mangmamas25Avatar border
TS
mangmamas25
Mau Main Ke Kudus? Mampir Sini Dulu Ya Gan!
Halo GanSis! emoticon-Kiss

Setelah sebelumnya ane membahas kuliner di kampung halaman ane, Kudus. Kali ini, ane mau bahas soal wisata di Kudus. Pas banget nih moment nya karena sebentar lagi Kudus bakalan merayakan ulang tahun pada 23 September, dan juga bakalan ada KASKUS Kudus Half Marathonyang digelar di Kudus, jadi karena ane lihat banyak Agan-agan yang juga bakalan segera meluncur ke Kudus, maka ane akan kasih rekomendasi tempat wisata di Kudus nih. Simak baik-baik ya!

Ziarah Makam



Agan yang pernah belajar sejarah perkembangan Islam pasti inget peran wali songo, seperti Sunan Kudus dan Sunan Muria dalam menyebarkan Agama Islam di pulau Jawa. Kedua Sunan yang merupakan bagian dari Wali Songo ini dimakamkan di Kudus. Makam Sunan Kudus ada dalam kawasan Menara kudus dan Masjid Al-Azsha, sementara Sunan Muria dimakamkan di Gunung Muria, yang berada di sebelah utara Kota Kudus. Wisata napak tilas ini cocok buat Agan yang ingin melakukan perjalanan spiritual.

Masjid Menara Kudus



Kalau ngomongin penyebaran Islam, Masjid tentu menjadi salah satu bagian dari sejarahnya. Salah satu Masjid yang terkenal di Kudus itu ada Masjid Menara Kudus. Masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada 1549 Masehi ini berada di desa Kauman, kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Uniknya, masjid ini memiliki menara yang serupa dengan candi Gan. Desain bangunannya merupakan percampuran budaya yang melambangkan toleransi antar umat beragama.

Masjid Loram



Masjid di Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, punya tampilan yang khas. Gapuranya didesain dengan unsur arsitektur Hindu-Buddha. Gerbang Masjid yang disebut Masjid Wali Loram ini tersusun dari ratusan batu bata merah setinggi kurang lebih 4 meter. Masjid ini didirikan oleh seorang muslim keturunan Tiongkok bernama Tji Wie Gwan, atas perintah Sunan Kudus.

Museum Kretek Kudus



Selain terkenal karena wisata religi, Kudus juga terkenal sebagai Kota Kretek. Museum Kretek menjadi saksi sejarah bahwa kretek berkembang sangat pesat di Kudus. Museum ini memperkenalkan sejarah kretek hingga proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern.

Situs Patiayam



Situs Patiayam menyimpan berbagai peninggalan purbakala yang ditemukan di sekitar pegungungan Patiayam. Pada situs ini ada museum yang gak jauh dari lokasi situs Patiayam dimana fosil-fosil purbakala ditemukan untuk pertama kalinya. Peninggalan purbakala yang menjadi primadona di museum ini adalah fosil gajah purba atau Stegodon Trigonocephalus.

Desa Wisata Rahtawu



Bagi Agan yang suka nuansa alam, Desa Wisata Rahtawu Kudus bisa jadi pilihan yang tepat nih. Pemandangan alam yang indah dengan udara yang segar menjadi daya tarik desa wisata ini. Di sisi jalannya ada tebing-tebing yang tinggi, dan jajaran pegunungan. Di desa ini Agan bisa menikmati beberapa tempat wissata seperti Pemandian Alami Kedung Gong, dan air terjun.

Gardu Pandang Ternadi



Belakangan wisata ala gardu pandang gini kan lagi hits banget nih Gan. Di Kudus juga ada, namanya Gardu Pandang Ternadi. Dari Gardu ini Agan bisa lihat perbukitan hijau dan tentunya foto-foto estetik. Hehee... Jangan foto sendiria biar gak keliatan sedih-sedih amat Gan.

Itulah Gan beberapa tempat wisata di Kudus. Nanti abis kelar ikutan KASKUS Kudus Half Marathon, kita wisata bareng yuk.
Siapa yang mau ke Kudus?
Diubah oleh mangmamas25 15-09-2017 11:39
0
22.8K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.