Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

l4d13putAvatar border
TS
l4d13put
Ridwan Kamil bangga ada nama Jalan Siliwangi dan Pajajaran di Yogya
Ridwan Kamil bangga ada nama Jalan Siliwangi dan Pajajaran di Yogya


Quote:


Selasa, 3 Oktober 2017

Merdeka.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bangga dengan adanya penamaan Jalan Siliwangi dan Pajajaran di Yogyakarta. Kedua jalan yang menghubungkan jalan arteri Ring Road ini resmi diluncurkan Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Selasa (3/10). Saat launching nama jalan ini, Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan turut hadir dan meresmikannya.

"Alhamdulillah saya diundang Gubernur DIY, dengan Bapak Gubernur Jawa Barat. Saya bawa rombongan besar bersama sesepuh Sunda, penari, ingin mengucapkan terima kasih kepada Sultan Jogja karena menginisiasi rekonsiliasi sejarah yang menjadi batas psikologi suku Jawa dan Sunda, dengan mempersembahkan dua jalan dengan nama Siliwangi dan Pajajaran," ujar Ridwan kamil yang akrab disapa Kang Emil.

Ridwan Kamil pun menyambut baik apa yang telah dilakukan Raja Keraton Yogyakarta ini dengan memberikan nama Jalan Pajajaran dan Siliwangi. Sebab ada semacam hal tabu dalam penamaan nama tertentu baik di Jawa Tengah, DIY maupun Jawa Barat.

"Dulu tak ada jalan bernama kerajaan Sunda di wilayah Jawa, begitu pula sebaliknya. Tapi sekarang, ada Jalan Pajajaran dan Jalan Siliwangi di Yogyakarta. Pesannya, kita fokus di masa depan berbicara tentang ke-Indonesiaan, bukan kesukuan lagi. Kalau itu dilakukan, Indonesia akan maju," papar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga meminta kepada generasi muda saat ini agar tak melulu melihat peristiwa di masa lalu saja. tetapi generasi muda juga diharapkan untuk mau menatap masa depan Indonesia.

"Mudah-mudahan di generasi muda permasalahan psikologis sejarah bisa kita akhiri, dan bisa bersama-sama melihat ke depan jangan melihat ke belakang," tutup ridwan kamil.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, Jalan Siliwangi digunakan sebagai nama jalan dari Simpang Empat Pelemgurih hingga Simpang Empat Jombor. Sedangkan Jalan Pajajaran dimulai dari Simpang Empat Jombor hingga Simpang Tiga Maguwoharjo.

Sumber Berita

Komen TS

Akhirnya setelah lebih dari 600 tahun, Suku Jawa dan Sunda memulai untuk menghapus luka lama.

Aji Kawijayan Jawa & Sunda

suku Jawa sebagai saudara muda sudah mewujudkan niat tulus permintaan maaf atas kesalahan di masa lalu, semoga Sunda sebagai saudara tua berkenan memaafkan

Gw yakin kalo rekonsiliasi ini terwujud, orang-orang dari suku Jawa akan memberikan kepercayaan pada suku Sunda memimpin NKRI




Quote:
Diubah oleh l4d13put 06-10-2017 09:18
0
3.4K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.