Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

abee.Avatar border
TS
abee.
Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!
Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

Terbayangkan beberapa tahun yang lalu saat masih menjadi karyawan sebuah perusahaan di utara Jakarta. Gak ada yang istimewa memang, namun itu memberikan spirit perubahan dalam hidup yang tak terlupakan sampai saat ini. Dengan berbekal ijazah SMK Akuntansi, seorang remaja mencoba mengadu nasib di Kota Metropolitan yang katanya menjanjikan terwujudnya berbagai impian.

Setelah melamar kerja kesana-sini dapatlah pekerjaan di pabrik mesin bagian administrasi. Dengan gaji standar UMR pada masa itu, hidup dilalui seperti air yang mengalir saja tanpa henti. Tanpa terpola apalagi terencana, yang penting gajian bisa cukup buat makan, cukup buat bayar kontrakan, cukup buat beli kebutuhan hidup sehari-hari sampai akhir bulan. Kalau cukup lho ya, tapi kalau tidak cukup? Ya mau gak mau, suka gak suka terpaksa mengajukan kas bon ke teman-teman, yang nantinya di akhir bulan baru dilunasi. Pada akhirnya gaji kita akan terus berkurang untuk menutupi utang. Nah lho, bagaimana kalau kondisi ini terus menerus kita jalani tanpa ada keinginan untuk berubah? Lalu sampai kapan sampai usia berapa mau begini?

Ada isitilah 'besar pasak dari pada tiang'. Kenapa sih ini terjadi? Salah satunya adalah gaya hidup yang boros, Gan. Sehingga terkadang penghasilannya tidak bisa menutupi pengeluaran-pengeluarannya. Faktor penyebab yang utama adalah kebiasaan, dan ada kalanya bahkan kebiasaan ini sudah menjadi tradisi turun temurun. Sehingga kita selalu berpikir hidup itu jalankan saja dari saat ke saat tanpa mengurusi masa depan, apalagi merencanakan masa depan yang jauh lebih baik.

Kalau kita telusuri lebih dalam, masih banyak orang yang menghabiskan gaji atau penghasilannya hanya untuk biaya hidup aja kan, Gan? Belum banyak yang memikirkan untuk menabung apalagi investasi. Bisa dikatakan, gaji sekarang ya habiskan buat makan sekarang. Hari esok ya urusan nanti sajalah. Sehingga semakin tinggi penghasilan seseorang, maka akan semakin tinggi juga pengeluarannya. Ini yang bikin hidup kita cuma hari ini dan gak sejahtera juga walau waktu terus berganti…
Terkadang memang sulit untuk memulai, namun harus segera dicoba dan berdisiplinlah dalam menjalankannya. Motivasikan diri bahwa dengan berhemat, kita akan mencapai tujuan-tujuan keuangan kita di masa depan. Ada beberapa tips yang bisa kita gunakan dalam hidup berhemat, di antaranya:

Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

1. Disiplinlah dalam menabung
Jangan sampe kelewat buat nabung setiap bulannya! Walaupun sepele, tapi ya banyak juga diantara kita yang kelewat buat nabung. Gak akan rugi juga kan kalo kita nabung, toh nantinya uang yang kita tabung ini bisa kita pake buat kebutuhan menadak atau beli barang impian yang harganya lumayan kayak mobil/rumah.

Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

2. Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan
Siapa yang masih belum bisa ngebedain ini? Nah lho. Coba sedari muda belajar buat bedain kebutuhan dan keininan. Kalo kita udah bisa bedain mana kebutuhan mana keinginan, baru deh kita bisa nahan diri buat gak selalu memenuhi keinginan. Karena kalo belum bisa ngebedainnya, mungkin

Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

3. Pastikan pengeluaran selalu lebih kecil dari pendapatan
Jangan sampe pengeluaran lebih besar dari pemdapatan ya, Gan! Karena nantinya gak bakal ketutup pengeluarannya. Dan akhirnya berujung pada utang sana-sini lalu bikin kita bingung sendiri gimana bayarnya. Walaupun kalo kata orang rejeki ada aja, tapi ya tetep aja harus prepare soal pengeluaran ini.

Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

4. Jagalah kondisi tubuh agar tetap sehat
Makan asal makan, minum asal minum, yang akhirnya bikin kesehatan kita terganggu. Gak salah kok makan makanan enak, tapi kesehatan harus tetap terjaga ya gan. Karena kalo kita udah sakit, akan nambah pengeluaran lagi kan? Walaupun kalo kayak ane yang udah pake asuransi cigna gak perlu mikir soal biaya berobat karena bisa pake sistem cashlessnya asuransi cigna, tapi kita tetep harus prepare jaga tubuh agar tetap sehat, apalagi kalo yang gak punya asuransi apa-apa, kalo sakit pengeluaran kan bakalan bertambah juga.

Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

5. Bijaklah dalam berbelanja
Catet apa yang perlu di beli! Dan jangan ambil banyak jajan-jajanan kecil. Jujur deh, kita sering laper mata pas belanja bulanan. Terus yang kita pengenin akhirnya diambil juga, jadi gak sekedar beli kebutuhan bulanan aja. Kadang ane sama kok gan, tapi makin kesini udah makin dikurangin banyak maunya. Kudu lebih bijak pas belanja.

Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

6. Membawa bekal dari rumah
Walaupun banyak diantara kita yang gak sempet masak, tapi bawa bekel dari rumah sebenernya lebih hemat. Uang makan siang yang biasanya keluar minimal 25 ribu, kalo bekal makan siang paling Cuma jadi keluar 10 ribu buat pengganti uang bahan makanan yang kita bawa.

Mau Hidup Sejahtera? Lakukan Beberapa Hal Ini Sedari Muda, Gan!

7. Simpan uang receh dengan bijak
Biasanya kan uang receh cenderung tergeletak dimana-mana bahkan seakan itu gak berharga. Padahal kalo kita belanja di minimarket kadang uang receh ini cukup di perlukan lho. Walaupun terkesan gak seberapa, tapi kalo kita simpan dan cukup banyak, uang receh ini akan tetap ada harganya kok.

Nah, itu dia yang perlu kita lakukan dari sekarang. Hidup sejahtera itu balik lagi ke sikap kita kok. Hal apa yang kita lakukan dari sekarang, akan mempengaruhi kita di masa depan juga kan? Kalo agan, apa yang mau agan lakuin dari sekarang? Share di komen, Gan!


0
1.8K
20
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.