Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vaklentineAvatar border
TS
vaklentine
Apakah yang dikatakan Aung San Suu Kyi soal krisis Rohingya benar adanya?
Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi, sudah memberikan pernyataan tentang kekerasan di negara bagian Rakhine dan krisis pengungsi minoritas umat Muslim Rohingya yang menyeberang ke perbatasan Bangladesh.

Wartawan BBC Jonathan Head -yang meliput langsung kisah warga Rohingya yang masih berada di Rakhine dan di tempat penampungan di Bangladesh- mengkaji beberapa pernyataan Suu Kyi itu dengan kenyataan yang disaksikannya di lapangan.

Aung San Suu Kyi: "Sudah tidak ada konflik sejak 5 September dan tidak operasi pembersihan."


Pada tanggal 7 September saya ikut dalam lawatan media yang diatur pemerintah ke kota Alel Than Kyaw, dan kami mendengar tembakan senapan otomatis di kejauhan dan melihat empat kepulan asap, yang menunjukkan kampung-kampung dibakar.

Belakangan, masih hari itu, kami melintasi Gaw Du Thar, kampung warga Rohingya yang dibakar sejumlah pengikut Buddha di Rakhine di depan polisi bersenjata dan dekat dengan barak polisi.


Sekarang dari Bangladesh, kami melihat kepulan-kepulan asap di sisi seberang Sungai Naf dan kepulan asap itu cukup besar yang menjadi pertanda kampung-kampung dibakar.

Aung SanSuu Kyi mungkin tidak menyebutnya sebagai 'operasi pembersihan' namun dengan kehadiran besar militer di kawasan itu, dekat dengan bantaran sungai, maka sulit untuk meyakini bahwa mereka tidak mendapat persetujuan diam-diam dari pihak berwenang di sana.

Apakah yang dikatakan Aung San Suu Kyi soal krisis Rohingya benar adanya?


Aung San Suu Kyi: "Tindakan akan diambil atas semua orang -terlepas dari agama, ras, dan posisi politik- yang melanggar hukum setempat dan melanggar hak asasi yang diakui komunitas internasional."

Sepanjang lebih dari 70 tahun pencatatan kekerasan oleh angkatan bersenjata Myanmar, nyaris tidak ada aparat militer yang mendapat sanksi di negara bagian Rakhine atau di sejumlah kawasan lain tempat maraknya konflik di negara itu.

Sulit untuk menerima bahwa militer menegaskan semua 400.000 lebih umat Muslim Rohingya yang mengungsi sejauh ini karena keterlibatan dalam serangan oleh kelompok militan Tentara Penyelamatan Rohingya Arakan, ARSA.


Seorang kolonel di Maungdaw mengatakan kepada saya bahwa banyak tuduhan pemerkosaan yang diungkapkan para pengungsi tidak benar karena pasukannya sudah terlalu sibuk untuk berperang dan berpendapat perempuan Rohingya amat tidak menarik.

Aung San Suu Kyi: "Semua orang yang tinggal di negara Bagian Rakhine memiliki akses untuk pendidikan dan layanan kesehatan tanpa diskriminasi."

Sama sekali tidak benar. Orang Rohingya sudah menjadi subjek pembatasan yang diskriminatif selama beberapa tahun dengan larangan untuk pindah, bahkan menikah, tanpa izin pihak berwenang, yang kadang perlu disogok.

Apakah yang dikatakan Aung San Suu Kyi soal krisis Rohingya benar adanya?

Sejak kekerasan antar komunitas pada tahun 2012 lalu, pembatasan atas Rohingya bahkan diperketat.

Banyak yang mengungsi ke tempat-tempat penampungan di dalam Myanmar 'dikurung' di kawasan itu kecuali mendapat izin untuk ke luar, yang sulit untuk diperoleh.

Saya mengenal para pelajar di tempat penampungan yang sudah tidak memiliki pendidikan selama lima tahun terakhir.

Empat tahun lalu, saya berkunjung ke satu kampung Rohingya, Ah Nauk Pyin di selatan Rathedaung, dan para penduduknya tidak berani ke luar kampung walau untuk berobat karena permusuhan dari umat Buddha di sekelilingnya.



Hari Senin (18/09), di Bangladesh saya bertemu dengan Abdulmajid dari Gaw Du Thar Ya, kampung yang saya lihat sendiri dibakar.

Dia mengatakan kepada saya, "Selama lima tahun terakhir, kami tidak bisa pergi ke luar kampung untuk bekerja."

sumur



Pemimpinnya saja terang-terangan bohong. apalagi tentara dan biksu radikal dibawahnya yang jadi pelaku genosida


Apakah yang dikatakan Aung San Suu Kyi soal krisis Rohingya benar adanya?
sebelahblog
anasabila
anasabila dan sebelahblog memberi reputasi
2
5.6K
53
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.