Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ryan_funky80Avatar border
TS
ryan_funky80
Mau Cari Kerja? Coba Aja Datangin 5 Kawasan Industri ini!
Mau Cari Kerja? Coba Aja Datangin 5 Kawasan Industri ini!

Guys, kalian kan tinggal di Indonesia udah lama nih, udah pada tau belom sih kalo disini ada 5 kawasan industri besar yang tersebar di beberapa wilayah. Biasanya kawasan industri ini punya UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) yang tinggi. Selain gajinya yang besar, biaya hidup yang murah jadi salah satu alasan kenapa banyak orang yang mengincar pekerjaan di Kawasan Industri, baik sebagai buruh pabrik maupun karyawan kantornya.

Nah, di bawah ini bakal gue ulas tentang 5 kawasan industri yang ada di Indonesia. Mau tau apa aja? Yuk kita simak di bawah ini.

1. Kawasan Industri Pulogadung – Jakarta

Spoiler for :


Kawasan industri Pulogadung bisa dibilang adalah kawasan industri yang sangat penting karena disana terdapat sekitar 40 perusahaan yang rata-rata bergerak di bidang farmasi, pangan dan otomotif.

Walaupun gajinya besar dan banyak diincar oleh para pencari kerja, kenyataannya biaya hidup disana terbilang cukup mahal. Gak heran kalo terkadang penghasilan yang didapat belum bisa memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tapi semua itu gak merubah kenyataan juga kalo Jakarta tetep jadi kawasan yang diminati banyak pencari kerja karena peluangnya cukup besar untuk dapat pekerjaan yang gajinya lumayan besar.


2. Kawasan Industri Cikarang – Jawa Barat

Spoiler for :


Udah jadi rahasia umum kalo Cikarang punya kawasan industri yang berkembang. Sejak tahun 1989 kawasan kota Jababeka terus berkembang pesat. Sampai saat ini total luas wilayahnya mencapai 5600 hektare. Itulah kenapa kawasan Kota Jababeka jadi salah satu kawasan industri terluas di Asia Tenggara. Sampe sekarang aja udah tercatat ada 1650 perusahaan multinasional dari 30 negara yang jadi tenant di kawasan industri Jababeka di Cikarang, Bekasi. Belum lagi 730ribu pekerja dan 10ribu ekspatriat yang bekerja disana. Gaji minimum di sana pun terbilang cukup besar dibanding dengan kota-kota lain di sekitarnya.

Perkembangan kawasan industri Jababeka udah pasti ga lepas dari makin lengkapnya infrastruktur di sekitar Kota Jababeka. Apalagi kalo nanti pembangunan Kota Meikarta udah selesai. Selain membangun apartemen, berbagai fasilitas lengkap dihadirkan dalam Kota Baru Meikarta. Sebut saja mulai dari 7 shopping mall, rumah sakit internasional, pusat keuangan nasional, 10 hotel bintang 5, perpustakaan, opera dan teater, sekolah dari SD hingga Universitas, Sillicon Valley Indonesia, dan lainnya. Jelas ini bakal mempengaruhi kemajuan wilayah di sekitarnya, termasuk wilayah industrinya

3. Kawasan Industri Karawang – Jawa Barat

Spoiler for :


Selanjutnya masih dari Jawa Barat. Kawasan industri Karawang memiliki sekitar 78 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produksi, yang sebagian besar didominasi oleh pabrik motor and perusahaan lain yang rata-rata berasal dari Jepang. Bisa dibilang kawasan ini adalah surge bagi para pencari kerja yang pengen dapet kerja dengan gaji sangat besar.


4. Kawasan Industri Surabaya – Jawa Timur

Spoiler for :


Kali ini kita bergeser ke timur. Ada Kawasan Industri Surabaya di Jawa Timur. Kawasan industri ini banyak diminati oleh pencari kerja yang berasal dari pelosok Jawa Timur. Dengan gaji yang cukup besar kawasan ini berhasil membuat sebagian orang urung ke Jakarta untuk bekerja dan memilih Surabaya sebagai tempat mencari nafkah, apalagi di Surabaya juga biaya hidupnya jauh lebih murah.

Kawasan industri Surabaya memiliki puluhan perusahaan yang bergerak di bidang garmen, makanan hingga alat-alat elektronik. Ini cocok banget buat kita yang pengen gaji besar dengan biaya hidup yang murah.

5. Kawasan Industri Pasuruan – Jawa Timur

Spoiler for :


Masih dari Jawa Timur. Kawasan industri Pasuruan punya 119 perusahaan dan menyerap sekitar 23ribu pekerja dari berbagai daerah di Jawa Timur juga nasional. Kawasan industri disana kebanyakan bergerak di bidang makanan dan minuman, sisanya ada juga perusahaan otomotif yang beroperasi di sana.

Untuk gaji, Pasuruan terbilang memiliki UMR yang besar, bahkan melebihi UMR Kota Malang yang terkenal sangat maju kawasannya.

Itulah lima kawasan industri besar yang ada di negara kita. Siapa tau aja ada diantara kalian yang berminat untuk mengadu nasib di salah satu kawasan industri tersebut di atas, buruan deh masukin surat lamaran kerjanya.

Diubah oleh ryan_funky80 08-10-2017 00:01
0
2.4K
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.