• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jam Masuk Sekolah Terlalu Pagi Ternyata Gak Baik Gan! Ini Alasannya!

raiahAvatar border
TS
raiah
Jam Masuk Sekolah Terlalu Pagi Ternyata Gak Baik Gan! Ini Alasannya!
Hayo,Gan!
Masih ingat gak jam berapakah Agan Sista dulu masuk sekolah?

Jam 8.00 pagi ?
7.30 pagi?
7.00 pagi? Atau justru
6.30 pagi?

emoticon-Matabelo

Kebanyakan sekolah di Indonesia setau ane emang menetapkan jam masuk sekolah yang terbilang cukup pagi. Ya gak Gan? Itu sebabnya gak jarang juga banyak anak sekolah di Indonesia jadi merasa merasakan buat bisa datang pagi dan gak telat itu kayak susaaaaah banget.

Belum kalau jarak dari rumah ke sekolah jauh.
Belum siap-siapnya.
Belum sarapannya.
Belum ini itu kalau ada yang ketinggalan.



Akhirnya untuk bisa datang sekolah tepat waktu, para pelajar harus siap bangun cukup pagi demi mempersiapkan semua itu. Efeknya, gak jarang beberapa siswa ketika di sekolah merasakan moment di mana baru juga jam segini tapi mata udah rasanya berat banget kayak ada yang ngegantung di keloopak mata . Kalau guru gak sadar sih, udah ada aja murid yang nyolong buat tidur di pojokan. Duh!

emoticon-Cape d...


Tapi tau gak sih Gan. Ada sebuah penelitian terbaru yang menemukan fakta bahwa memulai sekolah sebelum jam 8.30 pagi ternyata meningkatkan resiko depresi dan kecemasan pada siswa.

Peneliti yang berasal dari University of Rochester Medical Center ini menganalisa 197 siswa yang berusia antara 14 hingga 17 tahun.
Hasilnya?

Penelitian ini menemukan bahwa ternyata jam mulai sekolah setelah jam 8.30 pagi mengurangi gejala depresi atau kecemasan pada siswa. Peneliti menemukan bahwa siswa yang memulai sekolahnya terlalu pagi merasakan tekanan untuk bisa bangun pagi sehingga terkadang justru menghalangi mereka untuk bisa tertidur dan justru menempatkan kondisi kesehatan mental mereka pada resiko yang lebih besar




Jam sekolah yang dimulai terlalu pagi juga mempengaruhi tingkat gizi dan aktivitas mereka yang dapat mempengaruhi tidur mereka pula Gan. Itu sebabnya selain menyarankan jam sekolah dimulai jam 8,30 atau setelahnya para peneliti juga merekomendasikan agar siswa bisa mempertahankan rutinitas tidur dengan durasi yang konsisten yakni antara 8 hingga 10 jam sambil meminimalkan penggunakan gadget sebelum tidur.

Penelitian dengan hasil serupa juga pernah dibagikan oleh oleh American Academy of Sleep Medicine atau AASM dalam Journal of Clinical Sleep Medicine Gan. Disebutkan bahwa mulai belajar jam 8.30 pagi atau lebih siang bisa memberikan remaja kesempatan yang lebih baik untuk tidur cukup dan menyiapkan tubuh untuk menyerap ilmu dan berfungsi secara maksimal.



Tuh ternyata menurut penelitian masuk sekolah terlalu pagi gak terlalu baik bagi siswa Gan. Tapi kok kenyataannya di Indonesia jam masuk sekolah mesti pagi ya?

emoticon-Bingung

Kalau menurut ente sendiri apakah di Indonesia juga perlu mempertimbangkan perubahan jam masuk sekolah dengan dasar pertimbangan seperti yang ada dalam beberapa penelitian ini?
Komeng dimari yuk Gan!

sumurinspirasihkuh



KOMENG GAN AGANWATI:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:





Diubah oleh raiah 06-10-2017 08:44
0
23.7K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.