the0siris
TS
the0siris
[REVIEW] Mede8er MED1000X3D Multimedia HD 3D Player



Mendekati akhir tahun 2012, tepatnya bulan September 2012, Sanji Electronics (Pty) Ltdmengeluarkan jajaran produk baru yaitu MED1000X3D (disingkat X3D) media player dengan dukungan 3D, walaupun dirasa telat mengingat beberapa produk serupa telah dirilis diawal tahun, namun hal ini didasari oleh kesiapan firmware dan hardware yang matang.
Distributor produk Mede8er, Crown Technology (Surabaya) telah mendatangkan produk X3D ke Indonesia, dan saat ini saya berkesempatan untuk me-review-nya.
Here we go ..

I. HARDWARE
\tI.1. Unboxing

\tPaket X3D didesain dgn kotak yang ringkas dan packing rapi, begitu berkelas. Ukuran kotak menjadi ramping dan lebih besar dimensi-nya dibanding pendahulunya. Terdapat sebuah kotak yang berisi aksesoris bawaan, buku manual, dan perangkat X3D yang dibalut plastik penahan yang transparan. Adapun aksesoris standar bawaan antara lain : Remote dan batere, kabel HDMI 1.4, kabel AV, kabel USB 3.0, sekrup HDD, busa HDD, dan Power Supply.
Spoiler for Unboxing X3D:

\tAda yang baru dalam paket X3D dibanding pendahulunya, kabel HDMI 1.4(3D/Internet support) dan Remote Control dengan Backlit (terdapat lampu tombol untuk melihat dalam gelap). Dan yang cukup mengejutkan adalah desain dari X3D, sepintas mirip UFO, atau pembuat roti wafel emoticon-Smilie benar-benar revolusioner dibanding pendahulunya. Namun jika anda kira bahan casing yang digunakan kali ini sama dengan pendahulunya, salah besar! X3D menggunakan casing alumunium die-cast di bagian base, body, maupun tutup-nya, jadi terasa berat dan mantap. Desain unik ini juga bertujuan sebagai pendingin pasif, baik untuk board/processor maupun internal HDD jika terdapat didalamnya, sehingga tanpa menggunakan kipas sama sekali, zero noise! Mengingatkan saya pada desain 450X2 emoticon-Smilie
Spoiler for X3D Closer Look:

\tKarena bahan casing yang berupa alumunium, X3D terasa berat dan elegan. Menurut forum resmi Mede8er, akan dirilis juga dengan warna biru dan hitam, disamping warna abu-abu yang sekarang telah beredar.
\tKonektor yang ada pada X3D antara lain : AV (Analog Audio/Video RCA), Component (DVD Compliant), SPDIF (Coaxial dan Digital), HDMI1.4, dan Wired-LAN. Sebelah kanan terdapat USB 3.0 Host, External IR, dan SD-Card reader, sementara sebelah kiri terdapat wifi antena (SMA - optional) dan dua USB port.
\tDengan spesifikasi hardware yang baru, antara lain processor Realtek RTD 1186 750Hzdan dilengkapi RAM 512mb DDR3, 512mb flash memory, membuat X3D lebih responsif. Spesifikasi lengkap ada di Mede8er Product Matrix berikut.
Spoiler for Mede8er Product Line-up:

\tI.2. Aksesoris
\tBeberapa aksesoris yang bisa ditambahkan untuk X3D antara lain, Wireles modul mini-PCIe (MED20PCIE), Wireles Keyboard (MEDX2KEY), dan SATA Harddisk.
Spoiler for Aksesoris Opsional:

X3D mendukung wireles keyboard dan mouse untuk kenyamanan saat Online Browsing, dan mendukung hampir semua produk wireles di pasaran, hanya saja untuk mini-pcie wifi harus menggunakan aksesoris resmi Mede8er. Untuk HDD, bisa menggunakan ukuran 2.5” maupun 3.5” dengan maksimal berukuran 3TB (keterbatasan firmware).

\tI.3. Pemasangan Wifi Kit – HDD
\tPemasangan wifi kit sangat mudah, hanya membutuhkan hexa-key (Allen Key) untuk membuka casing X3D, sebuah obeng plus untuk memasang mini-PCIe, dan pigtail konektor antena ke body.
Spoiler for Wifi dan HDD internal:

Sedangkan memasang HDD, semudah memasang batere!Terdapat dua lubang di dalam X3D untuk keamanan HDD, sehingga jika anda memasang HDD semi permanen, lebih baik memasang sekrup di bagian bawah HDD, agar HDD tidak goyang (jika dipakai untuk bepergian/berpindah).

