sianakmalesAvatar border
TS
sianakmales
BukaReksa, Layanan Investasi Reksadana Dari BukaLapak Yang Mudah, Aman dan Berkembang
BukaReksa, Layanan Investasi Reksadana Dari BukaLapak Yang Mudah, Aman dan Berkembang

Siapa yang tidak tahu BukaLapak ? Situs jual beli online yang menawarkan keamanan dalam belanja dan bertransaksi. Tapi, sudah tahukah anda bahwa sekarang BukaLapak memiliki layanan terbaru berupa Investasi Reksa Dana yang bernama BukaReksa. Lalu, apa yang dimaksud BukaReksa Itu ? Mari kita simak seperti apa layanan BukaReksa dari BukaLapak ini.

Investasi merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk masa depan anda dan keluarga. Namun, banyak orang beranggapan bahwa Investasi itu susah, mahal dan memiliki resiko tinggi. Apakah benar demikian ? nyatanya TIDAK. Investasi itu macam macam bentuknya ada properti, saham, emas dan lainnya. Salah satu Investasi yang sangat mudah dana man untuk dijalankan adalah Reksadana.



Apa itu Reksadana ?

Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27):

“Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

Dari definisi di atas, terdapat empat unsur penting dalam pengertian Reksadana yaitu:

  • Reksadana merupakan kumpulan dana dan pemilik (investor).
  • Diinvestasikan pada efek yang dikenal dengan instrumen investasi.
  • Reksadana tersebut dikelola oleh manajer investasi.
  • Reksadana tersebut merupakan instrumen jangka menengah dan panjang


Pada reksadana, manajemen investasi mengelola dana-dana yang ditempatkannya pada surat berharga dan merealisasikan keuntungan ataupun kerugian dan menerima dividen atau bunga yang dibukukannya ke dalam “Nilai Aktiva Bersih” (NAB) reksadana tersebut.

NAB (Nilai Aktiva Bersih) merupakan salah satu tolak ukur dalam memantau hasil dari suatu Reksa Dana. NAB per saham/unit penyertaan adalah harga wajar dari portofolio suatu Reksadana setelah dikurangi biaya operasional kemudian dibagi jumlah saham/unit penyertaan yang telah beredar (dimiliki investor) pada saat tersebut.

Kekayaan reksadana yang dikelola oleh manajer investasi tersebut wajib untuk disimpan pada bank kustodian yang tidak terafiliasi dengan manajer investasi. Di mana bank kustodian inilah yang akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan administratur.

Bank kustodian atau disingkat kustodian adalah suatu lembaga yang bertanggung jawab untuk mengamankan aset keuangan dari suatu perusahaan ataupun perorangan. Bank kustodian ini akan bertindak sebagai tempat penitipan kolektif dan dari asset seperti saham, obligasi, serta melaksanakan tugas administrasi seperti menagih hasil penjualan, menerima deviden, mengumpulkan informasi mengenai perusahaan acuan seperti misalnya rapat umum pemegang saham tahunan, menyelesaikan transaksi penjualan dan pembelian, melaksanakan transaksi dalam valuta asing apabila diperlukan, serta menyajikan laporan atas seluruh aktivitasnya sebagai kustodian kepada kliennya.

Biasa juga disebut dengan bank kustodian ‘global, apabila bank kustodian tersebut mengelola aset yang berasal dari berbagai penjuru dunia dengan beragam jurisdiksi melalui berbagai cabangnya diberbagai penjuru dunia. Aset yang tersebar demikian biasanya dimiliki oleh dana pensiun.

Sedangkan, Manajemen investasi adalah manajemen profesional yang mengelola beragam sekuritas atau surat berharga seperti saham, obligasi dan aset lainnya seperti properti dengan tujuan untuk mencapai target investasi yang menguntungkan bagi investor. Investor tersebut dapat berupa institusi ( perusahaan asuransi, dana pensiun, perusahaan dll) ataupun dapat juga merupakan investor perorangan, di mana sarana yang digunakan biasanya berupa kontrak investasi atau yang umumnya digunakan adalah berupa kontrak investasi kolektif (KIK) seperti reksadana.

