Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mbiaAvatar border
TS
mbia
Toti, Orang Utan Lahirkan Anak Pertamanya di Batu Secret Zoo



Selain kedatangan keluarga baru anak Gajah Sumatera, Batu Seceet Zoo juga punya keluarga baru lain, yakni anak Orang Utan.

Diterangkan oleh Dokter Hewan Batu Secret Zoo, Drh. Roosy Margaretha, anakan Orang Utan berjenis kelamin jantan ini berhasil lahir dengan selamat pada 24 Juli 2017 lalu, dengan berat badan ±2 kilogram.

“Lahir dengan pengawasan ketat dari tim medis dokter hewan sekitar pukul 02.00 WIB. Ini merupakan anakan pertama yang lahir dari pasangan Orang Utan di Secret Zoo,” ungkapnya kepada awak media saat perayaan World Animals Day, Rabu (4/10).

Anakan Orang Utan ini lahir dari pasangan indukan bernama Toti (12) dan pejantan bernama Bontang (10). Toti berasal dari (heandrearing) Maharani Zoo, Lamongan hasil tangkapan warga.

Sedangkan penjantan bernama Bontang, berasal dari repatriasi Thailand yang dititipkan ke Taman Safari Bogor. Ia dibebaskan dari perilaku eksploitasi satwa di Thailand, dimanfaatkan untuk Thai Boxing.

Dengan begitu, keluarga Orang Utan di Batu Secret Zoo bertambah satu ekor, total ada lima ekor. Selain pasangan Toti dan Bontang, ada juga pasangan lain (juga hasil repatriasi), Banjar dan Khaikem yang didatangkan di Batu Secret Zoo pada Juli 2016.

“Sebelumnya di sini ada dua pejantan dan dua betina. Anakan pertama orang utan ini menjadi satu dari lima koleksi Orang Utan milik Batu Secret Zoo,” timpalnya.

Pemeriksaan dan pengawasan dilakukan secara berkala oleh tim medis, seperti pemeriksaan urine hingga penggunaan ultrasonogragi (usg) memastikan bayi atau fetus dalam keadaan sehat bertumbuh kembang.

“Masa kandungan Orang Utan hampir sama dengan manusia, 9 bulan. Selama itu, kami selalu upayakan penuh pengawasan rutin terhadap kondisi janin selama di dalam perut,” terangnya.

Perlu diketahui, Orang Utan merupakan satwa endemik Indonesia yang tergolong satwa dilindungi sesuai UU No.5/1990.

Populasi orang utan kian hari kian menyusut, sehingga Orang Utan tergolong dalan kategori kritis, terancam punah (Critically Endangered).

Faktor penyebabnya mulai dari praktik perburuan liar dan juga pembalakan habitat satwa, dan maraknya alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit.

Sebab itu, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Batu Secret Zoo, sebagai lembaga konservasi satwa Indonesia untuk turut berpartisipasi dalam upaya konservasi, melestarikan satwa langka dunia.

“Keduanya, gajah dan orang utan ini adalah satwa langka sehingga kami bangga bisa mengembangbiakkan satwa tersebut,” terang Titik S. Ariyanto Manager Marketing dan Public Relation kepada Wartawan, Rabu (4/10).

https://malangtoday.net/malang-raya/batu/toti-orang-utan-lahirkan-anak-pertamanya-di-batu-secret-zoo/

Semoga sehat ya
Diubah oleh mbia 08-10-2017 00:51
0
2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.