News
Batal
KATEGORI
link has been copied
494
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5996e2efc0d7704a0a8b456b/saat-saat-terakhir-bung-karno-terusir-dari-istana-negara
“Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas
Lapor Hansip
18-08-2017 19:51

Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara

Past Hot Thread
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara

NUSANTARANEWS.CO – “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno, 1967)

Tak lama setelah mosi tidak percaya parlemen bentukan Nasution di tahun 1967 dam MPRS menunjuk Suharto sebagai Presiden RI, Bung Karno menerima surat untuk segera meninggalkan Istana dalam waktu 2X24 Jam.

Bung Karno tidak diberi waktu untuk menginventarisir barang-barang pribadinya. Wajah-wajah tentara yang mengusir Bung Karno tidak bersahabat lagi. “Bapak harus cepat meninggalkan Istana ini dalam waktu dua hari dari sekarang!”.

Bung Karno pergi ke ruang makan dan melihat Guruh sedang membaca sesuatu di ruang itu. “Mana kakak-kakakmu” kata Bung Karno. Guruh menoleh ke arah Bapaknya dan berkata “Mereka pergi ke rumah Ibu”.

Rumah Ibu yang dimaksud adalah rumah Fatmawati di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru. Bung Karno berkata lagi “Mas Guruh, Bapak tidak boleh lagi tinggal di Istana ini lagi, kamu persiapkan barang-barangmu, jangan kamu ambil lukisan atau hal lain, itu punya negara”. Kata Bung Karno,

Bung Karno lalu melangkah ke arah ruang tamu Istana, disana ia mengumpulkan semua ajudan-ajudannya yang setia. Beberapa ajudannya sudah tidak kelihatan karena para ajudan bung karno sudah ditangkapi karena diduga terlibat Gestapu. “Aku sudah tidak boleh tinggal di Istana ini lagi, kalian jangan mengambil apapun, Lukisan-lukisan itu, Souvenir dan macam-macam barang. Itu milik negara.”

Semua ajudan menangis saat tau Bung Karno mau pergi “Kenapa bapak tidak melawan, kenapa dari dulu bapak tidak melawan…” Salah satu ajudan separuh berteriak memprotes tindakan diam Bung Karno.

“Kalian tau apa, kalau saya melawan nanti perang saudara, perang saudara itu sulit jikalau perang dengan Belanda jelas hidungnya beda dengan hidung kita. Perang dengan bangsa sendiri tidak, wajahnya sama dengan wajahmu…keluarganya sama dengan keluargamu, lebih baik saya yang robek dan hancur daripada bangsa saya harus perang http://nusantaranews.co/saat-saat-te...istana-negara/ emoticon-rose emoticon-Frown emoticon-Frown
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 25
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:21
yup kesalahannya sepele, knp tdk melawan, pdhl klo digempur dr awal, pasukan harto cm sedikit, apalg klo dibantu rakyat yg msh loyal kpd beliau....
ah sudahlah, sejarah sudh terukir...emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:21
kalao mencari sisi buruknya, itulah pikiran kita yg buruk, coba sama siapa aja cari sisi baiknya... Ea.. emoticon-Hansipemoticon-Hansip
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:21
harusnya yg gantiin Soekarno waktu itu Ahmad Yani yang waktu itu menjabat Kepala Staff AD
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:26
Terlepas dari kontroversi campur tangan suharto atau bukan, yang pasti sukarno lengser juga karena kesalahan beliau juga ... inflasi besar2an, harga2 melambung, situasi politik dan keamanan makin buruk, kapitalisme makin kuat, dan paling tidak masuk akal adalah pengangkatan presiden seumur hidup ... puncaknya mahasiswa unjuk rasa nuntut tritura dan meminta beliau lengser ... tapi beliau ga langsung menyatakan diri lengser ... sidang mprs yang memutuskan beliau harus lengser dan digantikan oleh suharto ...

Hal serupa pun dialami oleh presiden suharto ... diujung2 masa kekuasaannya situasi ekonomi, politik dan keamanan makin ga karuan ... sampai akhirnya mahasiswa unjuk rasa lagi meminta beliau lengser ... bedanya beliau langsung menyatakan mundur, ga perlu nunggu sidang mpr ...

Dua2nya tokoh yang membangun bangsa ... dan membesarkan bangsa ... salam hormat untuk beliau berdua ...
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:26
Quote:Original Posted By xioafreedom
Kak, jendral2 yg dibunuh sama djakrabirawa itu jendral2 yg pro Soekarno lho, jadi menurut saya sih bukan Soekarno yg nyuruh. Justru yg selamat jendral Nasution itu yg pro Soeharo. Well itu pendapat saya ya. Saya dengar juga dari veteral tetangga saya juga begitu.
Tapi yah gitu, sejarah Soekarno, Soeharto, PKI itu simpang siur sih. Jadi monggo kalo mau berargumen
Pokoknya saya gk begitu percaya sama sejarah yg ada di buku pelajaran sekolah. Itu nutupin boroknya para petinggi negara kita dulu.
Tapi kebohongannya sih perlu. Kalo gk gitu ntar anak SD yg masih polos jadi kurang cinta sama negara kalo tahu boroknya bangsa kita dulu

