Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Permainan Bola Bekel Yang Tergerus Zaman


Permainan Bola Bekel Yang Tergerus Zaman

Indonesia begitu kaya akan permainan tradisional, setiap daerah memiliki permainan khas nya tersendiri. Salah satunya adalah permainan beklen atau bekel yang berasal dari Jawa Barat. Permainan ini sudah sangat jarang dimainkan oleh anak perempuan masa kini. Tergantikannya mainan tradisional dengan gadget, padahal 10 tahun kebelakang, permainan ini menjadi primadona dikalangan anak perempuan usia 7-10 tahun, terutama saat sore hari atau di bulan Ramadhan, sebagai kegiatan yang mengasyikkan, sembari menunggu adzan magrib, atau dikenal dengan “ngabuburit.

Dengan berbekal 10 biji kewuk yang terbuat dari cangkang kerang atau kuningan, dan bola bekel kecil yang terbuat dari karet, kita bisa memainkan permainan ini.

Permainan beklen atau bekel merupakan adu ketangkasan antara dua atau empat orang anak perempuan, berumur 7 – 12 tahun. Mereka dapat bermain di ruang tertutup maupun terbuka.Permainan bola beklen/ bekel/ bekles berasal dari Jawa Barat.

Alat yang digunakan adalah bola bekel kecil berdiameter 3 cm yang berwarna-warni dan kulit kerang atau dikenal dengan kuwuk/kewuk biasanya berjumlah hingga 10 buah. Kuwuk/ Kewuk berbentuk seperti cangkang kerang. Alat lain menggunakan kuningan berbentuk seperti biji mete yang 2 sisinya ditandai titik merah bulat. Media yang dibutuhkan yaitu tempat yang permukaannya datar seperti keramik, tehel, atau tanah yang datar agar bola dapat memantul secara stabil.

Permainan Bola Bekel Yang Tergerus Zaman

Aturan mainnya yaitu:

Tidak boleh “gudir” atau menyentuh kewuk lain selain sesi nya. Misalkan saat sesi pengambilan 1 kuwuk, maka tidak boleh menyentuh kuwuk lain selain 1, kecuali jika “dicokcrok” atau mengambil kelipatan 1 lebih dari sekali, tapi dalam 1 kali bola melambung.
Tidak boleh menggunakan 2 tangan dalam menggenggam semua kewuk kecuali tehnik
Jika pemain ketika menyebar kuwuk, semuanya menghadap ke atas / istilahnya “kar” atau semuanya menghadap ke bawah / istilahnya “kub”, maka harus mengulang dari awal.
Boleh mengambil selisih kuwuk yang lebih sedikit, kemudian jumlah yang wajib diambil. Seperti sesi 7 kuwuk, 3 buah kuwuk diambil di awal, kemudian 7 buah.
Pada akhirnya, untuk aturan main, setiap daerah mungkin berbeda, hanya saja permainan akan berjalan sesuai dengan kesepakatan pemain.

Pergantian pemain atau istilahnya “lasut”, ketika:

Bola yang dilambungkan tidak tertangkap.
Kewuk/kuningan dalam genggaman terjatuh.
Gudir ialah bila tangan menyentuh kewuk ketika sedang memainkan kewuk atau kuningan.
Cara bermain permainan bola bekel diawali dengan penentuan urutan pemain, dengan suit/ hom pim pah. Kemudian kewuk yang digenggam mulai dilemparkan ke lantai bersamaan ketika bola dilambungkan. Awalnya buah bekel tersebut diambil satu persatu dan pada buah terakhir dengan cepat dilemparkan berbarengan. Selanjutnya diambil dua-dua, dan terus bertambah satu hingga jumlah keseluruhan yaitu 10 kuwuk dengan tehnik “serok” dengan menggunakan 2 tangan, sekali mengambil semua kuwuk, biasanya jumlah yang banyak, terutama 10 buah.

Setelah pengambilan satu-satu hingga jumlah keseluruhan setiap melambungkan bola beklen, berikutnya adalah sesi membuat semua kuwuk menghadap ke atas /“kar”, kemudian bisa mengambil kuwuk seperti babak pertama, 1,2,3…..10. Sesi berikutnya adalah “kub” atau membuat semua kuwuk menghadap ke bawah, kemudian boleh mengambil seperti babak pertama. Siapa yang cepat menyelesaikan 3 babak tersebut, dialah pemenangnya.

Istilah lain dari kar adalah Mi dan kub adalah Pit.

