Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dagdagdagAvatar border
TS
dagdagdag
Bray.. Burung Ternyata Zaman Dulu Dinosaurus Bray :bingungs
Brayyy brayyyy .. burung ternyata dulu dinosaurus bray

Bray.. Burung Ternyata Zaman Dulu Dinosaurus Bray :bingungs

Makhluk purba dinosaurus yang hidup 100 juta tahun yang lalu kini telah berevolusi menjadi burung? Dilansir dari dailymail.co.uk, studi baru ini menyebutkan bahwa mayoritas burung yang kita lihat saat ini telah melalui proses evolusi yang dapat ditelusuri ke zaman pre-historis sampai ratusan juta tahun lamanya. Perubahan ini tidak semata meliputi pertumbuhan bulu di sekujur tubuh burung, namun juga meliputi transformasi pembentukan tulang tengkorak yang menyesuaikan dengan perubahan otak.

Kaitan antara pengembangan otak dengan transisi pembentukan tulang tengkorak burung ini ditemukan oleh para peneliti dari Universitas Yale. Sumber Disini

“Dalam masa transisi dinosaurus ke burung, tulang tengkorak mengalami transformasi yang signifikan dan bagian otak ikut membesar. Kami terkejut [karena sampai saat ini] belum ada yang secara langsung menyebutkan sugesti bahwa bagian dalam otak – otak depan dan otak tengah – terkorelasi, atau aspek pengembangannya dapat dikaitkan dengan tulang frontal dan parietal yang ada di luar otak.”

Di penelitian sebelumnya, secara umum memang telah ditemukan adanya kaitan antara otak dan bentuk tulang tengkorak. Namun saat itu, masih belum diketahui jelas mengenai hubungan antara elemen individual tulang tengkorak dengan area tertentu pada otak. Dan pada penelitian kali ini, tim ilmuan berupaya untuk melacak titik evolusi di mana otak dan bentuk tulang tengkorak saling beradaptasi, dan mereka menganalisanya mulai dari garis keturunan hewan reptil, sampai burung.

Ternyata, mayoritas otak dan bentuk tulang tengkorak reptil itu hampir sama satu dengan lainnya. Namun otak dan tengkorak dinosaurus yang memiliki relasi dengan burung modern saat ini itu bervariasi. Mayoritas dinosaurus ini memiliki kriteria otak tulang tengkorak yang juga besar. Dan ukuran tengkorak dan otak mereka bertransformasi selama ratusan juta tahun hingga seperti sekarang.

Menurut Dr Bhart-Anjan Singh Bullar selaku salah satu tim peneliti, ada kaitan yang jelas antara penyesuaian tulang frontal dan otak depan, lalu penyesuaian tulang parietal dengan otak tengah. Untuk membuktikannya, peneliti menganalisa embrio kadal, buaya dan burung dengan menggunakan CT Scan.

Menurutnya, hubungan ini ditemukan di seluruh hewan vertebrata yang memiliki tulang tengkorak. Hal ini mengindikasikan adanya hubungan pengembangan yang mendalam antara otak dan bentuk tengkorak.

Mungkin ada hubungannya ama ini ngga bray

381 Spesies Baru Di temukan di Amazon

“Yang dapat diimplikasikan dari sini adalah otak memproduksi sinyal molekuler yang menginstruksikan tulang tengkorak untuk terbentuk di sekitar otak, walaupun kami masih belum begitu memahami bagaimana persisnya pola alami tersebut terjadi.”

Menurut para peneliti, penemuan ini menjadi petunjuk yang penting tentang bagaimana tulang tengkorak, saat melalui proses evolusi, terbentuk mengikuti perubahan yang terjadi di otak.

0
3.9K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
KASKUS Official
924.3KThread87.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.