hevangomedAvatar border
TS
hevangomed
Bahaya! Jangan Suka Jahilin Temen yang Punya Fobia Gan
Pernah nggak sih agan punya temen yang fobia akan sesuatu?


Misalnya nih artis Raffi Ahmad yang fobia sama buah rambutan. Atau ada temen ane yang fobia sama motif lubang banyak-banyak di tubuh manusia alias trypophobia. Bahkan ada yang takut sama karet gelang gan.

Akibat dianggap "beda" dari orang normal biasanya, biasanyaorang-orang ini sering dikerjain, ya buat lucu-lucuan aja gitu. Padahal, dikerjain atau dijahilin dengan sesuatu yang jadi fobianya itu bisa dibilang malah membahayakan loh gan.



Fobia sering banget disamain dengan ketakutan, padahal maknanya beda. Ketakutan adalahreaksi alamiah yang muncul waktu seseorang menghadapi bahaya. Misalnya ada orang takut sama anjing, waktu ngeliat anjing di pinggir jalan bisa aja dia pura2 tenang atau milih lari kabur karena di pikirannya ada bayangan dia dikejar anjing. Mungkin juga dia pernah trauma digigit anjing atau dikejar anjing. Nah ini namanya ketakutan, bukan fobia.

Fobia itu lebih ke sesuatu yang berlangsung terus-terusan dan dalam waktu lama, terhadap hal yang nggak masuk akal dan kadang muncul karena alasan yang nggak jelas. Bahkan bisa mengganggu aktivitas orang itu.



Sebenernya gan, fobia itu adalah gangguan kecemasan yang dibagi dalam3 jenis:

1. Fobia spesifik, kecemasan berlebihan terhadap obyek atau situasi spesifik. Misalnya laba-laba, ondel-ondel.

2. Fobia sosial, kecemasan terhadap interaksi sosial atau situasi yang memungkinkan seseorang dihakimi orang lain.

3. Agoraphobia, kecemasan berlebihan ketika di luar rumah/ di tempat umum kayak di transportasi massa, tempat wisata dan mall. Orang ini mikir, saat lagi di luar rumah, mereka bakal kena bahaya dan susah cari pertolongan.



Kalo agan termasuk orang yang suka ngejahilin temen agan yang punya fobia akan sesuatu, ternyata bahayanya banyak loh.

Orang yang ditakut-takutin itu bisa langsung berkeringat, merinding, gemetar, sakit kepala, jantung deg-degan, mual, mau pingsan, susah nafas, telinga dengungdsb.


Seberbahaya itu, fobia sebenernya bukan hal yang bisa dijadiin bahan becandaan atau buat lucu-lucuan. Jadi kita sebagai temen, tentunya harus membantu supaya fobianya nggak kambuh lagi, bukan malah ditakut-takutin gitu gan.

Yuk berteman sehat!
emoticon-Toast

Sumur
0
26.4K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.