Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

orlhaAvatar border
TS
orlha
Jangan Buang Anggrek Dendrobium Yang Hampir Mati
Semoga gak emoticon-Repost
Spoiler for no repost:



Sekilas Tentang Anggrek Dendrobium

Berasal dari kata “dendro” yang artinya pohon, dan “bios” yang artinya biota atau tempat hidupnya. Sehingga artinya dendrobium ini hidup dipepohonan atau biasa disebut dengan epifit (menumpang pada tanaman lain, tetapi tidak merugikan). Oleh karena itu jenis anggrek ini merupakan jenis anggrek yang paling banyak dibudidayakan oleh pecinta anggrek, Dendrobium memiliki dua jenis yaitu: species dan hybrid (hasil silangan). species biasanya dibeli oleh para kolektor dan harganya juga lebih mahal.
Pola pertumbuhan anggrek Dendrobium bertipe simpodial, artinya memiliki pertumbuhan ujung batang terbatas. Batang ini tumbuh terus dan akan berhenti setelah mencapai batas maksimum. Pertumbuhan ini akan dilanjutkan oleh anakan baru yang tumbuh di sampingnya. Pada anggrek simpodial ini terdapat penghubung yang disebut rhizoma atau batang di bawah tanah. Dari rhizoma ini akan keluar tunas anakan baru. Di antara rhizoma dan daun ada semacam umbi yang disebut pseudobulb (umbi palsu). Ukuran maupun bentuk pseudobulb bervariasi.


Dari uraian diatas, bisa ketahui bahwa anggrek dendrobium memiliki batang (pseudobulb atau umbi palsu), yang berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan. Makin banyak dan besar batangnya, berarti menandakan bahwa anggrek dendrobium tersebut sehat. Disini saya akan menshare pengalaman saya ketika anggrek dendrobium saya hampir mati (tingal batangnya saja). Ketika akan saya buang, saya diberitahu ibu saya agar jangan membuang anggrek dendrobium tersebut, tapi disuruh ditanam dalam posisi terbalik “sapa tahu bisa hidup”, kata beliau. Akhirnya saya coba dan ternyata benar. Ada tunas atau anakan baru yang muncul di batangnya.

Spoiler for hampir mati:


Spoiler for ditanam dalam posisi terbalik:


Spoiler for tumbuh tunas baru:


Spoiler for tumbuh tunas baru jarak dekat:



sekian

mohon komennya dan emoticon-Rate 5 Star kalo berkenan bagi emoticon-Blue Guy Cendol (L) ya gan emoticon-I Love Kaskus


sumber
Diubah oleh orlha 08-05-2013 04:48
0
13.9K
74
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.