Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ArzalAvatar border
TS
Arzal
Arkeolog Indonesia Protes Keras Konser Dream Theater di Prambanan


Jakarta - Kelompok musik cadas, Dream Theater, bakal menggelar konser di pelataran Candi Prambanan. Kelompok arkeolog Indonesia tidak terima dengan penyelenggaraan konser itu, karena konser bisa merusak candi dari abad ke-9 itu.

Dream Theater bakal menggelar konser di pelataran Candi Prambanan pada 29 dan 30 September besok. Padahal candi ini adalah warisan sejarah yang bukan saja dilindungi Indonesia, namun juga dunia, merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Arkeolog Indonesia ini tergabung dalam Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI). Protes ditandatangani oleh Ketua IAAI Wiwin Djuwita Sudjana Ramelan. Doktor arkeologi dari Universitas Indonesia (UI) ini meneken protes pada 26 September 2017.

"Menyampaikan protes keras atas penyelenggaraan Jogjarockarta International Rock Music Festival 2017 di halaman keda Kompleks Candi Prambanan," tulis IAAI, sebagaimana dibaca detikcom pada Kamis (28/9/2017).

Landasan protesnya, candi ini adalah warisan dunia. Selain itu, tempat ini juga tempat sakral umat beragama. Yang mengkhawatirkan, getaran suara dari konser bisa merusak struktur bebatuan yang menyusun candi tua ini.

Pada Agustus lalu, di lokasi pernah diadakan konser Jazz. Konser itu telah melewati ambang batas kebisingan yakni 60 desibel (dB).

Berikut adalah pernyataan sikap IAAI, sebagaimana salinan yang diterima detikcom dari Wiwin Djuwita Sudjana Ramelan, Kamis (28/9/2017), selengkapnya:

PERNYATAAN SIKAP IKATAN AHLI ARKEOLOGI INDONESIA (IAAI)

PERTIMBANGAN-PERTIMBANGAN

1. Pada tanggal 29-30 September 2017 di halaman kedua Candi Prambanan, Sleman, Daerah Khusus Yogyakarta akan diselenggarakan Jogjarockarta International Rock Music Festival 2017.
2. Kompleks Candi Prambanan oleh UNESCO dalam World Heritage Committee 15th Session of the Committe (CONF 002), Carthage 9-13 December 1991 pada tanggal 12 Desember 1991 melalui keputusan nomor No SC-91 CONF 002/15 ditetapkan sebagai World Cultural Heritage.
3. Kompleks Candi Prambanan merupakan situs agama yang memiliki nilai sakral bagi umat Hindu dan halaman dua di mana tempat diadakan pagelaran termasuk wilayah suci karena masih masuk lingkup pagar candi. Secara etika seharusnya pihak penyelenggara memperhatikan nilai kescian yang dapat menyinggung perasaan beragama umat beragama.

4. Berdasarkan hasil kajian Tim Balai Konservasi Borobudur atas Konser Prambanan Jazz 20-21 Agustus 2017 dapat disimpulkan bahwa tingkat kebisingan sudah melebihi ambang batas yang sudah ditentukan karena di atas 60dB. Tingkat getaran 0,04 mm/detik, sementara ambang batas untuk getaran bangunan kuno/bersejarah sebesar 2 mm/detik yang dapat menghasilkan efek merusak pada struktur ikatan batu-batu candi.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia:

1. Menyampaikan protes keras atas penyelenggaraan Jogjarockarta International Rock Music Festival 2017 di halaman keda Kompleks Candi Prambanan.
2. Mendesak agar instansi pemerintah dan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko sebagai pengelola halaman dua Candi Prambanan membatalkan izin penyelenggaraan kegiatan yang telah dikeluarkan.
3. Menyarankan agar Rajawali Indonesia Communication sebagai pihak penyelenggara memindahkan tempat pagelaran konser rock ke tempat lain yang tidak mengganggu warisan budaya dunia serta memenuhi ketentuan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya Pasal 86 bahwa "Pemanfaatan yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan wajib didahului dengan kajian, penelitian, dan/atau analisis mengenai dampak lingkungan" dan ketentuan pidananya.
4. Mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama menghormati situs-situs keagamaan milik masyarakat Indonesia meskipun dalam Undang-Undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya diperbolehkan untuk pemanfaatan lain, yaitu untuk kepentingan agama, sosial, budaya, pendidikan, pariwisata.

Jakarta, 26 September 2017
Ketua Umum,

W Djuwita S Ramelan
(dnu/jbr)

sumber

Waduh, gimana dong? Ada yang nonton gak di sini? Pengen nonton tapi jauh hahaha.
0
21.8K
181
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.