Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Panda Tertua di Dunia Akhirnya Mati


BASI, panda raksasa tertua di dunia mati di penangkaran pada usia 37 tahun, atau lebih dari 100 tahun usia manusia. Hal itu diungkapkan pawang Basi, kemarin, saat mereka mengucapkan selamat tinggal kepada Basi dengan penuh emosi. Pusat penelitian dan pertukaran panda raksasa di wilayah selatan Tiongkok, tempat Basi tinggal selama 33 tahun, mengucapkan selamat tinggal kepada panda itu dengan meletakkan Basi di antara bunga-bunga berwarna kuning.

Panda Tertua di Dunia Akhirnya Mati

"Dengan hati yang sangat berat serta dengan duka yang mendalam, kami mengumumkan bahwa panda yang dijadikan model untuk Pan Pan, maskot untuk Asian Games pertama (digelar di Tiongkok pada 1990) dan simbol persahabatan baik di Tiongkok maupun dunia, Basi, mati pada 13 September 2017, pukul 08.50, di usia 37 tahun," ungkap lembaga tersebut.

Mawar putih yang disusun dalam bentuk hati juga diletakkan di pohon kesukaan Basi. "Dia membawa kesenangan untuk kita dan kita berharap bisa meninggalkan sedikit keharuman di sini, untuknya," kata Xiu Yunfang, wakil pengurus lembaga yang berada di Kota Fuzhou itu kepada televisi negara. Basi hidup lebih lama ketimbang kawanannya selama lebih dari 2 dekade--rata-rata usia panda di alam liar hanya mencapai 20 tahun.

Panda Tertua di Dunia Akhirnya Mati

Namun, panda-panda yang hidup di penangkaran biasanya mampu bertahan hidup lebih lama. Menurut lembaga tempat Basi tinggal yang juga dikenal sebagai kebun binatang bernama Fuzhou Panda World, panda betina itu mati di usia tua akibat sirosis hati dan gagal ginjal. Selain karena usianya yang panjang, Basi dicintai karena kemampuan atletisnya yang membuat dirinya menjadi inspirasi untuk dijadikan maskot Asian Games 1990.

Panda Tertua di Dunia Akhirnya Mati

Dia adalah panda yang cerdas seperti sebelumnya ia mampu mengendarai sepeda, memasukkan bola basket ke ring yang rendah, mengangkat beban, memutar sebuah tongkat dengan empat tangannya sambil menyeimbangkan tubuh di papan ungkat-angkit kayu.

Layaknya pemain sirkus memang panda ini sudah dilatih untuk menjadi lebih pandai namun setiap yang bernyawa pasti mati begitu juga dengan hewan lucu yang satu ini, semoga hewan ini tidak sampai punah ya guys...

Referensi

sumber

Diubah oleh c4punk1950... 14-09-2017 18:33
0
18.1K
130
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.