Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

micronesia.Avatar border
TS
micronesia.
Gunung Agung Awas, Gubernur Bali Tetapkan Tanggap Darurat Provinsi


Klungkung - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menetapkan tanggap darurat bencana Gunung Agung. Artinya, status awas Gunung Agung dan pengungsian menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi.

"Jadi kita sudah menyatakan ini sebagai satu bencana provinsi Bali dan semua Bupati sudah standby untuk ikut menangani dan mengurusi bencana ini," kata Pastika di Pos Pengungsian GOR Swacepura, Klungkung, Bali, Minggu (24/9/2017).

Pastika memperkirakan sudah ada 25 ribu pengungsi yang tersebar di lebih dari 120 titik pengungsian. Jika Gunung Agung meletus, Ia menyatakan pengungsi bisa mencapai lebih dari 70 ribu jiwa.

"Sekitar 70 ribu jiwa, minimal kalau terjadi letusan dan tergantung besar-kecilnya letusan. Ini tidak ada yang bisa prediksi berapa lama, bahkan Gunung Kelud baru dinyatakan awas dan 2 jam kemudian meletus," ujar Pastika.

Dengan penetapan tanggap darurat bencana Gunung Agung menjadi provinsi, Pastika mengambil alih komando penanggulangan dan kegawatdaruratan bersama BPBD Bali. Tahap penanggulangan telah memasuki agenda konsolidasi pendataan.

"Sekarang pemerintahan provinsi saya pindah ke Tanah Ampo, Karangasem, untuk menjadi posko di sana. Ada satgasnya dan mudah-mudahan ini bisa kita bekerja dengan baik sehingga tidak ada korban dan hal-hal yang dapat merugikan kita," ucap Pastika.

"Tanggap darurat sekarang masuk ke tahap konsolidasi pendataan, baru tahap rekonsiliasi dan rehabilitasi. Pemprov siap, pemerintah pusat siap, hari ini Kemenko Kemaritiman dan kemarin Kementeiran ESDM sudah ke sini," ungkapnya. (vid/fjp)

Sumber: https://m.detik.com/news/berita/3656...rurat-provinsi
0
3.8K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.4KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.