Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hobi ganti Gadget? Ini Penderitaan yang Dirasakan Rakyat Afrika Karena Kebiasaanmu!

yukepodotcomAvatar border
TS
yukepodotcom
Hobi ganti Gadget? Ini Penderitaan yang Dirasakan Rakyat Afrika Karena Kebiasaanmu!
WELCOME TO YUKEPO OFFICIAL THREAD
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah



Hobi ganti Gadget? Ini Penderitaan yang Dirasakan Rakyat Afrika Karena Kebiasaanmu!

Kebiasaan bergonta-ganti gadget setiap muncul gadget seri terbaru rasanya makin banyak terlihat di masyarakat Indonesia. Kebiasaan ini sering kali dianggap bisa menaikkan kelas sosial kita di masyarakat karena lantas dianggap memiliki materi yang cukup banyak dan pengetahuan yang up to date terkait perkembangan gadget. Kebiasaan ini mungkin juga akan membuat kita dianggap sebagai seseorang yang canggih dan melek teknologi. Akan tetapi, apakah hobi gonta-ganti gadget ini merupakan hobi yang baik? Apakah kebiasaan yang tampaknya wajar ini memiliki efek samping lain selain meningkatkan angka konsumsi negara sehingga pertumbuhan ekonomi negara dianggap semakin maju?

Nyatanya, hobi gonta-ganti gadget ini memiliki efek samping lain yang mungkin tidak kamu sangka sebelumnya. Hobi mahal ini nggak cuma bisa menguras kantongmu, tapi juga bisa membuatmu secara tidak langsung terlibat sebagai salah satu donatur perang sipil di Afrika. Bagaimana bisa? Bukankah yang kita lakukan hanyalah berganti gadget? Kenapa bisa sampai ke Afrika? Bukankah justru dengan gadget ini kita menyebarkan berita kemanusiaan yang baik? Kok malah jadi membantu berjalannya perang, sih?

Nah, biar nggak pusing, yuk simak fakta-fakta terkait hubungan antara gadget yang ada di tangan kita dengan perang sipil di Afrika!

Spoiler for 1. Gadget yang ada di tangan kita ini dibuat menggunakan salah satu logam yang cukup langka, yaitu coltan dan negara penghasil logam coltan terbesar di dunia adalah Republik Demokrasi Kongo (DRC) yang terletak di Afrika:


Spoiler for 2. Negara ini meskipun memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa, namun mengalami perang sipil secara terus menerus sejak puluhan tahun yang lalu. Perang sipil ini terjadi karena perebutan kekuasaan antara pemerintah DRC dengan beberapa kelompok pemberontak:


Spoiler for 3. Mengingat perang tidaklah gratis dan membutuhkan banyak biaya, maka dari mana kelompok pemberontak di DRC ini mendapatkan sumber pendanaan untuk berperang? Ternyata, sumber dana mereka didapat dari pertambangan logam illegal di DRC:


Spoiler for 4. Salah satu logam yang banyak ditambang oleh kelompok pemberontak di DRC adalah coltan karena permintaan akan logam coltan cukup tinggi mengingat logam coltan ini dibutuhkan dalam pembuatan gadget yang kita gunakan sekarang ini:


Spoiler for 5. Penambangan logam illegal yang dilakukan oleh kelompok pemberontak di DRC ini sangat tidak manusiawi:


Spoiler for 6. Kelompok pemberontak memaksa anak kecil dan orang tua untuk menambang logam dengan tangan kosong di bawah todongan senapan para tentara pemberontak:


Spoiler for 7. Kondisi tambang yang tidak aman dan mudah longsor tidak dihiraukan, para penambang ini tetap harus menambang tanpa sistem pengaman apa pun dan menyetorkan hasilnya kepada kelompok pemberontak tersebut:


Spoiler for 8. Tidak berhenti di situ, para pekerja tambang yang tidak bekerja dengan cukup baik atau dianggap melakukan kesalahan bisa saja dibunuh begitu saja dengan cara yang sadis oleh kelompok pemberontak:



Spoiler for 9. Tidak hanya para penambang saja yang menderita akibat kelompok pemberontak, namun masyarakat sipil juga mendapat perlakuan kejam dan penyiksaan dari kelompok pemberontak yang kehidupannya didanai oleh kebiasaan kita membeli gadget baru:


Spoiler for 10. Kelompok pemberontak di DRC juga dikabarkan tidak hanya meneror dan membunuh, mereka juga melakukan aksi kekerasan lain, seperti memerkosa dan menganiaya korbannya dengan sadis:


Spoiler for 11. Perang sipil di DRC ini telah menyebabkan setidaknya 2 juta korban jiwa dan jutaan lainnya terpaksa harus mengungsi dari kampung halaman mereka:


Mungkin kita memang tidak secara langsung berperan dalam konflik mematikan yang menyengsarakan warga DRC ini. Akan tetapi, uang yang kita berikan kepada perusahaan pembuat gadget kita ini bisa saja dialirkan kembali kepada kelompok pemberontak ini karena perusahaan gadget kita memanfaatkan mineral hasil tambang mereka. Karena itu, perusahaan-perusahaan gadget ternama kini sudah mulai berupaya memastikan bahwa logam coltan yang mereka pakai bersumber dari tambang yang legal.

Bukan berarti lantas kita harus meninggalkan segala gadget dan peralatan elektronik kita, akan tetapi sebaiknya kita tidak terlalu sering membeli gadget baru. Selain untuk meminimalisir keterlibatan tidak langsung kita dalam perang sipil di DRC, kita juga turut mengurangi kerusakan alam yang timbul dari kegiatan penambangan logam. Lagi pula, selain gonta-ganti gadget, masih banyak kok hobi lain atau kesenangan lain yang bisa kita geluti, seperti traveling dan membaca.


Sumber : Yukepo
Rate, comment, cendol appreciated emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
2.3K
19
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.