Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Telinga Agan Sakit Setelah Berenang? Ini Cara Mengatasinya

KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
Telinga Agan Sakit Setelah Berenang? Ini Cara Mengatasinya
Telinga Agan Sakit Setelah Berenang? Ini Cara Mengatasinya

Berenang adalah kegiatan yang menyehatkan dan juga seru Gan. Tapi terkadang ada bahaya dari kegiatan ini, yaitu jika Agan mengalami sakit telinga setelah berenang.

Sakit telinga yang timbul ada berbagai jenis yaitu sakit telinga dalam dan sakit telinga luar. Pada kasus sakit telinga dalam, hal ini disebabkan masuknya air ke dalam telinga sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman. Hal ini bisa mengakibatkan bakteri dan jamur dengan bebas berkembang biak dan menimbulkan rasa sakit. Sedangkan pada kasus sakit telinga luar, air yang mengandung bakteri akan merusak kulit di saluran telinga. Penyakit ini juga biasa disebut dengan swimmer’s ear (telinga perenang).

Cara mengobati sakit telinga setelah berenang

Telinga Agan Sakit Setelah Berenang? Ini Cara Mengatasinya
Jika Agan merasakan sakit telinga, maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter khususnya dokter spesialis THT. Agan akan mendapatkan resep untuk obat tetes telinga, obat ini mengandung antibiotik atau kortikosteroid. Selain itu obat ini juga bisa Agan gunakan untuk pencegahan, dengan cara dipakai setiap habis berenang. Meskipun telinga Agan tidak kemasukan air, tapi lebih baik berjaga-jaga kan Gan?

Selain itu Agan juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati sakit telinga. Dikutip dari laman bodlsky.com, beberapa bahan alami tersebut antara lain:

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu anti mikroba dan anti kuman yang bisa membunuh bakteri dengan cepat, termasuk bakteri yang menyebabkan telinga menjadi sakit atau nyeri. Agan bisa menggunakan bawang putih dengan cara memotong kecil-kecil 5 siung bawang putih, lalu dicampur dengan 2 sdm minyak zaitun dan hangatkan sebentar. Biarkan dingin lalu teteskan minyak yang telah dicampur dengan bawang putih ke telinga. Lakukan cara ini setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cuka

Nutrisi dan antioksidan serta zat asam yang terkandung di dalam cuka bisa membunuh bakteri. Nutrisi ini juga bisa meredakan nyeri atau sakit. Agan bisa menggunakan beberapa sendok cuka lalu lalu campur dengan beberapa sendok alkohol. Teteskan larutan ini ke telinga 2 sampai 3 tetes untuk meredakan dan mengobati nyeri pada telinga.

Bawang Merah

Agan juga bisa menggunakan bawang merah dengan cara memanggang atau memanaskan bawang merah hingga keluar minyaknya. Tunggu sampai minyaknya dingin lalu teteskan ke telinga. Melakukan cara ini secara rutin setiap pagi akan membuat nyeri di telinga perlahan reda dan sembuh.

Cara alami atau dengan obat, silakan pilih yang nyaman buat Agan ya!

sumber
sumber
Diubah oleh KASKUS.Editor 19-09-2017 11:40
0
4.8K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.