Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Yang Lagi Punya Bebe, Kenali Yuk Perkembangan Janin Usia Minggu Ke-17

jammurahonlineAvatar border
TS
jammurahonline
Yang Lagi Punya Bebe, Kenali Yuk Perkembangan Janin Usia Minggu Ke-17


Setelah melewati berbagai tantangan dan rintangan pada usia kehamilan sebelumnya emoticon-Big Kiss , usia kehamilan Ibu kini sudah memasuki usia minggu ke-17.Pada masa kehamilan usia minggu ke-17 ini, beberapa gejala-gejala awal kehamilan yang pada umumnya lebih banyak menyiksa. Mungkin pada usia kehamilan ini, Ibu sudah mulai mendapatkan kembali selera makan Ibu seperti sediakala. Selain itu, beberapa gejala lain seperti mudah lelah dan lemas, mungkin sudah sedikit berkurang, karena kini tubuh Ibu sudah bisa menyesuaikan dirinya dengan kondisi Ibu saat ini

Oleh karena itu, pada saat usia ini rasanya tidak ada lagi alasan yang membuat Ibu melewatkan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi ibu dan janin. Sebaliknya, jadikanlah momen ini momen dimana Ibu mulai memperbaiki asupan gizi dan nutrisi dengan gaya hidup sehat.



Pada usia kehamilan ini, Anda tak lagi perlu khawatir akan bahaya pendarahaan yang banyak terjadi. Hal ini dikarenakan, pada usia ini, bayi telah menempel dengan lebih kuat dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Walaupun begitu, Anda harus tetap mengontrol kesehatan Anda dan menjaga kesehatan janin yang Anda kandung.

Untuk itu, mari kita simak seperti apa perkembangan janin usia 17 minggu dibawah ini.
Pada awal memasuki usia 4 bulan, bayi Anda akan kurang lebih ukurannya sekitar 13 cm dengan berat kira-kira 140 gram. Perkembangan berat dan panjang tubuhnya ini dari minggu ke minggu tentu mengalami perkembangan dan untuk perkembangan minggu ini, ukuran berat dan panjang pada si kecil mengalami perkembangan yang relatif pesat. Pada minggu ini, pergerakan akan banyak terjadi dengan si buah hati dalam kandungan Anda. emoticon-Wowcantik

Pada minggu ini, tempurung pada kepala si bayi mulai terususun dari tulang rawan akan mulai mengeras. Selain itu, saraf dibagian tulang belakangnya kini mulai terselubungi oleh lapisan pelindung yang disebut dengan selubung mielin.
Kelenjar keringat juga mulai berkembang di seluruh tubuhnya. Perkembangan ini pun diimbangi dengan menguatnya bagian saluran tali pusatnya yang mana bagian ini akan menjadi saluran sumber makanannya. Dengan kata lain, makanan atau minuman yang Ibu konsumsi, gizi, dan nutrisinya akan masuk kebagian saluran tali pusat dan akan dijadikan makanan untuk si buah hati. Untuk itu, selama masa kehamilan, sebaiknya Ibu mengontrol asupan makanan untuk si buah hati.

Bukan hanya itu, perkembangan lain yang mulai terbentuk pada si buah hati adalah tubuhnya yang kini mulai membesar mengikuti kepala sehingga wujud si buah hati kini nampak lebih proporsional dengan tubuhnya. Wajahnya pun akan mulai makin tampak serupa seorang manusia dengan pertumbuhan alis dan bulu mata yang sudah mulai nampak.
Pada usia kehamilan minggu ini, tubuh si bayi belum menyimpan lemak, sehingga kulitnya akan terlihat keriput. Namun tak perlu khawatir, perkembangan pada usia selanjutnya akan mulai mengisi tubuh si bayi dan membuat tubuhnya akan terbentuk dengan proporsional nantinya.

Meski kelopak mata si bayi masih tertutup, namun bola matanya kini sudah mulai bergerak. Mulut kecilnya pun sudah mulai dapat terbuka dan tertutup. Sedangkan jari jemari pada si buah hati, kini mulai terbentuk dan sidik jarinnya sudah mulai tercipta dengan perlahan. Perkembangan yang sama pun terjadi dengan tangannya, kini tangan-tangannya yang mungil sudah belajar ia kepalkan.
Pada saat usia perkembangan ini, si bayi dalam rahim Anda sudah mulai memiliki kemampuan untuk merespon bunyi dari luar, seperti halnya suara musik dan suara-suara lainnya. Akan tetapi, kemungkinan kondisi ini belum bisa Anda dengar atau Anda rasakan.
Tidak ada salahnya jika pada usia ini Anda mulai melakukan serangkaian stimulasi bersama dengan jabang bayi dalam perut Anda seperti halnya mengobrol, bernyanyi, mendengarkannya musik, berdoa, dan lain sebagainya. Segala hal akan mungkin mulai dirasakan oleh si bayi, termasuk kegaduhan-kegaduhan ketika orang tuanya bertengkar. Dengan demikian, sebaiknya hindari segala pertengkaran atau kegaduhan yang akan membuat si bayi merasakan emosi yang Ibu rasakan.

Semoga membantu ya Gan emoticon-Peluk
0
1.9K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.