kontet.tajojoAvatar border
TS
kontet.tajojo
10 Hobi yang Dijamin Meningkatkan Kecerdasan Kamu
HTemoticon-Selamat

Memiliki hobi tersendiri, selain membuat hati lebih gembira, tentu saja akan membuat waktu luangmu tidak terbuang sia-sia. Tapi, ternyata ada hobi yang dapat meningkatkan kecerdasan, walau pun mungkin kamu tidak sedang belajar mata pelajaran di sekolah atau mengerjakan tugas.Nah, kalau ada hobi yang bikin kamu lebih cerdas, pasti kamu akan memilih hobi ini kan dibandingkan dengan yang lainnya? Kita simak selengkapnya yuk,smart buddies! Jika ada yang kamu rasa cocok dengan karakter kamu, silakan langsung dicoba yaemoticon-Wink

1. Bermain Alat Musik Instrumental

Apabila kamu menguasai satu atau beberapa alat musik, jangan tunggu sampai berdebu baru dimainkan. Lemaskan jari-jemarimu dan mulailah melakukan pemanasan dengan bermain tangga nada dasar, hingga lagu favorit kamu. Belum bisa main alat musik? Tandanya, ini saatnya kamu mencoba hal baru dengan belajar alat musik. Bisa otodidak sambil menonton video tutorial di Youtube atau minta bimbinganguru les musik.

2. Meditasi Secara Rutin

Hal ini sangat membantu dalam pengendalian emosi dan mengontrol pikiran yang ada di otak kamu lho. Juga, sangat bagusdilakukan bagi yang sulit berkonsentrasi karena terlalu banyak pikiran atau terbiasa melakukanmultitasking. Meditasi perlu dilakukan secara rutin untuk menetralkan otak yang dipakai untuk berpikir secara terus menerus.

3. Membaca

Selain meditasi, membaca buku juga terbukti dapat mengendalikan emosi. Di akhir pekan, cobalah membaca buku dengan topik yang berbeda-beda. Kamu bisa mulai dari komik berseri, novel inspiratif, biografi, hingga fiksi. Selain dapat mengubah-ubah cara pandang kamu terhadap sesuatu, juga melatih imajinasi kamu untuk membayangkan berbagai situasi diwaktu yang berdekatan.

4. Olahraga yang teratur

Hobi yang satu ini mungkin terdengar sudah biasa dilakukan banyak orang. Namun, tidak banyak yang dapat konsisten melakukannya, sehingga tidak merasakan betul manfaatnya. Olahraga menjaga kekuatan tubuh kita saat beraktivitas, yang kemudian dapat mendorong otak berpikir lebih jernih dan lebih tepat,terutama dalam mengambil keputusan penting.

5. Olahraga otak

Merakit Lego, menyusun puzzle, atau menyelesaikan kumpulan teka-teki silang. Saat melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, kamu akan 'dipaksa' untuk berkreasi dengan baik atau mengakhiri apa yang sudah kamu mulai. Secara bersamaan, kamu akan merasakan maanfaat menggunakan waktu dengan tepat. Kamu pasti akan merasa bangga jika bisa menghasilkan karya mutakhir dalam waktu sebentar saja.

6.Belajar Bahasa Asing Baru

Selain bahasa Indonesia atau bahasa internasional yang pada umumnya dikuasai orang, cobalah mengenal bahasa asing yang sama sekali belum pernah kamu dengar atau ketahui. Awali dengan mencari tahu kata sapaan, percakapan sederhana, angka dan huruf, hingga benda yang kamu lihat sehari-hari. Tempel kata-kata dalam bahasa asing tersebut di kaca atau di tempat yang mudah terlihat. Pasti kamu akan semakin lihai dalam menguasainya.

7. Bepergian ke Tempat Baru

Menjelajahi wilayah tertentu dengan modal peta atau Google Maps, memicu rasa ingin tahu yang sangat besar bukan? Ini merupakan kesempatan kamu untuk terkejut berkali-kali karena menemukan hal yang tidak biasa atau hal baru yang menambah pengetahuan kamu. Kamu tersesat? Nah, ini tantangan baru untuk kamu menemukan jalan keluarnya,hehehe.

8. Menulis Apa yang Kamu Rasakan

Dari pada menuangkan amarah kepada orang yang salah, lebih baik sedikit meredamnya dengan menuliskan apa yang membuatmu kesal pada secarik kertas. Terkadang, emosi yang meluap-luap terjadi karena otak kita tidak berpikir dengan jernih. Nah, setelah kamu menuliskannya, baca tulisan tersebut, maka kamu akan mengetahui apakah kamu patut ngomel-ngomel, atau malah melakukan introspeksi dan menerima kesalahan orang lain.

9. Menonton Pertandingan Olahraga

Selain berolahraga secara teratur, menonton pertandingannya juga dijamin membuatmu lebih cerdas. Mengapa? Kamu dapat menganalisis kedua tim yang sedang bertanding, memahami kekuatan dan kelemahan keduanya, serta mencermati tim mana yang lebih unggul hingga dapat memenangkan pertandingan.

10. Memasak Menu Masakan yang Berbeda-Beda

Memanfaatkan waktu luang dengan berkutat di dapur tidak hanya dapat dilakukan oleh perempuan, laki-laki pun bisa. Hindari memasak yang sudah kamu kuasai ya. Cobalah berbagai menu baru, dengan bahan masakan dan cara memasak yang baru juga. Butuh ketepatan dan ketelitian agar mendapatkan hasil masakan yang enak. Kalau kamu masih ragu, coba mencari panduan dengan menonton video tutorial di Youtube atau membaca buku masak ya.

Sumber gambar www.pexels.com dan www.freepik.com
Sumur http://blog.ruangguru.com/10-hobi-ya...ecerdasan-kamu

Mulus hobi biliard

emoticon-I Love Indonesia cerdas semuanya
Diubah oleh kontet.tajojo 14-09-2017 17:06
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
36.1K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.