Lingkup jasa pelayanan manajemen investasi adalah termasuk melakukan analisis keuangan, pemilihan aset, pemilihan saham, implementasi perencanaan serta melakukan pemantauan terhadap investasi.

Di luar industri keuangan, terminologi “manajemen investasi merujuk pada investasi lainnya selain daripada investasi dibidang keuangan seperti misalnya proyek, merek, paten dan banyak lainnya selain daripada saham dan obligasi.”

Manajemen investasi merupakan suatu industri global yang sangat besar serta memegang peran penting dalam pengelolaan triliunan dollar, euro, pound dan yen.



Apa Itu BukaReksa ?

BukaReska yang merupakan layanan terbaru yang ditawarkan oleh BukaLapak kepada para penjual dan pembeli yang terdaftar di situsnya merupakan bentuk dari Investasi Reksadana. BukaLapak bekerjasama dengan Bareksa sebagai Agen Penjual Reksa Dana yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan CIMB Principal Asset Management (CPAM) sebagai Manajer Investasi yang mengelola dana investasi produk CIMB-Principal BukaReksa Pasar Uang.

BukaLapak menawarkan kemudahan berinvestasi melalui sistem BukaDompet yang telah disediakan disitusnya. Dalam pengumumannya BukaLapak menjanjikan penghasilan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan konventional yang terdapat pada berbagai Bank di tanah air. BukaReksa sendiri dapat dikategorikan sebagai Reksadana Online yang dihubungkan dengan sebuah situs jual beli online.



Apa Itu Reksadana Online ?

Reksadana Online merupakan proses Investasi Reksadana yang di lakukan secara online. Memasuki tahun 2014, “Reksadana Online” baru mulai marak. Untuk pertama kali pembukaan rekening, kini tetap harus tatap muka, tetapi selanjutnya pembelian maupun penjualan kembali reksadana dapat dilakukan secara online, di mana tidak diperlukan penyerahan dokumen apapun dan tentunya tidak perlu menemui Manajer Investasi ataupun Agen Penjualnya.

Seperti halnya Agen Penjual, maka Reksadana Online tidak mengutip biaya apapun, tetapi Selling Fee (ketika membeli) dan Redemption Fee (ketika menjual) tetap harus dibayar (atau memotong jumlah Reksadana atau Uang kita). Cut-off time pembelian dan penjualan Reksadana Online adalah sama dengan reksadana biasa, yaitu Pukul 13.00 dan jika kurang dari itu berarti onlinenya belum sempurna dan harus dihindari. Reksadana Online jauh lebih aman daripada Internet Banking, karena seperti halnya Internet Banking yang menggunakan Username dan Password, mungkin juga dilengkapi dengan Token dan semuanya berhubungan langsung dengan Rekening Kita dan tak ada hubungannya dengan Rekening Orang lain.



Apa Manfaat Investasi Reksadana Melalui BukaReksa ?

Secara umum Reksadana memiliki 5 manfaat sebagai salah satu alternative investasi di Indonesia, antara lain sebagai berikut :

Dikelola oleh manajemen profesional

Pengelolaan portofolio suatu Reksa Dana dilaksanakan oleh Manajer Investasi yang memang mengkhususkan keahliannya dalam hal pengelolaan dana. Peran Manajer Investasi sangat penting mengingat Pemodal individu pada umumnya mempunyai keterbatasan waktu, sehingga tidak dapat melakukan riset secara langsung dalam menganalisa harga efek serta mengakses informasi ke pasar modal.

Diversifikasi investasi

Diversifikasi atau penyebaran investasi yang terwujud dalam portofolio akan mengurangi risiko (tetapi tidak dapat menghilangkan), karena dana atau kekayaan Reksa Dana diinvestasikan pada berbagai jenis efek sehingga risikonya pun juga tersebar. Dengan kata lain, risikonya tidak sebesar risiko bila seorang membeli satu atau dua jenis saham atau efek secara individu.