Baik Soekarno maupun Soeharto punya kesalahan besar tapi inget jasa mereka besar
Monggo dipikir baik2


Nasution pro Harto? kata sapa? setau ane dr sejarah kampus ane ber2 itu tdk cocok oleh krn itu Dicari figur ditengah sebagai jembatannya. dari situ ane tau kalau pak Nas besebrangan Dan Harto.....
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:27
Quote:Original Posted By xioafreedom

Kak, jendral2 yg dibunuh sama tjakrabirawa itu jendral2 yg pro Soekarno lho, jadi menurut saya sih bukan Soekarno yg nyuruh. Justru yg selamat jendral Nasution itu yg pro Soeharo. Well itu pendapat saya ya. Saya dengar juga dari veteral tetangga saya juga begitu.
Tapi yah gitu, sejarah Soekarno, Soeharto, PKI itu simpang siur sih. Jadi monggo kalo mau berargumen
Pokoknya saya gk begitu percaya sama sejarah yg ada di buku pelajaran sekolah. Itu nutupin boroknya para petinggi negara kita dulu.
Tapi kebohongannya sih perlu. Kalo gk gitu ntar anak SD yg masih polos jadi kurang cinta sama negara kalo tahu boroknya bangsa kita dulu

Baik Soekarno maupun Soeharto punya kesalahan besar tapi inget jasa mereka besar
Monggo dipikir baik2


kebalik de, jendral jendral yg dibunuh itu yg membangkang sukarno, karena gak mau ngirim tentara ke malaysia, ditambah lagi mereka gak mau ngasih senjata ke angkatan kelima
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:28
hmm nice info
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:29
Katanya bpk soekarno msh punya emas ??
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:29
ntah benar tau tidak artikel tersebut, yang pasti Bung Karno pernah berpesan bahwa perjuangan kita lebih sulit karena kita harus melawan bangsa kita sendiri.
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:29
Quote:Original Posted By ungkaz
Jasa jasanya dilupakan begitu saja emoticon-norose


mana ada, ngayal jangan kebablasan.

soekarno jelas masih disebut pahlawan nasional di berbagai buku bahkan terbitan jaman soeharto.
gak ada larangan ato upaya penghapusan jasa.

satu lagi,
coba baca lagi sejarah yang lebih detail, terutama yang memuat kondisi ekonomi di akhir pemerintahan soekarno yang parah.
dan itu fakta sejarah.
makanya soekarno turun pun gak banyak rakyat yang berontak.
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:30
Quote:Original Posted By permberontak98


Sukarno emang waktunya segera digantikan
tapi sayangnya pengganti2 sukarno gugur semua
-Ahmad yani tewas
-Nasution disingkirkan hartot
-Tan Malaka dibunuh pasukan siliwangi karena dikira kelompoknya Muso
-dr. Leimena nonmuslim, auto gugur

alhasil yang naik si hartot, eks penyelundup karet pas jaman dwikora.
Makanya indonesia jadi Over-Kapitalistik sampai sekarang emoticon-Nohope


Waduh om analisanya agak ngaco nih, terutama bagian Jendral Nasution.
Perlu diperjelas bahwa Bung Karno turun dikarenakan mosi tidak percaya MPRS kepada Bung Karno, ketuanya saat itu adalah Jendral Nasution. Gimana ceritanya Jendral Nasution disingkirin Pak Harto?? Dan yang tunjuk Pak Harto sebagai penggantinya adalah Jendral Nasution.

0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:31
Quote:Original Posted By monasku
Nasution pro Harto? kata sapa? setau ane dr sejarah kampus ane ber2 itu tdk cocok oleh krn itu Dicari figur ditengah sebagai jembatannya. dari situ ane tau kalau pak Nas besebrangan Dan Harto.....


pak Nasution juga salah satu Jendral yg masuk daftar untuk di bunuh, tapi berhasil lolos dan Ajudan nya Pierre Tendean yg di bunuh
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:33
Quote:Original Posted By permberontak98
Sukarno emang waktunya segera digantikan
tapi sayangnya pengganti2 sukarno gugur semua
-Ahmad yani tewas
-Nasution disingkirkan hartot
-Tan Malaka dibunuh pasukan siliwangi karena dikira kelompoknya Muso
-dr. Leimena nonmuslim, auto gugur

alhasil yang naik si hartot, eks penyelundup karet pas jaman dwikora.
Makanya indonesia jadi Over-Kapitalistik sampai sekarang emoticon-Nohope

Ahmad yani juga amerika sentris loh gan, cb cari2 refrensi tentang ahmad yani.
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:35
Saat itulah freeport bisa masuk ke papua... karena klo papua masih dibawah belanda, boro2 freeport bisa nambang emas hitam.
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:35
Quote:Original Posted By l4d13put
gara-gara ngirim Tjakrabirawa buat culik & bunuh para jendral, udah gitu anak kecil ditembak pula


