Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

edogawafemaleAvatar border
TS
edogawafemale
skenario pelakor. suku dayak dan lawyer masuk ya mudah"an bisa bantu kami
langsung ke ceritanya ajaa yaaa..

sebenernya sih lama ane mikir utk curhat dsini, karna ini bisa dibilang aib juga, tp please stop judge kami dg suatu kalimat buruk karna kami perlu solusi.

jd gini, ane punya sepupu tinggal diluar kota (jawa timur) dia udah nikah dan punya 2 anak sekarang dan tinggal bersama keluarga kecilnya di kota s,
tp ibunya (tante ane) satu kota sama ane di jakarta. sepupu ane ini dmutasi ke kota s untuk menjadi kepala toko buku terkemuka cabang kota s.
kemudian sepupu ane ini melanjutkan s2 di univ ternama dikota tsb. nah dsini lah sepupu ane berubah gaya hidupnya.
dia sering bilang mau kerja kelompok dg temannya yg notaben temannya tuh biar udh pd punya keluarga masih doyan minum" dan ngebar gitu.
padahal, sepupu ane sebelumnya ga pernah kaya gtu. berjalan seiringnya waktu, ajakan demi ajakan dan dia pun terbawa jd suka khamar.

jd beberapa hari lalu, tante ane ini mendapat surat dari dewan adat long hubung samarinda.
tante ane ini kaget bukan main karna isi surat tersebut menyatakan bahwa sepupu ane itu tidak menafkahi istrinya di sana.
padahal dia tau betul dmana mantu dan cucunya itu berada.
perempuan ini beda agama, menikah secara adat karna hamil diluar nikah, dan nama&alamat orang tua kandung sepupu ane palsu semua
(infonya sih, org tua ini dibayar pihak perempuan).
Sehingga pada saat nikah, tidak ada satu keluargapun yg tau. tante ane telp sepupu ane dan sepupu ane bilang jgn sampe ada yg tau,
dan harus tutup rapat" semua itu termasuk bapak kandungnya. pas ane main ke rumahnya, ane liat emang ada yg beda dr tante ane ini.
ane cuma tanya, " ada masalah ya tan?", karna ane aga deket juga sama tante ane ini, trus akhirnya dia ceritain semuanya.

inti kronologis nya


jadi, disamping pekerjaan intinya, sepupu ane itu buka bisnis rumah makan gitu di samarinda, sebelum buka RM ini ibunya itu udah bilang,
"jangan jauh2 lah, mahal ongkos ngecek keuangannya, kenapa ga di jakarta atau d kota s aja?".
singkat cerita, jadilah tu buka RM d samarinda, dg alasan buka dsamarinda lebih banyak prospek lah atau menguntungkan lah.
dan akhirnya ibunya pun bilang "terserah kamu lah". sepupu ane pun buka RM di samarinda,
menurut pengakuannya sepupu ane kepada ibunya adalah dia stres dg TA nya dan istrinya emang keras bgt, dalam bicara juga emang aga kasar, kalo marah tu bisa kebun binatang sama isi septiteng keluar, sepupu ane juga diem aja digituin karna liat anak.
trus dia k club dan minum dsana, dan dr situ dalam pengaruh alkohol dia ketemu sama perempuan itu, abis itu ga inget lagi.
dan ane juga kurang jelas apakah dia dijebak atau bagaimana ga ngerti juga. tapi sepupu ane bilang, dia dijebak,
tanpa sadar dia di satu ruangan dan ga sadar dia ngapain aja. tp satu hal, setidak sadar apapun kalo mslh keperawanan pasti pas sadar pun tau. dan sepupu ane bilang sih dia ga virgin dan kemungkinan sedang hamil (dilihat fisik).
nah, mungkin pas di bar itu tanpa sadar sepupu ane cerita banyak tentang rumah makan dll, makanya dijebak k hotel dll, kan rumah makannya pun di kalimantan, dan perempuan itu dr pelosok kalimantan juga.
nah pas lg ngecek keuangan di kalimantan, sepupu ane di datengin sama keluarga si perempuan, kalo ga nikahin tu perempuan, sepupu ane bakal mati saat itu juga.
mau ga mau sepupu ane nikahin tu perempuan karna sepupu ane mikir, "kalo w mati, yg hidupin anak dan istri w siapa?".