Manfaat secara fisik yang dapat diperoleh dari bermain bekel/ bekles adalah untuk melatih koordinasi visual dan motoric, karena tangan kita akan terlatih bergerak cepat, namun tetap hati-hati. Meningkatkan kemampuan kontrol gerakan jari-jari dan tangan, karena 1 tangan harus bisa mengatur kuwuk yang digenggaman tidak jatuh, namun harus bisa mengambil kuwuk lain yang tersisa.

Sedangkan manfaat secara mental yang dapat diperoleh dari bermain bekel/ bekles adalah melatih konsentrasi karena jangan sampai kita menyentuh kuwuk lain, agar tidak gudir. Dapat melatih sifat sportifitas, dimana tidak mencari-cari kesalahan lawan, dan menerima kekalahan, melatih keuletan untuk menjadi pemenang, Demokrasi, setiap pemain mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam bermain, toleransi karena tidak mengganggu konsentrasi lawan saat bermain, dan yang terpenting jujur.

Dan yang paling penting, dengan belajar beklen, kita sembari belajar dan mengaplikasikan konsep matematika. Seperti konsep klasifikasi saat permainan berlangsung pemain menyamakan sisi biji bekel, penyamaan sisi biji bekel merupakan klasifikasi terhadap bangun ruang sederhana. Konsep menghitung, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Contohnya :

1 + 1 + 1 + 1 + 1 + 1 = 6

10 – 1 – 1 – 1 = 7 atau 10 – 3 = 7

3 x 2 = 2 + 2 + 2 = 6 atau 3 x 2 = 3 + 3 = 6

10 : 3 = 3 sisa 1 (artinya terdapat 10 biji bekel, diambil 3 biji pada setiap pengambilan tanpa pengembalian, sehingga didapatkan 3 kali pengambilan, sisa 1 biji bekel yang belum diambil).

Yang terpenting, bilangan genap dan ganjil akan semakin terasa

Permainan Bola Bekel Yang Tergerus Zaman

KESIMPULAN

Beklen merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Pemainnya adalah anak perempuan hingga wanita dewasa. Biasa dimainkan sore hari. Alat yang digunakan untuk bermainnya yaitu bola beklen kecil yang terbuat dari karet dan 10 biji kewuk dari cangkang kerang atau kuningan. Cara bermainnya yaitu dengan berhasil mengambil kewuk sesuai dengan urutan bilangan 1-10 saat memantulkan bola bekles dan melewati 3 babak/ ronde. Aturan mainnya tidak boleh “gudir” atau menyentuh kewuk lain selain sesi nya.

Manfaatnya secara fisik, tangan kita akan terlatih bergerak cepat, namun tetap hati-hati, meningkatkan kemampuan kontrol gerakan jari-jari dan tangan, dan secara mental juga afeksi kita akan melatih tingkat kefokusan, kritis, teliti, jujur, peka kesalahan orang lain, toleransi dengan tidak mengganggu pemain lain, demokrasi karena memberi hak yang sama pada semua pemain dan sembari belajar matematika seperti konsep menghitung, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian .

SARAN

Permainan tradisional adalah tradisi Indonesia yang eksistensinya harus dilestarikan. Maka, jangan karena adanya gadget, anak masa kini tak mengenal lagi permainan tradisional, seperti beklen/ bekles ini. Oleh karenanya, sebagai orang tua, kenalkanlah permainan tradisional, karena tak akan berdampak buruk seperti pengaruh radiasi, dan melatih anak untuk bermain dengan teman sebayanya, tak hanya di sekolah saja.

Sebagai institusi pendidikan, diharapkan sekolah pun membuat satu event khusus untuk mengenalkan kekayaan permainan tradisional Indonesia. Dan di masyarakat, event seperti “milangkala budaya” di gencarkan kembali, dengan menarik banyak minat anak hingga usia remaja dengan mengadakan perlombaan. Agar menjadi penerus dan pelestari permainan tradisional khas daerahnya. Dan menumbuhkan rasa bangga dalam dirinya.

Namun permainan kini menjadi langka karena anak2 lebih suka update status alay di HP, dan cenderung menjadi manusia dengan jiwa sosial yang rendah.





Sumber

http://vaniaamaris.blog.upi.edu/2015/10/20/makalah-bekel-permainan-tradisional/
Diubah oleh c4punk1950... 02-10-2017 17:50
0
23.3K
89
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.