Transparansi informasi

Reksa Dana wajib memberikan informasi atas perkembangan portofolionya dan biayanya secara kontinyu sehingga pemegang Unit Penyertaan dapat memantau keuntungannya, biaya, dan risiko setiap saat.Pengelola Reksa Dana wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) nya setiap hari di surat kabar serta menerbitkan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan serta prospektus secara teratur sehingga Investor dapat memonitor perkembangan investasinya secara rutin.

Likuiditas yang tinggi

Agar investasi yang dilakukan berhasil, setiap instrumen investasi harus mempunyai tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Dengan demikian, Pemodal dapat mencairkan kembali Unit Penyertaannya setiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing Reksadana sehingga memudahkan investor mengelola kasnya. Reksadana terbuka wajib membeli kembali Unit Penyertaannya sehingga sifatnya sangat likuid.

Biaya Rendah

Karena reksadana merupakan kumpulan dana dari banyak pemodal dan kemudian dikelola secara profesional, maka sejalan dengan besarnya kemampuan untuk melakukan investasi tersebut akan menghasilkan pula efisiensi biaya transaksi.

Biaya transaksi akan menjadi lebih rendah dibandingkan apabila Investor individu melakukan transaksi sendiri di bursa.

Namun, seperti halnya penawaran atau promosi yang dilakukan suatu perusahaan. BukaLapak memiliki beberapa manfaat Investasi melalui layanannya yang bernama BukaReksa. Berikut ini adalah manfaat yang dikutip dari pengumuman mengenai layanan BukaReksa di situs BukaLapak :



Minimum Dana Sangat Terjangkau

Untuk berinvestasi Reksa Dana di BukaReksa kamu hanya butuh dana minimal Rp10.000 saja. Nilai ini jauh di bawah rata-rata dana minimum pembelian Reksa Dana pada umumnya.

Proses Transaksi Sangat Mudah

Dalam bertransaksi di BukaReksa, prosesnya sangat mudah. Kamu bisa melakukan transaksi kapanpun, di manapun, dengan mudah dan cepat lewat website Bukalapak.

Imbal Hasil yang Menarik dan Dapat Dicairkan Kapan Saja

Kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang relatif lebih tinggi, jika dibandingkan dengan Deposito Berjangka. Menariknya, kamu bebas mencairkan uangnya kapan saja langsung ke rekening pribadi kamu tanpa ada batas waktu jatuh tempo. Berarti kalau kamu butuh uang mendadak, bukan lagi menjadi masalah.

Minim Resiko

Reksa Dana Pasar Uang relatif memiliki minim resiko jika dibandingkan dengan produk investasi langsung seperti obligasi dan saham. Pengelola Reksa Dana akan melakukan investasi ke berbagai instrumen yang berkembang agar imbal hasil (return) yang kamu dapatkan menjadi lebih maksimal.

Tidak Ada Biaya Transaksi

Kamu bisa melakukan pembelian dan penjualan kembali produk Reksa Dana Pasar Uang kapan saja tanpa dikenakan biaya transaksi.



Bagaimana sangat menggiurkan bukan? Itulah yang dinamakan promosi. Bagaimana cara membuat orang tertarik dengan layanan yang mereka berikan. Namun, yang perlu anda ketahui Investasi Reksadana bukan berarti tanpa risiko.



Risiko Investasi Reksadana

Sebagai individu yang ingin melakukan Investasi Reksadana sudah sepatutnya anda mengenali jenis-jenis risiko yang mungkin timbul dari Investasi Reksadana tersebut. Berikut kami rangkum beberapa Risiko Investasi Reksadana :

Risiko menurunnya NAB (Nilai Aktiva Bersih) Unit Penyertaan

Penurunan ini disebabkan oleh harga pasar dari instrumen investasi yang dimasukkan dalam portofolio Reksadana tersebut mengalami penurunan dibandingkan dari harga pembelian awal. Penyebab penurunan harga pasar portofolio investasi Reksadana bisa disebabkan oleh banyak hal, di antaranya akibat kinerja bursa saham yang memburuk, terjadinya kinerja emiten yang memburuk, situasi politik dan ekonomi yang tidak menentu, dan masih banyak penyebab fundamental lainnya.

