Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Mandi Saat Berkeringat, Bolehkah? Ini Jawabannya!

godok.indonesiaAvatar border
TS
MOD
godok.indonesia
Mandi Saat Berkeringat, Bolehkah? Ini Jawabannya!


Pernahkah Gansis dilarang untuk mandi saat berkeringat? Hampir setiap orang pernah mengalaminya, baik dilarang oleh orangtua maupun kawan sejawat. “Nanti masuk angin, lho,” atau “Bisa-bisa ntar kena panu,” adalah alasan yang kerap mereka sampaikan. Benarkah hal ini? Atau ternyata sekadar mitos belaka?


Simak fakta ilmiahnya



Sebetulnya, banyak persepsi mengenai hal ini dari para dokter dan ahli. Namun, menurut dr. Atika dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), mandi ketika badan masih berkeringat sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan. Dan kalaupun Gansis ingin mendinginkan badan sebentar sebelum mandi, hal itu juga diperbolehkan.

Awalnya kepercayaan ini memang muncul lantaran melihat kebiasaan para atlet atau olahragawan yang selalu menunda waktu mandi hingga tak lagi berkeringat. Namun harus diingat, bahwa bagi mereka hal ini bertujuan untuk merelaksasikan otot agar suhunya tidak terlalu tinggi. Lain soalnya jika Gansis berkeringat sehabis berpanas-panasan di luar ruangan. Untuk hal ini, Gansis justru dianjurkan segera pergi mandi. Hal tersebut bahkan dianjurkan agar kuman-kuman pada kulit tubuh tidak menyebabkan infeksi kulit. Kulit yang berkeringat rentan dengan kuman.



Lalu, apakah mandi saat berkeringat membahayakan tubuh ?



Sebenarnya, panu muncul pada kulit tubuh bukanlah disebabkan oleh mandi saat berkeringat. Malahan, risiko munculnya panu akan lebih besar jika Gansis tidak segera mengganti baju yang basah karena keringat dan langsung mandi sehabis berkegiatan di luar ruangan. Mengapa begitu? Usut punya usut, panu ternyata disebabkan oleh jamur bernama Malasezzia furfur yang muncul akibat berlebihnya kadar minyak dan lembapnya kulit dalam jangka waktu lama. Keringat akan bercampur dengan minyak dan kotoran pada kulit yang mengakibatkan permukaan kulit menjadi lembab. Terutama pada daerah punggung, leher, dada, bahu, bahkan wajah.

Jamur ini akan mengganggu proses pigmentasi normal sehingga kulit akan berubah warna dan muncul belang pada kulit. Jika Gansis langsung mandi, minyak dan kotoran pada permukaan kulit akan langsung hilang. Kelembapan kulit juga akan berkurang dan risiko Gansis untuk terkena panu juga semakin rendah.

Meskipun begitu, terlalu sering mandi juga tidak dianjurkan, lho! Sebab, jika Gansis memiliki kulit yang kering, maka kulit akan semakin kering. Idealnya, mandilah sebanyak 2 kali dalam sehari.


Jadi, apakah mandi ketika berkeringat aman?



Mandi saat berkeringat tidak akan membahayakan Gansis untuk terserang panu. Akan tetapi, saat berkeringat, pori-pori kulit akan melebar dan suhu tubuh pun meningkat. Nah ketika Gansis mandi di kala pori-pori melebar, suhu tubuh otomatis akan menurun. Jika hal ini terjadi, tubuh Gansis akan meresponnya meninggikan kembali suhu tubuh. Fenomena ini biasanya disebut demam tinggi dan akan berlangsung dalam jangka waktu yang beragam, bisa sebentar dan juga lama. Selain itu, mandi ketika berpeluh-peluh juga dapat menyebabkaan kinerja keringat terganggu. Mengapa? Sebab, panas di dalam tubuh tidak keluar sehingga pembuluh darah akan menyempit.

Nah, jika Gansis memang berkeringat dan ingin langsung mandi, perhatikanlah waktunya. Tidak ada salahnya untuk mendinginkan tubuh sebentar hingga panas tubuh agak turun. Gansis memang dianjurkan untuk mandi ketika berkeringat. Akan tetapi, tetap perhatikan waktunya.

Semoga bermanfaat!

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Toast


sumur : Go Dok


Jangan lupa buat didownload aplikasinya juga, ya! Karena Agan bisa langsung berkonsultasi tentang kesehatan diri dan keluarga dengan dokter Go Dok, yang tidak hanya ramah, tapi juga informatif dan membantu!

:welcome :welcome
Diubah oleh godok.indonesia 18-09-2017 08:56
0
1.4K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.