fadw.crtvAvatar border
TS
fadw.crtv
Totto No Heya. Acara TV Di Jepang Yang Dipandu Robot
Acara talkshow di televisi biasanya dipandu oleh orang-orang yang pintar dalam membawa alur pembicaraan. Selain agar acara berjalan tidak monoton, pengembangan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pun bisa diimprovisasi oleh si pembawa acara.

Namun bagaimana jika yang membawa acara talkshow ini adalah robot?


Mari kita kenalan dengan Totto chan. Robot android yang dibuat menggunakan teknologi sintesis ucapan terbaru ini dikembangkan oleh NTT Technocross berdasarkan data percakapan dari program “Tetsuko No Heya” selama 42 tahun.

Jadi gan, Totto chan ini adalah robot yang dibuat sama persis dengan Tetsuko Kuroyanagi, seorang entertainer di Jepang dan acaranya selama 42 tahun.

Produksi yang diawasi oleh Profesor Hiroshi Ishiguro, Universitas Osaka, memindai seorang Tetsuko Kuroyanagi dengan kamera 3D dan menciptakan model seukuran.

Ini adalah robot android yang memanfaatkan teknologi rekayasa terbaru, seperti mempelajari ekspresi wajah, gerak tubuh, kebiasaan dan lain-lain. Selain itu, teknologi ATR yang diadopsi menghasilkan gerakan mulut yang realistis sesuai ucapan.

Ini gan ada videonya bagi yang ingin liat gimana sih si Totto chan ini.


Di atas adalah video Totto chan dalam Totto no Heya yang mendatangkan tamu Tetsuko Kuroyanagi, jadi dua orang beda spesies ini bertemu dalam satu acara. emoticon-Big Grin

Kalau ane lihat, robot ini masih sedikit kaku dalam menanggapi respon dari si tamu. Ya, mungkin karena ucapan-ucapan yang tidak terdengar jelas atau pun kata-kata yang belum terdaftar dalam data si robot ini.

Kalau soal bicara, robot ini sudah jago dalam bicara dalam bahasa Jepang. Mungkin masih satu arah, ya, acara talkshow dengan robot seperti ini.

Gerakan tubuh robot ini juga cenderung berada di bagian kepala, leher dan wajah. Sedangkan tubuhnya, seperti tangan dan bahu masih diam tidak menunjukan gestur apa-apa.

Di projek “Totto Chan No Yume” atau “Mimpi Totto Chan” ini nantinya akan dikembangkan sebagai partner bicara para lansia, pembaca cerita bagi anak-anak dan kegiatan sosial lainnya. Konsepnya mungkin sebagai teman ngobrol, ya, gan. Wah, cocok juga buat agan yang kesepian, tapi ini buat temen ngobrol aja, ya, gan, jangan disuruh hal yang aneh-aneh lainnya. emoticon-Ngakak (S)

Menurut sumbernya, acara ini akan ditayangkan 2-Oktober di TV Asahi, Jepang. Jadi, kali aja agan penasaran bisa pantengin di saluran TV itu. emoticon-Stick Out Tongue

Sumber : Mynavi
18/9/2017

Diubah oleh fadw.crtv 18-09-2017 10:48
0
16.7K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.