Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ageel004Avatar border
TS
ageel004
APM Monorail Jadi Terobosan Transportasi untuk Warga Meikarta

Image via indopos.co.id
Sepertinya hampir seluruh Kaskuser pasti udah ngeh dengan mega proyek Meikarta yang merupakan sebuah proyek pembangunan kota baru oleh Lippo di Cikarang, berlokasi dekat dengan Karawang, Lippo Cikarang, Jababeka, MM2100 dan tempat strategis lainnya. Nilai proyek ini pun tembus Rp 278 Triliun dengan Lippo Group sendiri telah menggandeng sederetinvestor dari Jepang. Kota Baru Meikarta akan dibangun berbagai fasilitas dan infrastruktur berskala internasional seperti shopping mall, Rumah Sakit Internasional, International Financial Centre, Hotel Bintang 5, Perpustakaan Nasional, Opera Theatre dan Art Centre, SD Internasional dan National Plus, SMP serta SMA Nasional dan Internasional, Pusat Riset Industri, Internasional Exhibition Centre (ICE) dan Indonesia Silicon Valley.
Tau ga sih gan, demi memanjakan warga yang bakal tinggal di Meikarta, perancang mereka pun sudah merencanakan untuk membangun berbagai fasilitas transportasi untuk kemudahan warganya dengan menggunakan teknologi canggih berstandar Internasional. Apa aja yah? yuk intip gan!
Antar gedung terhubung oleh Sky Bridge

Visual by skyscraperdictionary.com
Antara gedung bangunan yang satu dengan lainnya dihubungkan oleh sky bridge untuk memudahkan orang-orang bermobilitas. Jembatan penghubung ini bisa menjadi titik yang menarik bagi wisatawan seperti di berbagai negara. Karena dari lokasi tersebut bisa mendapatkan pemandangan sebuah kota yang ajib dan ngademin mata gan!.

APM (Automated People Mover)
Lalu untuk pergerakan dari satu gedung ke gedung lainnya yang jaraknya cukup jauh, atau menuju berbagai pusat kegiatan disiapkan alat transportasi internal, yaitu APM (Automated People Mover) yang dapat menghubungkan semua bagian titik di Meikarta. Transportasi internal ini berupa kereta Monorail. Ini jenis transportasi umum yang hampir menyerupai kereta api. Dengan rel di atas jalan raya, mampu membawa penumpang dengan jumlah banyak. Bisa mencapai 50 orang atau lebih, tergantung dengan ruas monorail itu sendiri.

Visual by bombardier.com
Monorail atau Monorel yang memiliki arti satu rel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal. Rel kereta ini terbuat dari beton dan untuk roda keretanya terbuat dari karet, sehingga suara kereta monorel tidak akan sebising kereta api konvensional. Dalam monorel biasanya jalur keretanya ditempatkan di atas tiang-tiang, jadi monorel tidak akan memakan atau mempersempit jalur jalanan lainnya.
Kenapa Harus Menggunakan Monorel?
Monorel ini sendiri pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1820 oleh Ivan Elmanov. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, monorel dijalankan oleh mesin elektronik. FYI yah gan, Monorel sendiri ternyata lebih ringan daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi. Kereta pada jalur monorel ini dapat menanjak, menurun dan berbelok lebih cepat apabila dibandingkan dengan kereta konvensional. Monorel tentunya lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, maka resiko kereta tergelincir jauh lebih kecil, karena kereta membungkus jalur.
Kemudian untuk biaya perawatan dan pembangunan, kereta monorel emang jauh lebih murah dibandingkan dengan kerea konvensional. Terlebih lagi dengan rekor ketepatan waktu sekitar 98 persen, keandalan kinerja dan operasional, monorel secara konsisten menyediakan kualitas perjalanan terbaik yang terus meningkat dan selalu tersedia untuk setiap penumpangnya. Pastinya warga Meikarta pun akan lebih cepat dan tepat sampai tujuan.
Menurut catatan, dalam lebih dari dua miliar perjalanan kereta monorel di seluruh dunia, dan hebatnya ini ga ada satupun laporan kecelakaan yang mengakibatkan penumpang meninggal dunia. Selain itu, sejauh ini juga belum pernah tercatat terjadi tabrakan antara monorel dengan jenis kendaraan lain.
Saat ini sudah banyak negara di dunia yang menggunakan sistem jalur kereta api monorel, seperti di Jepang, Malaysia, Singapura, Cina, Korea Selatan, Belgia, Jerman, Italia, Russia, Irlandia, Inggris, Amerika Serikat dan juga Brazil. Sementara di Jakarta, orang masih bisa melihat tiang-tiang beton yang asalnya untuk rel kereta monorel yang mangkrak.
Bila di Meikarta benar-benar menggunakan monorel, maka keinginan orang untuk naik transportasi jenis ini bisa segera terpenuhi, dan tentunya terobosan dalam transportasi ini pun akan memanjakan warga Meikarta yang semakin mudah untuk bepergian dari atau ke lingkungan Meikarta. Jadi ga sabar nih, nunggu monorel cepet jadi, dan bisa nyobain sensasi naik monorel.
0
6.7K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.