Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wadonsuburAvatar border
TS
wadonsubur
Ada Kampung Bali di Ujung Sulawesi
Gunung Agung di Bali mulai batuk-batuk dan menggetarkan tanah di pulau Dewata beberapa hari belakangan ini. Sekitar 50 tahun lalu letusan besar gunung Agung di tahun 1963 membuat banyak perubahan termasuk transmigrasi besar besaran dari tahun 1964 hingga 1965 ke Lampung dan Sulawesi Utara. Makanya ada kampung Bali di ujung Sulawesi Utara tepatnya di daerah Dumoga, kabupaten Bolaang Mongondow. Ane sebagai TS yang pernah dinas di Sulawesi Utara pernah kesana ketika ada upacara kematian. Berikut cerita singkat ane.

=================================================================================================










Alunan rekaman gamelan Bali yang keluar dari sound system terdengar di belakang rumah salah satu warga Werdhi Agung ketika rombongan kami baru turun dari mobil Kijang kapsul milik kantor. Di halaman belakang itu, warga desa sedang berkumpul memandikan jenazah kemudian berdoa dipimpin Pedande. Saya bersama rombongan dari kantor mengunjungi Werdhi Agung karena salah satu kerabat rekan kantor saya meninggal. Eits jangan kira desa ini berada di pulau Dewata, tempat ini berada di Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, sekitar hampir 5 jam perjalanan dari kota Manado. Yap, ada kampung Bali di ujung Sulawesi.

Desa ini dihuni transmigran dari Bali setelah gunung Agung meletus tahun 1963. Terpisah jauh dari pulau Dewata tak membuat warga melupakan asal usulnya, begitu memasuki Werdhi Agung nuansa arsitektur Bali masih kental terasa, lengkap dengan bangunan di persimpangan jalan. Mayoritas warga bermata pencaharian sebagai petani, tak heran pasokan beras se-Sulawesi Utara kebanyakan berasal dari Bolaang Mongondow.

Untuk mencapai Werdhi Agung, kita harus melewati dulu Kotamobagu lalu tanya saja warga sekitar di mana letak kampung Bali. Ada dua desa Bali lagi di Dumoga yaitu Mopugad dan Mopuya, letaknya cukup jauh dari Werdhi Agung dan jalannya tidak terlalu bagus.

source: Blog ane jejalanjajan.com

Foto2 milik sendiri emoticon-Big Grin

Quote:





source: Blog ane jejalanjajan.com
Diubah oleh wadonsubur 27-09-2017 09:57
0
22.3K
146
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.