tinyladyAvatar border
TS
tinylady
Tidak Baper Adalah KOENTJI Kebahagiaan


Baper itu apa sih?

Orang yang baperan adalah orang yang masukin hati omongan orang. Menaruh perasaan pada suatu hal itu baik sebenarnya kalau positif, seperti cinta sama hobi, cintah sama pekerjaan, suka sama hasil kerja diri sendiri dan sebagainya. Itu positif untuk membangun percaya diri.

Namun, bila terlalu menaruh perasaan tanpa berpikir dengan pikiran yang jernih, akan membuat kita terjatuh ke dalam lubang kebaperan.

Misal, lo suka banget sama hasil karya lo, hasil kerja lo, lalu saat ada orang yang lebih baik dari lo, lo langsung insekyur (insecure). Ada orang menghina, langsung turun semangat.

Nah itu bukan sikap yang positif. Malah merugikan diri kita sendiri. Itulah yang disebut dengan istilah jaman sekarang sebagai baper. Bawa Perasaan.

Hey, come on! Di atas langit, masih ada langit. Dan bukankah itu kesempatan kita untuk termotivasi buat lebih maju? Namun di satu sisi, perlu juga kaki tetap memijak di tanah untuk tetap rendah hati. Buat gak lupa sama orang-orang yang peduli sama kita, sama orang yang berjasa sama kita.

Kenapa sih orang bisa baper?

Satu, bisa karena capek. Capek hati, pikiran, dan jiwa. Capek kan ada banyak ya, tergantung kadarnya. Ada yang digedor dikit langsung ngeluh capek, ada yang endurance nya kuat, karena mentalnya udah terbentuk. Coba deh ketemu orang yang suasana hatinya senang, pasti lo becandain juga shantay yekan. Semisal temen lo baru pulang piknik, senyumnya merekah ceria, disenggol dikit gak bakal bacok. emoticon-Big Grin

Kedua, ya karena enggak ada kerjaan. Pernah kan sabtu sendirian doang di rumah, kagak malmingan, di kala temen-temen lu update status "jalan sama yang tercintah ke Mall Bekasi", ada temen lu yang posting foto candle light dinner sama pacarnya. Terus lo baper deh, karena ya lo sibuk ngeliatin kebahagiaan orang, tanpa memfokuskan diri membahagiakan diri sendiri. Pengen jalan juga malem minggu? Ya jalan aja lah ke bioskop, mau ada temen gak ada temen, jalanin aja. Nikmatin bahagia lo sendiri. Bingung mau ngapain? Ya coba aja hal-hal baru, kayak masuk ke komunitas Star Wars kek, join capoeira, atau kalo lo anaknya religius, daftar jadi remaja mesjid ("ah tapi nanti dikatain macem-macem, sekarang kan reliigius dikit dibilangnya anti-kafir lah, kaku lah"....hey, yang tahu perasaan lo itu hanya lo sendiri. Kuatin hati lo buat segala kata-kataan yang beredar di internet). Jangan baper tuh! emoticon-Smilie

Ketiga, kenapa orang baper karena udah kebanyakan berpikir negatif di dalam kepala. Si anu galak dikit, lo baperin, lo omongin aneh-aneh lah. Padahal lo gak tahu kan kalo dia keras sama dirinya sendiri, akhirnya dia kebawa galak di sekitar orang-orang. Atau dia pendiem lo katain sombong, siapa tahu dia introvert, susah deket sama orang lain, karena dia banyak tanggung jawab yang harus dia lunasin. Si anu mukanya kucel, lo remehin, padahal si anu punya talenta dan kelebihan yang bisa lo contoh dan ambil pelajaran.

