kimpet.sekecoAvatar border
TS
kimpet.sekeco
Siap Jadi Bandara Halal Traveler, BIJB Studi Banding ke Aceh

Lokasi pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di kawasan Kertajati, Kabupaten Majalengka. (Ist/BIJB)



JawaPos.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) bertekad menjadi bandara halal traveler. Itu tak lepas dari rencana BIJB dijadikan bandara pemberangkatan haji dan umroh.

Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra mengatakan, setelah beroperasi nanti BIJB akan menjadi bandara yang ramah kepada halal traveler.

"Kami harapkan BIJB menjadi bandara halal traveler, karena tahun lalu, bandara Iskandar Muda di Aceh yang mendapatkan predikat bandara halal traveler. Oleh karena itulah kami berharap, pada 2018 predikat itu bisa diperoleh oleh BIJB," jelas Virda kepada wartawan, Sabtu (16/9), dilansir RMol Jabar (Jawa Pos Grup).

Diungkapkan Virda, agar bisa menjadi bandara halal traveler, BIJB telah melakukan study banding langsung ke Aceh untuk melihat hal apa saja yang membuat Aceh juara.

Ternyata, karena berbagai fasilitas yang sangat mendukung semua traveler muslim. Di antaranya, toilet, mushala yang besar, memiliki arah kiblat tersertifikasi.

"Toilet dan tempat wudhunya harus dibuat terpisah. Kami akan buat seperti itu agar bisa mendapatkan award sebagai halal air port," katanya.

BIJB, kata dia, sudah menyiapkan mushala yang luas untuk traveler muslim. Luasnya, mencapai 142 meter persegi. Dengan jumlah total, ada 15 mushala.

"Kami juga akan membuat pusat keberangkatan haji dan umrah. Kami berharap, fasilitas ini bisa menarik 7 ribu visa perhari yang diterbitkan untuk umrah," katanya.

Saat ini, kata dia, progres pembangunan bandara yang berdiri di lahan 1.800 hektare tersebut adalah di sisi udara pembangunan runway I sepanjang 3.000 meter sudah selesai "Sekarang, sedang dalam proses perpanjangan runway I sepanjang 3.500 meter," katanya.

Sedangkan untuk pekerjaan sisi darat, kata dia, terbagi dalam 3 paket pekerjaan. Hingga September ini, total pengerjaannya sudah mencapai 59,3948 persen. BIJB, menargetkan dari kemajuan bandara ini bisa selesai Desember 2017.

"Nantinya, setelah mengantongi sertifikat operasi bandar udara CASR 139 dan pelayanan navigasi CASR 172 lalu mengeluarkan publikasi globaln pada ICIAO bahwa BIJB siap beroperasi, maka pada Februari 2018 bandara akan siap dibuka," katanya
(mam/jpg/JPC)




https://www.jawapos.com/read/2017/09/17/157657/siap-jadi-bandara-halal-traveler-bijb-studi-banding-ke-aceh


0
2.2K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.