II. FIRMWARE
\tII.1. Upgrade Firmware

\tSebelum membahas firmware, sebaiknya kita Upgrade dulu dengan firmware terbaru. Kebetulan saat review ini ditulis, Mede8er telah merilis Public Beta firmware ver.1.0.3 29 Sept.2012 – firmware bawaan masih versi 1.0 – saya sarankan untuk segera Upgrade begitu anda menerima X3D.
\tProses Upgrade sama seperti produk Mede8er lainnya, menggunakan USB Flashdrive. Download firmware di forum resmi Mede8er, lalu copy file install.img ke root folder flashdrive, tancapkan ke salah satu USB port di X3D, dan tekan tombol power di player selama 15 detik lalu lepaskan. Proses upgrade tidak memakan waktu lama, hanya beberapa menit saja. Setelah itu X3D akan reboot, dan layar pre-setup akan muncul.
\tSatu hal yang perlu diperhatikan saat upgrade, gunakanlah koneksi AV, dan tidak menggunakan HDMI karena akan menyebabkan terganggunya proses upgrade, dan mengakibatkan firmware-corrupt. Dan jika ada masalah saat upgrade, prosedur ini dapat diulang tanpa membuat X3D menjadi rusak/bricked.

\tII.2. Pre-Setup
\tSesaat setelah proses upgrade dilakukan (atau saat X3D baru pertama kali dinyalakan), terdapat layar pre-setup. Pilihlah Menu Language sesuai keinginan, kemudian masuk ke menu Time, dan set Time Zone. Kita tidak perlu setting waktu karena akan otomatis ter-update begitu kita terkoneksi ke internet.
Spoiler for Pre-Setup Screen:

Jika kita menggunakan koneksi kabel (LAN) dapat langsung kita setting Wired LAN Setup, dan tes koneksinya. Setelah selesai setting, X3D akan reboot dan munculah Main Menu, X3D siap kita gunakan.

\tII.3. Setup
\tSebelum bermain-main dengan X3D, sebaiknya kita setting dulu melalui menu Setup. Ada beberapa perbedaan item menu di X3D dibanding pendahulunya, adapun beberapa tambahan yaitu : dukungan CEC-EDID, Force Decode ACC/MP3, Lip Sync,dan Auto Framerate (beberapa fitur tambahan akan menyusul setelah keluar versi firmware yang stabil)
Spoiler for Setup Screen:

\tSetting yang saya gunakan antara lain : 1080P 24HZ on, Auto Frame Rate On, Auto View On ,dan membiarkan setting yang lain ke default.
\tSatu hal penting, Screen Size setting di X3D dan Just Scan di TV, agar tidak terjadi Overscan yang menyebabkan terpotong-nya resolusi video. Penggunaan setting Just Scan di TV agar gambar yang dihasilkan X3D bisa diproyeksikan per-pixel apa adanya (Resolusi Full HD).
\tSebelum anda berniat menggunakan X3D, dan tidak mau direpotkan berbagai masalah, sebaiknya anda membaca manual dengan seksama, dan kunjungi Mede8er@Kaskus atau Mede8er Forum jika menemui masalah emoticon-Smilie

III. FUNGSI dan FITUR
\tIII.1. Main Menu

\tDengan spesifikasi hardware yang lebih baik dari pendahulunya, pergerakan menu ke menu sangat responsif padahal menggunakan full screen images. Tampilan skin X3D juga bisa kita ganti dengan skin yang lain, forum resmi Mede8er menyediakan paket skin yang berbeda, dan semuanya gratis (dukungan komunitas).
Spoiler for Main Menu @ X3D:

\tBeberapa tampilan X3D tidak asing bagi pengguna Mede8er, terdapat menu Favorites(berupa shortcut dari drive local maupun network), Media Library (file browser dan file management), YouTube XL (browser YouTube beresolusi tinggi), Internet (terdiri atas Web Browser, Radio Internet, Torrent Client, Google, Flickr, Bing, Yahoo Weather, PodCast, Picasa, dan Yahoo finance), dan terakhir menu Setup (X3D Hardware Setting).

PART 1 of 3
0
18K
45
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Audio & Video
Audio & Video
Audio & Video
icon
9.8KThread4.3KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.