Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

micho5Avatar border
TS
micho5
Kekerasan Rohingya: Apa yang harus dilakukan warga Indonesia?
Kekerasan Rohingya: Apa yang harus dilakukan warga Indonesia?
BBC Indonesia

Kekerasan Rohingya: Apa yang harus dilakukan warga Indonesia?


Bagi sebagian umat Islam di Indonesia, kegeraman agaknya kerap muncul setiap kali mereka mendengar bagaimana etnis Rohingya dipersekusi di Myanmar.
Maka berbagai cara pun dilakukan untuk mengungkapkannya, mulai dari mencuit di media sosial hingga berdemo.
Namun, apa sebenarnya yang bisa mereka lakukan untuk agar secara nyata bisa memberi bantuan kepada warga Muslim Rohingya? BBC Indonesia mewawancarai beberapa pihak dan merangkum saran-saran mereka.

Mengirim makanan dan obat-obatan

Tomy Hendrajati , Direktur Program PKPU, sebuah LSM yang membantu etnis Rohingya di Myanmar, mengungkapkan 'kebutuhan dasar seperti makanan, mie instan, pakaian, susu dan pampers untuk bayi' adalah yang paling dibutuhkan warga Rohingya di wilayah Rakhine yang tengah berkonflik.
"Mereka itu mendapatkan kebutuhan tersebut dari bantuan. Akses kesehatan juga (dari bantuan)," ungkap Tomy kepada BBC Indonesia, Senin (04/09).

Jika Anda ingin berdonasi, Tomy menyarankan agar menyalurkannya lewat Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) yang diresmikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kamis (31/08) lalu.
Aliansi tersebut terdiri dari 11 lembaga, termasuk PKPU, Palang Merah Indonesia (PMI), Aksi Cepat Tanggap (ACT), serta dua organisasi Islam terbesar tanah air, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Beberapa lembaga bahkan sudah meluncurkan layanan hotline dan rekening untuk menampung sumbangan.

Namun, meskipun sudah ada wadah resmi untuk menyalurkan bantuan, tak berarti bantuan akan segera bisa diterima orang Rohingya yang masih terperangkap di Rakhine.
"Akses bantuan (sejauh ini) belum terbuka ke Buthitaung dan Maungdaw," kata Tomy. Kedua tempat itu adalah lokasi di Rakhine tempat pecahnya konflik yang bermula pada Jumat (25/08) lalu.
Menurutnya bantuan yang masuk dan program dua tahun dengan dana US$2 juta yang sudah dicanangkan AKIM, akan difokuskan terlebih dahulu ke tempat-tempat pengungsian warga Rohingya di Sittwe, kota di Rakhine yang masih bisa diakses dan menampung lebih dari 500.000 pengungsi Rohingnya.
"Kami siapkan training guru, perbaikan fasilitas umum... Sekarang kami juga merenovasi 20 unit penampungan yang bisa menampung 200 keluarga di Sittwe," ungkapnya.


Tetap Dorong Upaya Pemerintah
Kekerasan Rohingya: Apa yang harus dilakukan warga Indonesia?
Dengan masih terbatasnya akses ke Buthitaung dan Maungdaw. lantas bagaimana bisa membantu warga di sana?
Tomy hanya bisa berharap pertemuan (Menlu) Retno Marsudi dengan (pemimpin de-facto Myanmar) Aung San Suu Kyi, bisa membuka akses Indonesa masuk ke sana.
Dalam siaran pers yang dikeluarkan Kemenlu RI, Senin (04/09) sore, Indonesia disebut telah mendapat akses dalam mekanisme penyaluran bantuan kemanusiaan yang dipimpin Pemerintah Myanmar dan akan melibatkan ICRC (International Committee of the Red Cross/Komite Palang Merah Internasional).
Namun, belum diketahui jelas kapan bantuan bisa dibawa masuk.

