Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Memastikan Anak Indonesia Memperoleh Akses Pendidikan dan Tips Meraih Beasiswa

novitasaridewiAvatar border
TS
novitasaridewi
Memastikan Anak Indonesia Memperoleh Akses Pendidikan dan Tips Meraih Beasiswa


Memastikan anak Indonesia memperoleh kesempatan dan akses terhadap pendidikan masih menjadi tantangan yang harus dihadapi Indonesia. Keberadaan penerus bangsa inilah yang memengaruhi dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik. Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar daerah operasi perusahaan, Siam Cement Group (SCG) memprakarsai program beasiswa tahunan bernama SCG Sharing the Dream.

SCG merupakan perusahaan di kawasan ASEAN yang terdiri dari tiga bisnis utama yaitu SCG Cement – Building Materials, SCG Chemicals, dan SCG Packaging. SCG memulai operasi bisnis di Indonesia sejak 1995 dengan bisnis perdagangan dan secara bertahap mengembangkan investasinya dalam bisnisnya.

Dihelat sejak tahun 2012, program beasiswa SCG Sharing the Dream ini bertujuan untuk mendukung pendidikan yang lebih tinggi bagi para siswa di negara grup bisnis SCG berada. Tahun ini SCG Indonesia memperluas dukungannya dengan meningkatkan jumlah beasiswa untuk 400 siswa SMA di seluruh Jakarta, Bogor, Cileungsi, Karawang, Tangerang Selatan, Sukabumi, dan Bayah.



Animo besar akan program ini ditandai dengan lebih dari 1.200 pendaftar. Yayasan Ancora yang didirikan oleh Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan telah bekerja sama selama 6 tahun untuk program beasiswa SCG Sharing the Dream bersama-sama meluncurkan kegiatan 'Home Visit'. Home Visit adalah proses seleksi siswa pendaftar yang unik dimana karyawan SCG bersama dengan para volunteer Ancora berpartisipasi secara langsung untuk mengunjungi rumah sekaligus keluarga para pendaftar beasiswa.

Kegiatan ini membantu SCG memahami situasi para pendaftar, sekaligus membangun hubungan yang lebih erat dengan masyarakat sekitar, khususnya para keluarga pendaftar beasiswa. "Kegiatan Home Visit bertujuan untuk mengidentifikasi siswa yang berkualitas secara tepat yang sesuai dengan karakteristik beasiswa, yang tidak hanya menunjukkan catatan akademis yang luar biasa, namun juga cara mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada keluarga dan guru mereka dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul.

Melalui inisiasi ini, SCG dapat lebih terlibat dengan masyarakat dalam membantu menciptakan kehidupan mereka yang lebih baik di masa depan. Selain itu, karyawan SCG juga dapat melihat langsung bagaimana para siswa pendaftar tersebut, menunjukkan rasa terima kasih mereka kepada para guru di sekolah. Tahun ini, SCG Sharing the Dream menyoroti tema mengenai pentingnya rasa saling menghormati kepada para guru yang telah berjasa dalam mendukung dan mendorong siswa untuk mencapai impian mereka.


Tips Meraih Beasiswa SCG


Ada berbagai syarat dan kriteria yang harus dipenuhi untuk lolos seleksi dan mendapatkan beasiswa SCG Sharing The Dream. Pertama yaitu kemampuan menulis esai. Tema esai yang diangkat berbeda setiap tahun. tahun ini yaitu Untukmu Guruku. Karena esai tersebu dinilai oeh psikolog, maka harus ada penajaman visi dan misi apa yang hendk dicapai. Dengan demikian, dewan juri memiliki pegangan kuat ketika memberikan rekomendasi beasiswa.

Kedua, budi pekerti yang baik. Seperti dikatakan oleh Country Director SCG Indonesia, Nantapong Chantrakul.bahwa beasiswa ini tidak hanya berpatokan pada nilai akademik. Yang tak kalah penting adalah karakteristik siswa. Bagaimana ia beritneraksi dan berperilaku dengan guru, teman-teman dan lingkungannya. Termasuk perilaku di luar sekolah. Makanya tim SCG melakukan survei ke rumah-rumah sebagai satu syarat beasiswa.
 

Quote:
0
1.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.