jd lah tu, mau ga mau sepupu ane nikah adat sampe dikasih kaya proposal gtu anggaran nikah adat digenapin mah 20jt lah.
dan ternyata, surat tsb dikirim juga ke alamat rumahnya sepupu ane dan diterima istrinya, ywdh jd tau semua lah msalah ini.

setelah semua tau, ortu sepupu dan ortu ane yg dituakan dtg ke kota s dan dr nasihat, pengakuan dan solusinya dr pembicaraan tsb disimpulkan,
dilembar paling belakang yg kaya proposal itu ada aturan" adat kaya denda" gtu. di poin 2 ada kalimat yg intinya kalo mau cerai yg mau cerai menyerahkan 2 kali lipat biaya nikah adat.
jd kami memilih bayar denda, karna menurut tante ane ini, anaknya itu maunya pisah dr si pelakor itu karna dia cewe ga bener, bisa dipanggil dll..
pas ane dikasih liat surat" itu dan ada nama cewe itu kan ane langsung cari tau ya gimana bentuk wajahnya.
DAN ane menemukan wajahnya dr sosmed fb sampe instagram si pelakor. ada foto anaknya juga yg kalo ane liat ga da mirip"nya sama sepupu ane itu.
dan ga lama, kebetulan bgt sebelum kami penuhi sangsi adat itu, saudara tante ane yg lain (sebut aja tante I) ada yg tinggal di kalimantan juga dan masuk dalam komunitas dayak serta banyak teman lawyer dr suku dayak,
tp dia tinggal di kota sedangkan si pelakor itu tinggal di pedaleman.

karna perempuan ini berasal dr suku dayak, maka kami putuskan semua keluarga di jakarta dan kota s, tidak ada yg ke kalimantan, karna seperti yg diketahui suku dayak kental akan hal magis dan terkenal dg "The Ghost Warrior"
dan kami putuskan yg menyelesaikan antar kepala suku dulu. perwakilan kami yaitu sdra tante I dan kepala suku nya udh kesana sebelum tanggal yang ditentukan oleh kepala suku dr pihak perempuan.
tapi si perempuan dan kepala suku sedang tidak ada ditempat. di reschedule lg 3 minggu setelah kedatangan pertama. dan ketemu lah semua nya saat itu.


sepupu ane ini sangat amat yakin kalo dia bukan satu"nya yg tidur dg tu perempuan, sepupu ane juga yakin anak itu bukan anaknya, satu"nya alasan dia nikahin itu perempuan adl anak dan istrinya syah nya.
dia juga punya bukti yg cuma pengacara aja yg boleh liat kalo mau ke jalur hukum.
setelah ketemu semua, intinya sih yaa..

sdra tante I : " adik saya ini mau pisah dg perempuan ini, karna pertama keluarga tidak ada yg mengetahui dan disurat tsb ortu nya palsu
serta adik saya ini sudah punya istri dan anak.
kedua, tidak ada pernikahan beda agama dalam agama kami. ketiga, pernikahan dibawah tekanan dan surat nikah macam ini tidak syah baik agama maupun negara."

kepala adat: " yaudah kalo secara adat, bayar denda adat saja 2x lipat dr pengeluaran saat nikah ( jadi 40jt).

sdra tante I : " ok kami akan bayar denda adat, tp siapa yg jamin kalo anak itu anak adik saya dan siapa yg menjamin kalo setelah membayar adat, ini perempuan tidak akan mengusik keluarga adik saya lg dan tidak ada pemerasan dikemudian hr?
lalu kalo terbukti anak itu bukan anak adik saya, apa konsekuensi nya? apakah kalian siap kami tuntut? makanya kita akan bayar denda adat apabila telah terbukti anak itu anak adik saya,
jgn khawatir masalah biaya DNA, kami semua yg tanggung.

kepala adat: loh ko gtu?

sdra tante I : ya sekarang gini deh, bapa ini kan laki2, kalo posisi bapanya ada di adik saya. bapa lihat dilaptopnya banyak foto2 dia tidur dg lelaki yg berbeda, apa bapa yakin ini anak bapa? ini perempuan ga bener loh, adik saya punya buktinya.
kalo pun mau ke jalur hukum, kami siap. adik saya juga udah pasang bdn kalo dia harus masuk bui tp kalian semua yg namanya ada di surat adat, semua pasti akan kena masuk bui juga."

kepala adat: "jd bgmna sel?"