Pengamat politik Asia Tenggara dari lembaga pemikir CSIS di Jakarta, Philips Vermonte, menilai diplomasi Indonesia kepada pemerintah Myanmar amat penting untuk menghentikan lingkaran kekerasan dan menciptakan suasana kondusif bagi warga Rohingya.
"Karena Indonesia punya modal untuk didengar Myanmar. Kan kita sudah lama membantu Myanmar dalam banyak soal, termasuk tentang demokrasi dan bagaimana cara berpemilu," kata Philips kepada BBC Indonesia.
Indonesia juga dinilai bisa menjadikan bantuan sebagai salah satu 'kartu' dalam berdiplomasi.
Philips Vermonte mengungkapkan, Indonesia bisa saja 'mengancam' untuk tidak lagi memberikan bantuan kepada Myanmar jika tidak menghentikan persekusi pada warga Rohingya karena akan berdampak 'secara simbolik' bagi Myanmar."


Rohingya juga ada di Indonesia, bantulah mereka

Kekerasan Rohingya: Apa yang harus dilakukan warga Indonesia?

Niat baik untuk warga Muslim Rohingya tidak harus dengan mengirimkan bantuan jauh-jauh ke Myanmar karena di Indonesia sendiri juga cukup banyak pengungsi Rohingya.
Berdasarkan catatan pada Kementerian Luar Negeri 2015 silam, terdapat lebih 12.000 warga Muslim Rohingya di Indonesia, yang sebenarnya menunggu penempatan di negara ketiga.
Bantuan makanan, pakaian, atau mungkin hanya sekedar senyuman dan keramahan tentulah akan berarti bagi mereka.
BBC Indonesia sempat menghubungi Jaffar Alam -seorang pengungsi Rohingya di Makassar, Sulawesi Selatan- yang mengaku 'merasa aman tinggal di Indonesia'.
"Alhamdulillah, fasilitas lumayan baik, respon masyarakat juga positif."

Sumber : BBC Indonesia

LANTAS, APA YANG BISA AGAN2/WATI BANTU SAAT INI JUGA??


Izinkan kali ini saya ingin berbagi kesempatan kepada agan/aganwati sekalian.
Berawal dari mendengar berita tentang tragedi kemanusiaan/humanitarian catastrophe yang terjadi di myanmar, dimana terdapat pembantaian/genocide sebuah suku yang bermukim di Rakhine state, Myanmar
Pada kejadian kali ini saya rasa kita semua sepakat, bahwa telah terjadi krisis kemanusiaan, sebuah tragedi yang tentunya tidak kita inginkan di kehidupan era modern saat ini, pendudukan wilayah, pemerkosaan wanita, pembantaian yang terjadi tidak hanya pd laki-lakinya, namun jg wanita bahkan bayi2 disana, dan semua ini kita tau dari segala lini berita dan media masa.
Saya yakin, siapa yg tidak prihatin dgn kondisi mereka, siapa yg tidak teriris hatinya melihat kondisi anak2 disana, dan saya yakin kita semua ingin berkontribusi membantu meringankan penderitaan saudara2 kita disana.

PROGRAM
Dan pd kesempatan kali ini izinkan kami membuka kesempatan kpd teman2, utk menjadi penyalur kontribusi dr teman2..
Namun, dikarenakan kami bukan sebuah lembaga, NGO, ataupun yayasan, kami hanyalah pedagang, kami blm mampu menampung dlm bentuk donasi seutuhnya, yg kami bisa lakukan adalah, Sharing Product donation, dan program ini kami beri nama, #DonasiHangatmu

Kekerasan Rohingya: Apa yang harus dilakukan warga Indonesia?

Click to follow the campaignhttps://www.instagram.com/thewhitespades.co/

#SOCKS4ROHINGYA adalah program kami, dimana setiap pembelian socks kami, teman2 telah dengan sukarela berdonasi utk kemanusiaan,

Bentuk Donasi
Bentuk Donasi berupa selisih keuntungan dari setiap penjualan Socks kami, sehingga teman2 tidak akan merasa terbebani, krn akan mendapatkan produk berupa Socks.

Where?
Lantas, akan melalui apa donasi ini dialirkan?
Kami bekerja sama dengan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) Sebuah NGO yang bergerak dibidang Social Service.
Dari tiap donasi yang teman2 berikan melalui pembelian produk, maka akan kami salurkan melalui program BSMI utk Rohingya

Kami Tunggu Kontribusi teman2
Danke emoticon-Wow
Diubah oleh micho5 18-09-2017 07:31
0
2.7K
26
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.