Kalau udah berpikir negatif, ada baiknya bersihkan pikiran. Kurangin stres dengan cara lo sendiri. Kalo TS sih ngurangin stres dengan baca buku fiksi dan nonton fiksi. Kadang kita harus lepas dari realita, lalu nemuin pencerahan ke diri sendiri. hehehe

Nah kadang ada saatnya orang masuk fase baper. Manusia itu ada fasenya masing-masing. Kadang adem ayem bahagia, kadang bisa baper. Kalo udah masuk fase baper, ini cara menolong diri sendiri menurut TS:

1. Berhenti stalking, perbanyak melakukan hal yang bermanfaat.

Membahagiakan diri sendiri itu perlu. Membahagiakan orang sekitar juga efek bahagianya lebih lama terasa. Berhenti ngurusin perilaku mantan, berhenti ngurusin kesuksesan mantan, berhenti ngamatin perilaku orang yang udah bikin kita baper. emoticon-Big Grin

Berhenti. Lo tau kapan harus berhenti buat menyakiti diri sendiri. Orang yang pintar, adalah orang yang bangkit dari kegagalan, bangkit dari kesedihan, dan berani melawan hasrat baper di diri sendiri.

Asalkan, yang terpenting, jangan membalas kesedihan lo dengan bikin sedih orang lain. "Ah gua sering disakitin, gapapa dong gua nyakitin orang lain!" Telolet tuh! STOP! Lo gak mau kan di hidup ini jadi penyebab kesedihan orang lain? Kalau gak mau sakit hati, jangan bikin orang sakit hati. Kalau mau orang lain menghormati kita, hormati diri sendiri, dan hormati orang lain. Secara otomatis orang akan hormat terhadap diri kita sendiri.

2. Self healing. Sembuhin kebaperan dengan berpikir positif dan bersyukur

Pikiran yang kosong akan lebih mudah terpengaruh. Kalo udah setan yang bisikin dari kiri, "ih si anu kan begini begitu...ah jangan-jangan dia begini begitu." Hey, tahu apa kelean sama hidup orang. emoticon-Big GrinJadi agar pikiran ini tidak dipenuhi sama hal-hal negatif, perbanyak lah berpikir positif dan jernih. Baca buku-buku yang self healing. Isi dengan kata-kata yang membangun dan positif. Tidur cukup, makan sehat (gak usah mahal, yang penting sehat).

Dan sesungguhnya agama apapun sesungguhnya ngajarin kebaikan, nah lau ambil deh kebaikan dari kitab kepercayaan lo masing-masing. Jangan gampang percaya lah sama broadcast message yang gak nyantumin sumber terpercaya dan jelas adanya. Nih yang komen negatif, lah kan situ yang rugi, ngebaperin diri sendiri. Ngisi kepala dengan hal-hal gak penting. Kan akan lebih baik ngisi dengan hobi dan hal positif yang produktif. Jangan cari uang dengan cara yang gak bener. Hati lu mungkin senang, tapi senangnya sesaat.

3. Belajar ngomong yang baik ke diri sendiri dan menghibur diri sendiri

"Biarin deh gua jelek, biar kagak digodain orang mulu". Atau kalo lo ganteng "syukur deh gua ganteng." Ya syukurin aja apa yang dikasih. Gak usah risih dan dengerin kata orang-orang. Karakter lo adalah apa yang lo pikirkan. Apa yang lo pikirkan, itu yang akan memproyeksikan tindakan lo.

4. Berhenti memusingkan omongan orang. Perbaiki kualitas diri

Kuatkan dirimu. Kuatkan hatimu. Gak cuma lo yang hidupnya ribet, semua juga. Gak cuma lo yang hidupnya susah, ada orang yang lebih susah dari lo. Apapun kata orang, apapun kejelekan orang lain, bodo amat Gan. Kerja keras deh, biar waktunya sibuk buat berkontribusi. Rasa senang setelah bekerja keras itu nikmat Gan.

Like anybody says, "pain is temporary, gain is forever."





*Tulisan asli tanpa sumber
Diubah oleh tinylady 28-09-2017 15:02
0
11.6K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.