Sayangnya, pada foto yang tersebar agar lebih dramatis, foto masjid haramain bersinar ini dibuat daerah sekitarnya lebih gelap dari foto aslinya. Sehingga lebih kontras. Menyedihkan kan, untuk dakwah harus dipalsuin didramatisir dulu. ..T.T.. Mana watermark dari foto tersebut masih ada pula (perhatikan dengan detail ada garis putih watermark di foto atas). Nggak kuat beli foto aslinya kali.

Oh ya, cek foto asli dan terbaru dari mekah dan medinah di spaceimagingme.com. Super keren! Ngeliatin foto daratan dari langit emang sip. Cek juga geo-airbusds.com.

Btw, ada foto gelap yang lebih valid dari yg digelapin tadi (soalnya diambil saat malam). Diambil oleh astronot Anton Shkaplerov di akun twitter (astronot beneran dan akun twitter beneran [sepertinya]).



Penjelasannya: saa… Lampu sorot kali? Terus mantul ke keramiknya… Kalau cek foto masjid haram dari dekat terlihat banyak lampu dari sana kemari. Yang jelas dua foto di atas valid (saya tidak berhasil menemukan penyangkal di internet).



Tambahan: Cek koleksi foto oleh ISS di ArcGis dan terutama foto HiRes Jeddah di eol.jsc.nasa.gov.

Mengingat foto Jeddah di tautan jsc.nasa tadi (dan juga foto kota lain kalau niat nyari) terdapat juga titik putih paling terang di salah satu lokasi, jadi kemungkinan juga foto putih di Mekah dan Madinah itu juga disebabkan oleh lampu sorot paling banyak ada di kedua masjid. Toh kayaknya dua masjid itu titik paling ramai di kota.

Occam’s Razor mengatakan bahwa untuk memilih di antara anternatif hipotesis, pilihlah yang memiliki asumsi paling sedikit alias lebih sederhana. Kayaknya pantulan lampu pada dinding putih lebih simpel dibanding cahaya malaikat.


4. Nasa Membuktikan Bulan Terbelah

Saya tidak perlu berkata banyak lagi ttg topik ini. Artikel ini sudah sangat panjang. Cukuplah pembaca membaca artikel dari muslim and the world berikut yg berjudul NASA confirms that Muslims are Idiots untuk keterangan lebih lengkap.



Sedikit keterangan untuk memberikan konteks. Foto di atas beredar dengan tambahan berita lengkap berisi klaim bahwa NASA membuktikan bulan pernah terbelah. Well, hal yang tak pernah dirilis di portal resmi NASA manapun. Ckckck…


5. Si Anu Masuk Islam

Ada banyak variasi tentang sub-genre berita ini. Namun, yang saya lihat berita semacam ini populer dan tersebar luas JIKA subjek “Anu” yang menjadi tokoh adalah satu dari tiga profesi berikut: astronot, artis, atau ilmuwan. Beberapa contoh muncul dalam news feed saya beberapa bulan belakangan.

Astronot, studi kasus: Neil Amstrong dan Sunnita Williams

Yang Neil Amstrong kayaknya udah berita dari jaman altavista ya. Ke bulan, denger azan, masuk islam. Entah bukti apa yg bisa menyokong cerita ini. Situs islamqa ini lumayan menjelaskan lebih detail

Yang Sunnita Williams ini agak baru. Juga berhubungan dg bulan. Beritanya berhubungan dengan berita mekah madinah bercahaya yg sudah dibahas di atas. Katanya, saat beliau di bulan, beliau mengamati bumi yang gelap kecuali dua pusat islam tadi yang bercahaya. Lalu tiba-tiba dia mendapat hidayah.

Padahal, Sunnita Williams nggak ke bulan. Bukti-bukti wawancara setelah misi dia ke ISS juga menunjukkan kalau dia masih mengagumi Dewa Ganesha.


Untuk membaca lebih lengkapnya kunjungi langsung saja artikel aslinya disini SUMBER

Dan buat semua teman-teman tolong dikoreksi dulu kalau ada artikel atau berita seperti ini agar kita terhindar dari hoax dan kita jangan mempermalukan diri kita sendiri


Terimakasih.
0
31.6K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.