Pelakor : " saya ga mau pisah, saya maunya si D (sepupu ane) dateng ksini dlu, saya juga ga mau anak saya di tes DNA "

sdra tante I : "ok kalo gtu terserah kamu, saya udah tau jawabannya, kamu takut tes DNA berarti adik saya berkata benar, saya pastikan kamu tidak akan pernah ketemu si D lagi.
kami pun tidak mau bayar adat sebelum tes DNA, dan kamu serta anak kamu tidak mendapat pengakuan dr adik saya dan keluarga kami. kecuali terbukti secara tes DNA dan itupun hanya anak kamu jika anak kamu ikut dg adik saya"


jd menurut sdra tante I ini, kalo kita langsung bayar adat seperti apa yg mereka minta, berarti kita mengakui kesalahan. perempuan ini tinggal dipelosok bgt, mesti menyebrangi sungai mahakam, perjalanan dr tempat sdra tante I itu bisa sampe 12 jam.
dan keadaannya sangat kurang. dan kalo kata sdra tante I sih, udah seperti org miskin yg mimpi jd org kaya. perabotan" di RM sepupu ane udah banyak yg dijual"in sama tu pelakor, pdhl kalo dikelola dg baik mah udh bisa ngehidupin keluarganya,
emang dasar ga bener ya tetep aja ga bener.
sepupu ane ini juga dilarang keras buat ke kalimantan, bisa ga balik lagi katanya sih. sdra tante I ini sampe ke rumah sepupu ane di kota S. dia bawain air yang udh dibacain doa sama guru ngajinya.
setelah di pake mandi dan diminumin air tsb, dilihat lg emang ada tanda2 sperti di "mainin lewat alam gaib" gtu katanya sih.

jd sebenernya sepupu ane ini mau cerita udh lama, tp dia takut sama istri nya, lagi" karna anak. dia takut pisah sama istrinya karna ank"nya, makanya sebisa mungkin dia menutupi semua nya dan coba ngeberesin sendiri dg tdk menafkahi 2bulan sebelum pemanggilan kepala adat
tp malah jd gini, dan anehnya ibu si pelakor ini pun kaget dg kedatangan sdra tante I ini.

aduh ga tau deh ini sinetron apaan, seperti di skenariokan dr pihak pelakor. emoticon-Nohope
sampai saat ini pun sdra tante I bilang, "udah deh lupain aja itu perempuan, kalo dia ngehubungin atau apa cuekin aja. anggap aja ga da apa2,
kita tunggu aja sampe dia mau tes DNA, kalo ga mau juga ywdh cuekin aja, ga usah takut"


jadi menurut kalian bgmna? apakah pandangan kalian sama dg kami kalo sepupu ane emang dijebak? dan menurut kalian kami harus bgmna?
saya minta maaf utk suku dayak jika menyinggung, tapi kalau kondisi nya seperti ini apakah pernikahan seperti itu syah di mata adat (beda agama dan ortu di dokumen tsb palsu)? apakah kami mesti bayar adat juga walau masih abu" tentang anak itu anak siapa, karna seorang di nikah adat krn hamil diluar nikah kan, jd ini masalah anak kan?
dan jika ada yg berprofesi lawyer, pencerahan nya dong kalo kasus kaya gini, siapa" aja yg akan kena sangsi hukum negara?

terimakasih untuk saran, pencerahan dan komentar nya. sekali lagi saya minta maaf jika ada yg tersinggung terutama suku dayak dan sebenarnya ini bukan masalah suku tp individual dlm kelompok.

maaf tulisan berantakan, cerita ini apa adanya ga pake edit"an soalnya.. makasih emoticon-shakehand emoticon-rose
0
4.3K
43
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.9KThread28.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.