Risiko Likuiditas

Potensi risiko likuiditas ini bisa saja terjadi apabila pemegang Unit Penyertaan reksadana pada salah satu Manajer Investasi tertentu ternyata melakukan penarikkan dana dalam jumlah yang besar pada hari dan waktu yang sama. Istilahnya, Manajer Investasi tersebut mengalami rush (penarikan dana secara besar-besaran) atas Unit Penyertaan reksadana. Hal ini dapat terjadi apabila ada faktor negatif yang luar biasa sehingga memengaruhi investor reksadana untuk melakukan penjualan kembali Unit Penyertaan reksadana tersebut. Faktor luar biasa tersebut di antaranya berupa situasi politik dan ekonomi yang memburuk, terjadinya penutupan atau kebangkrutan beberapa emiten publik yang saham atau obligasinya menjadi portofolio Reksadana tersebut, serta dilikuidasinya perusahaan Manajer Investasi sebagai pengelola Reksadana tersebut.

Risiko Pasar

Risiko Pasar adalah situasi ketika harga instrumen investasi mengalami penurunan yang disebabkan oleh menurunnya kinerja pasar saham atau pasar obligasi secara drastis. Istilah lainnya adalah pasar sedang mengalami kondisi bearish, yaitu harga-harga saham atau instrumen investasi lainnya mengalami penurunan harga yang sangat drastis. Risiko pasar yang terjadi secara tidak langsung akan mengakibatkan NAB (Nilai Aktiva Bersih) yang ada pada Unit Penyertaan Reksadana akan mengalami penurunan juga. Oleh karena itu, apabila ingin membeli jenis Reksadana tertentu, Investor harus bisa memperhatikan tren pasar dari instrumen portofolio Reksadana itu sendiri.

Risiko Default

Risiko Default terjadi jika pihak Manajer Investasi tersebut membeli obligasi milik emiten yang mengalami kesulitan keuangan padahal sebelumnya kinerja keuangan perusahaan tersebut masih baik-baik saja sehingga pihak emiten tersebut terpaksa tidak membayar kewajibannya. Risiko ini hendaknya dihindari dengan cara memilih Manajer Investasi yang menerapkan strategi pembelian portofolio investasi secara ketat.



Meskipun memiliki risiko jangan jadikan ini sebagai penghalang anda untuk berinvestasi. Risiko dapat anda minimalisir dengan berbagai cara salah satunya dengan memahami ilmu manajemen risiko.



Cara Mendaftar dan Berinvestasi di BukaReksa

Sebelum mendaftar pastikan terlebih dahulu anda telah terdaftar sebagai pelanggan maupun penjual di BukaLapak. Berikut ini adalah cara mendaftar layanan BukaReksa di kutip dari halaman pengumuman di situs BukaLapak :

Pilih menu BukaReksa.
Klik Daftar Sekarang, dan isi form registrasi sesuai dengan data-data yang diminta.
Setelah data kamu dinyatakan lengkap, maka kamu akan mendapatkan e-mail pemberitahuan bahwa pembukaan rekening Reksa Dana kamu telah disetujui.
Login menggunakan akun Bukalapak dan pilih BukaReksa pada menu MyLapak atau pada halaman BukaDompet.
Pilih menu Produk dan Klik Beli.
Masukkan nominal uang yang ingin disimpan ke dalam rekening Reksa Dana kamu. (nominal yang kamu masukkan akan diambil dari saldo BukaDompet milikmu)
Nominal yang kamu ajukan akan diproses oleh sistem.
Masuk ke rekening Reksa Dana kamu sesuai dengan Nilai Aktiva Bersih pembelian yang berlaku.
0
49.8K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Penawaran Kerjasama & Investasi
Penawaran Kerjasama & InvestasiKASKUS Official
28.5KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.