babygani86Avatar border
TS
babygani86
Waduh Istri hamil ngidam jamu dikasih ndak ya ┌( ಠ_ಠ)┘


Dalam masyarakat Jawa, ada kepercayaan agar ibu hamil mengonsumsi jamu-jamu tertentu demi kesehatan si janin. Salah satunya kepercayaan adalah minum sinom untuk membuat kulit bayi putih bersih. Idealnya jamu untuk ibu hamil dibuat sendiri. Jamu tidak hanya diandalkan sebagai obat aternatif saja, tetapi dipercaya juga bisa meningkatkan sistem kekebalan dan stamina tubuh. selain itu, harga jamu yang lebih murah dibandingkan dengan suplemen atau obat-obatan lain, membuat jamu masih digemari oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi karena keterbatasan waktu atau kesibukan, sebagian ibu hamil membeli jamu yang sudah dikemas di pasaran.

Lantas amankah ini? Sebenarnya Ibu hamil itu tidak boleh makan ‘apa-apa’ selain dari anjuran dokter. Ini tak hanya berlaku untuk jamu saja, tetapi juga minuman kemasan lainnya sebab dikhawatirkan akan mempengaruhi tumbuh kembang janin. Meski demikian, bukan berarti ibu hamil tak boleh mengonsumsi jamu. Kalaupun mau, baiknya ya tetap bikin sendiri. Karena ibu hamil itu kata kuncinya harus ekstra hati-hati.
Pemberian ramuan tradisional atau jamu kepada ibu hamil memang harus berhati-hati sebab bukan tak mungkin kondisi janin akan ikut terpengaruh. Kalau sudah diriset dalam bentuk obat dan kapsul tidak masalah. Tapi kalau masih jamu hindari atau jangan berlebihan. Takut terjadi malformasi pada janinnya.

Mengenai daftar bahan jamu yang baik dan buruk untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, mungkin akan berbeda setiap sumbernya. Oleh karena itu penting untuk Anda bertanya dan mendiskusikan jamu apa yang akan Anda minum pada tim medis Anda. Beberapa bahan jamu, seperti kencur, rosemary, dan ginseng berdampak buruk jika dikonsumsi layaknya obat-obatan, atau dalam jumlah yang banyak. Penggunaan rosemary yang terlalu banyak dapat mengakibatkan perdarahan kehamilan. Namun, Anda tidak perlu cemas, jika penggunaan bahan-bahan tersebut hanya sebagai penambah rasa pada makanan, maka tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk.

Beberapa tanaman obat yang bermanfaat untuk kehamilan, sehingga minum jamu saat hamil tidak bermasalah, di antaranya yaitu: Daun raspberry merah, tanaman ini mengandung zat besi, membantu untuk menghilangkan mual, serta menurunkan rasa sakit saat melahirkan. Daun peppermint, cukup ampuh dalam mengatasi rasa mual dan kembung pada ibu hamil. Jahe, bisa menghilangkan rasa mual. Akan tetapi perlu dipahami bahwa kandungan aktif dalam jahe bisa memicu kontraksi pada ibu hamil. Kalau 1 siung nggak masalah. Tapi ya jangan berlebihan. Obat apapun kalau dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai dosis tentunya akan menimbulkan efek samping.

source https://babybuletgani.tumblr.com/pos...ayaan-agar-ibu


tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
14.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.