Logika cah gemblung codot....
Korban hoax n micin
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:36
Memang saat itu beliau sudah waktunya turun, ekonomi kacau, stabilitas keamanaan kacau, wajar saja kalau MPRS sampai menerbitkan TAP MPRS terkait pemberhentian Beliau. Tanpa mengurangi hormat atas jasa beliau.
Inflasi sampai 650%, normalnya dibawah 10%. Kesalahan beliau karena terlalu dekat dengan Negara - negara komunis seperti Cina, Uni Soviet, Kuba dll. Samapi beliau membuat NASAKOM.
Kekuasaan didunia tidak ada yang abadi.
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:37
yg lebih miris pak karno baru diumumkan sebagai pahlawan sekaligus proklamator pada tahun 1999 cmiw
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:37
Quote:Original Posted By fajarnews17
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara

NUSANTARANEWS.CO – “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno, 1967)

Tak lama setelah mosi tidak percaya parlemen bentukan Nasution di tahun 1967 dam MPRS menunjuk Suharto sebagai Presiden RI, Bung Karno menerima surat untuk segera meninggalkan Istana dalam waktu 2X24 Jam.

Bung Karno tidak diberi waktu untuk menginventarisir barang-barang pribadinya. Wajah-wajah tentara yang mengusir Bung Karno tidak bersahabat lagi. “Bapak harus cepat meninggalkan Istana ini dalam waktu dua hari dari sekarang!”.

Bung Karno pergi ke ruang makan dan melihat Guruh sedang membaca sesuatu di ruang itu. “Mana kakak-kakakmu” kata Bung Karno. Guruh menoleh ke arah Bapaknya dan berkata “Mereka pergi ke rumah Ibu”.

Rumah Ibu yang dimaksud adalah rumah Fatmawati di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru. Bung Karno berkata lagi “Mas Guruh, Bapak tidak boleh lagi tinggal di Istana ini lagi, kamu persiapkan barang-barangmu, jangan kamu ambil lukisan atau hal lain, itu punya negara”. Kata Bung Karno,

Bung Karno lalu melangkah ke arah ruang tamu Istana, disana ia mengumpulkan semua ajudan-ajudannya yang setia. Beberapa ajudannya sudah tidak kelihatan karena para ajudan bung karno sudah ditangkapi karena diduga terlibat Gestapu. “Aku sudah tidak boleh tinggal di Istana ini lagi, kalian jangan mengambil apapun, Lukisan-lukisan itu, Souvenir dan macam-macam barang. Itu milik negara.”

Semua ajudan menangis saat tau Bung Karno mau pergi “Kenapa bapak tidak melawan, kenapa dari dulu bapak tidak melawan…” Salah satu ajudan separuh berteriak memprotes tindakan diam Bung Karno.

“Kalian tau apa, kalau saya melawan nanti perang saudara, perang saudara itu sulit jikalau perang dengan Belanda jelas hidungnya beda dengan hidung kita. Perang dengan bangsa sendiri tidak, wajahnya sama dengan wajahmu…keluarganya sama dengan keluargamu, lebih baik saya yang robek dan hancur daripada bangsa saya harus perang http://nusantaranews.co/saat-saat-te...istana-negara/ emoticon-rose emoticon-Frown emoticon-Frown


pengorbanan yg begtu besaremoticon-Turut Berduka

Seperti pengorbanan dia ke aneemoticon-Malu
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:38
Quote:Original Posted By monasku


Nasution pro Harto? kata sapa? setau ane dr sejarah kampus ane ber2 itu tdk cocok oleh krn itu Dicari figur ditengah sebagai jembatannya. dari situ ane tau kalau pak Nas besebrangan Dan Harto.....

Saya kata 2 orang tetangga saya. Meraka dulunya berpangkat letkol sama letnan yg termasuk bawahan Nasution sendiri. waktu akhir masa kekuasaan Soekarno . Sekarang sih jadi pengusaha lokal. Saya gk mau nyebut nama gan. Itu privasi mereka. Mereka kalo cerita sampe nangis2 gitu.

Bener kalo Soekarno itu codong berpohak ke timur waktu itu/ Soviet. Tapi inget negara kita waktu itu masih muda umurnya. Masih banyak negara lain yg belum mengakui kemerdekaan indonesia.salah satu Syarat adanya berdirinya negara itu adalah diakui sama negara2 lain. Soekarno waktu itu pilih blok timur biar dibantu dan dapet dukungan/ pengakuan dari negara lain. Konflik Irian barat juga Indonesia dibantu Soviet. Efek sampingnya ya.... Indonesia harus membuka pintu bagi paham komunis/Soviet dalam hal ini mungkin yg ngasih ya pk Soekarno
0 0
0
Saat-Saat Terakhir Bung Karno Terusir dari Istana Negara
24-09-2017 19:39
Gw kurang menguasai masalah sejarah Soekarno.
0 0
0
Halaman 3 dari 25
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia