Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

supercopyuhuyAvatar border
TS
supercopyuhuy
Saat Patung Ratu Anna De Kyiv Berkostum Tradisional Indonesia
Saat Patung Ratu Anna De Kyiv Berkostum Tradisional Indonesia


KedaiPena.Com – Patung Queen Anna de Kyiv yang terletak di jantung Kota Kyiv, Ukraina disematkan kostumtradisional Indonesia dalam sebuah kegiatan bertema: Ceremony of the Dressing-Up of Queen Anna Sculpture with The Indonesian Traditional Costume.

Upacara penyematan kostumpada patung setinggi 3 meter ini dipimpin oleh Duta Besar RI untuk Ukraina, Prof.DR.Yuddy Chrisnandi, Senin sore pada tanggal 18 September 2017 lalu.

Hadir dalam upacara tersebut pejabat Kota Kyiv, pejabat kementerian terkait dari Ukraina seperti dari Kementerian Kebudayaan, Kementerian Pendidikandan Teknologi Ukraina.

Hadir juga kalangan diplomatik seperti Duta Besar Malaysia untuk Ukraina Datuk Ayauf Bachi. Tampak hadir rombongan Pemerintah Kota Bekasi yang sedang berkunjung ke Ukraina dipimpin oleh Walikota Bekasi Rahmat Effendi.

Ceremony of the Dressing-Up of Queen Anna Sculpture with The Indonesian Traditional Costume merupakan puncak sekaligus penutupan kegiatan Indonesia Week yang merupakanajang promosi Indonesia di Ukraina.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan atraksi tarian tradisionalIndonesia di taman kota Lviv Square, di Kota Kyiv tempatberdirinya patung kebangga warga Ukraina tersebut.

Upacara penyematan dibuka dengan sambutan dari pejabat Kota Kyiv, Oleg Gariaga yang menyampaikan penghormatan warga Kota Kyiv terhadap diplomasi budaya yang dilakukan KBRI Kyiv. Menurut Oleg Gariaga, penyematan kostum tradisionalIndonesia pada Patung kebanggaan Kota Kyiv adalah simbol persahabatan Ukraina Indonesia.

Sementara itu, Dubes Yuddy dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dapat mendekatkan hubungan antara 240 juta orang Indonesia dengan 45 juta lebih bangsa Ukraina dalam suatukondisi yang aman dan sejahtera (prosperity and peace) di kedua negara.

Diharapkan, kerjasama di bidang ekonomi, pendidikan, turisme dan kebudayaan yang selama ini telah terjalin denganbaik dapat lebih meningkat lagi. Dalam kesempatan tersebut, juga dikukuhkan pengurus Diaspora Indonesia di Ukraina yang diwakili oleh Prabowo Himawan, seorang WNI yang telah tinggal di Kyiv selama lebih dari 20 tahun.

Ceremony of the Dressing-Up of Queen Anna Sculpture with The Indonesian Traditional Costume dimeriahkan dengan tarian Bali Margapati yang dibawakan oleh Puput Ratri Widayanti. Acara dilanjutkan dengan tarian Sunda “Sintren” yang dibawakan oleh Ayesha Fatma Nandira serta Annastasiia salah seorang warga Kyiv yang dapat menari tradisional Indonesia.

Indonesia Week atau Pekan Indonesia adalah hajat tahunan KBRI Kyiv dalam rangka mengenalkan budaya Indonesia di Ukraina. Kegiatan tersebut biasanya diisi dengan atraksi dan pagelaran budaya Indonesia yang dibawakan oleh seniman Indonesia dan Ukraina. Pada tahun 2017, kegiatan Indonesia Week berlangsung dari tanggal 11 hingga 18 September 2017.

Pembukaan Indonesia Week 2017 digelar pada hari Senin 11 September 2017, di Triptych Global Arts Workshop, Andriyivskyy Uzviz sebuah galeri seni terkemuka di Kota Kyiv.

Kegiatan tersebut dimeriahkan dengan berbagai pertunjukanseperti unjuk kebolehan membatik oleh Emira, seorang warga Ukraina yang piawai membatik hingga pertunjukan taritradisional Indonesia.

Yang menarik dalam Indonesia Week 2017, juga digelarpeluncuran buku “Sejarah Indonesia” oleh seorang pakar tentang politik Indonesia, Anton Galushhka Adaykin, PhD dariInstitute of Eastern Studies Krimskiyy National Academy of Science, Ukraine.

Dalam bukunya, ia menulis tentang persamaan proses kedua bangsa dalam kemerdekaan dan demokratisasi. Menurut Anton, kedua negara, walaupun berada di dua benua yang berbeda namun mempunyai banyak persamaan sehingga penting untuk saling bertukar pikiran.

Selain itu, selama berlangsungnya kegiatan Indonesia Week 2017, Pengunjung yang kebanyakan warga Ukraina dapat menikmati berbagai artefaks tradisional Indonesia sepertiangklung dan degung dari Jawa Barat, Gamelan dari Jawa sertapatung Saraswati dari Bali hingga motif batik dari berbagai tempat di tanah air.

Kegiatan Indonesia Week 2017 ditutup secara simbolis hari Senin (18/9) oleh Duta Besar RI untuk Ukraina Prof DR Yuddy Chrisnandi di pusat kota Kyiv, Lviv Square, Ukraina dengan upacara penyematan pakaian tradisional Indonesia pada Patung Anna de Kyiv.

Anna de Kyiv atau dalam Bahasa Inggris, Anna of Kiev lahir dengan nama Anna Yaroslavna adalah sosok yang dihormati di Benua Eropa. Lahir sebagai wanita terhormat dari Kyiv yang hidup pada abad 10, Anna menikah dengan raja Perancis, Henry I dan dianggap sebagai sosok yang dihormati baik oleh bangsa Ukraina, Perancis hingga Rusia.

Queen Anna diabadikan dalam patung yang berlokasi di jantung kota Kyiv pada sebuah taman kota bernama Lviv Square. Indonesia diberikan kehormatan untuk pertama kalinya menyematkan kostum tradisional Indonesia pada patung Anna de Kyiv sebagai bentuk penghargaan kepada hubungan baik kedua bangsa.


Sumur : http://kedaipena.com/laporan-dari-uk...nal-indonesia/
0
2.7K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.