Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

paanjoelAvatar border
TS
paanjoel
5 Fakta Kalo Gengsi Itu Bikin Rugi

Image Via Wajibbaca.com

Gengsi itu bikin rugi Gan, soalnya...

Bikin hidup enggak pernah tenang. Bikin seseorang sukanya mikirin "apa kata orang", karena takut dibilang macem-macem.

Gengsi itu bikin susah move on dari kejombloan. Coba Gan, pernah enggak pas lagi suka sama orang, tapi gengsi buat pedekate. Jadinya enggak jadian. Padahal siapa tahu doi juga suka Agan tapi gengsi juga, yakan?

Gengsi bikin orang malu nyeritain kesusahannya sama temen-temennya. Punya masalah keuangan terus dipendem aja. Giliran temennya ngajak makan di restoran yang fancy, mau aja ikut demi gengsi.

Gengsi emang bikin orang enggak apa adanya lho Gan. Ada nih orang, lagi kehabisan duit, tapi enggak mau usaha cari duit tambahan. Ada juga yang duitnya tiris, tapi masih aja mau diajak temennya hang out yang hedon-hedon di luar.

Gengsi itu bikin hidup makin rempong. Lagi enggak mampu, bilangnya mampu, ujung-ujungnya malah maksain diri. Malah capekin diri sendiri deh.

Nah, gara-gara gengsi, orang pingin dibilang keren, padahal dalam hati susah. Jadinya, bikin pola hidup yang konsumtif, dan sulit ngatur keuangan. Masalah keuangan jadi makin runyem deh.

Di Indonesia, gengsi ngomongin duit masih jadi hal paling tabu nomor 2 buat diomongin setelah seks. Padahal, gengsi ngomongin duit bisa berujung masalah yang tambah panjang lho Gan.


Cekidot 5 fakta miris akibat gengsi ngomongin duit nih, Gan!

1. Hanya 18% orangtua yang terbuka dan pernah bicara uang dengan anak-anaknya


Image via Brilio

Akibat dari orangtua yang enggak terbuka dan pernah bicara soal uang dengan anak-anak, anak jadi enggak tahu susahnya cari uang. Anak enggak mengapresiasi kerja keras di balik uang yang didapat. Sekali dapet uang jajan, anak-anak langsung berpikir "dihabisin buat apa ya?". Karena sekalinya uang habis, sang anak bisa langsung minta sama orangtua.

Padahal enggak semua orangtua miliarder kan Gan, yang duitnya enggak habis-habis. Enggak semua kan orang selebriti. Kenyataannya rata-rata orang Indonesia mayoritasnya berada di golongan menengah ke bawah.


2. 56% remaja takut akan uang karena enggak dapetin pendidikan finansial yang cukup


Image via Brilio

Stigma di masyarakat emang kejam. Orang yang suka membicarakan uang dianggap materialistis dan perhitungan. Orang yang pingin berhemat dan save budget dibilang pelit. Akhirnya karena stigma tersebut, orangtua yang punya gengsi juga enggan bicara soal uang kepada anak-anaknya. Takut dibilang orangtua yang perhitungan.

Akibatnya, anak-anak jadi kurang pengetahuan tentang budgeting yang baik. Kemudian, remaja pun merasa malu mengakui ke diri sendiri buat jadi orang yang banyak uang. Mereka enggak termotivasi buat menghasilkan uang yang banyak dengan mencari penghasilan tambahan. Padahal, remaja di bangsa barat aja rela jadi tukang cuci piring di restoran, atau jadi pelayan, di sela-sela waktu luang maupun saat hari libur buat dapetin uang saku tambahan.


3. 46% orang tua rela minjem duit buat memenuhi keinginan anak-anaknya


Image via Brilio

Takut dianggap medit, orang tua rela ngutang demi menuhin tuntutan anaknya. Masih banyak orangtua yang gara-gara takut kena omongan tetangga, akhirnya beliin gadget atau mainan mahal buat anak-anaknya. Ada istri yang ngadu ke suaminya "Itu Pah, anak tetangga mainannya waveboard buatan Indonesia, anak kita jangan mau kalah lah". Akhirnya suaminya beliin waveboard buatan Amerika. Padahal kebutuhan buat betulin genteng yang bocor belum terpenuhi.


4. 45% perceraian terjadi akibat faktor ekonomi


Gara-gara ngejar gengsi nih Gan, orang rela ngikutin tren macem-macem dari media sosial, sampe lupa deh sama urusan rumah tangga yang lebih penting. Ada istri yang pengeluaran rumah tangganya habis buat beli baju-baju mahal buat dia dan anak-anaknya, biar cakep difoto di media sosial. Demi dapet pujian dan dapet likes. Lalu, abai buat masak yang sehat dan bergizi buat anak-anaknya. Duit udah keburu habis, kebutuhan yang penting belum terpenuhi. Suami bete terus di rumah karena jarang dimasakin, duit juga habis buat hal-hal yang enggak krusial duluan. Suami istri ngomel terus di rumah. Hubungan gak harmonis. Ujungnya cerai. Semuanya gara-gara faktor ekonomi, ditambah kurangnya pengetahuan mengatur keuangan.


5. 28% masyarakat Indonesia memiliki pengeluaran lebih besar daripada pendapatan per bulan



Demi gengsi, orang rela ngeluarin uang banyak tanpa bikin perencanaan keuangan yang baik. Gengsi membuat seseorang pingin bikin pesta pernikahan yang megah dan mahal, padahal realitanya enggak cocok dengan pendapatan per bulan.

Era media sosial ngasih makan sebuah gengsi. Perilaku ikut-ikutan cukup mengerikan kalo enggak dipikirkan dengan bijaksana. Ngeliat artis dibikinin bridal shower, ikut-ikutan juga pingin dibikinin bridal shower. Ngeliat temen yang udah punya anak bikin pesta ulang tahun pertama yang cakep di Instagram, ikut-ikutan juga pingin bikin pesta. Uangnya enggak ada, tapi dibela-belain ngutang. Akibatnya besar pasak daripada tiang.


Image via Brilio

Ini saatnya kita kembali ke budaya nabung dan berhemat Gan!

Saatnya tobat deh dari gaya hidup boros. Yuk mulai nabung dan berhemat.

Dengan semangat itu, PermataBank bikin gerakan #BicaraUang nih Gan di hari ulang tahunnya, tanggal 27 September 2017. Lewat gerakan ini, PermataBank pingin memperluas pemahaman akan uang bagi diri pribadi, keluarga, dan komunitas di Indonesia.

Mendobrak gengsi #BicaraUangemang enggak mudah Gan! Makanya, PermataBank pingin membantu keluarga-keluarga di Indonesia ngedapetin pendidikan finansial yang baik, yang PermataBank tuliskan ke dalam buku "9 Guidebooks".

Dapatkan 9 buku panduan yang bisa diunduh ini dan lihat informasi selengkapnya mengenai gerakan #BicaraUang di www.bicarauang.com



Diubah oleh paanjoel 28-09-2017 06:54
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
70K
236
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.