Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aido19Avatar border
TS
aido19
MAKANAN KHAS PURWOKERTO
MAKANAN KHAS PURWOKERO


1. MENDOAN



Saya asli orang Purwokerto. Tentunya cinta dengan makanan khasnya, salah satunya mendoan. mendoan ini dapat ditemukan di beberapa warung makan di Purwokerto. Mendoan merupakan makanan khas Purwokerto yang menggunakan tempe sebagai bahan dasarnya.

Mendoan tidak hanya terkenal di Jawa Tengah saja, bahkan hampir di seluruh pelosok tanah air mengenal kuliner Jawa Tengah yang satu ini.

Kuliner Banyumas yang sudah sangat terkenal ini sangat nikmat disantap di saat masih panas, apalagi jika dipadukan dengan sambel pedas maupun cabe rawit mentah. Kalau agan kaskus ingin menikmati makanan khas Purwokerto ini, tidak harus kesana kok karena cara buat mendoan ini cukup gampang. Browsing saja pasti banyak diinternet, Tapi tentu saja mendoan asli Jawa Tengah memiliki cita rasa tersendiri.

2. SOTO SOKARAJA/SROTO SOKARAJA PURWOKERTO



Soto mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena masakan soto banyak di temukan di berbagai daerah di Indonesia.

Soto juga termasuk salah satu makanan khas Purwokerto, ya namanya Soto Sokaraja atau biasa disebut Sroto Sokaraja.

Soto khas Purwokerto ini tentunya berbeda dengan soto pada daerah lain, Soto Sokaraja memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri.

Kuliner khas Purwokerto ini sangat digemari oleh para wisatawan yang berkunjung kesana, dan ada dua pilihan untuk isinya yakni pakai daging ayam atau pakai daging sapi.

Ciri khas makanan khas Purwokerto ini terlihat jelas pada kuahnya yang agak kental, serta menggunakan kuah yang di campur dengan kacang. Cobain deh gan.

3. GETHUK GORENG



Gethuk khas Purwokerto berbeda dengan getuk pada umumnya yang dimasak dengan cara di rebus.

Makanan khas Purwokerto ini justru di olah dengan cara di goreng, sehingga memiliki cita rasa yang berbeda.

Bahan yang di gunakan untuk membuat gethuk goreng Purwokerto ini yaitu adonan singkong, dan untuk menambah rasa manis gurih, di tambahkan dengan gula merah.

Kuliner Purwokerto ini banyak dijumpai di toko oleh-oleh khas Purwokerto. Gethuk goreng ini sangat nikmat di santap dengan segelas teh manis panas apalagi bareng keluarga atau pacar tersayang. Tambah manis deh.

4. LANTING




Kalau makanan khas Purwokerto yang satu ini bentuknya berupa cemilan, yang bisa kamu nikmati setiap saat terutama saat nobar bola gan.

Jajanan khas Purwokerto ini juga bisa loh kamu jadikan sebagai oleh-oleh karena termasuk makanan kering.

Cemilan khas Purwokerto ini terbuat dari adonan tepung yang di goreng, berbentuk bulat seperti cincin ada juga yang membentuk seperti angka delapan.

Rasanya yang gurih dan renyah akan membuat kamu ingin terus dan terus mengunyah jajanan Purwokerto ini gan.

5. LUMPIA PURWOKERTO



Tidak hanya Semarang saja yang memiliki makanan khas lumpia, Purwokerto juga memiliki makanan khas yang bernama lumpia loh gan.

Hanya saja lumpia khas Purwokerto tidak se populer lumpia Semarang, namun memiliki cita rasa tersendiri.

Lumpia bom adalah julukan dari makanan khas Purwokerto ini, karena bentuknya yang agak besar di banding dengan lumpia Semarang.

Lumpia Purwokerto ini sangat cocok untuk di jadikan teman nasi, karena isinya menggunakan sayuran dan daging.

BAKMI PURWOKERTO



Sama hal nya dengan soto, bakmi juga mudah kita temukan di beberapa daerah di Indonesia.

Namun bakmi khas Purwokerto ini memiliki ciri khas dan cita rasa tersendiri loh.

Ciri khas makanan khas Purwokerto ini dapat kita lihat pada mie yang digunakan, yakni mie yang agak besar dan lebar menyerupai kwetiau.

Selain pada mie nya, bakmi Purwokerto ini juga dimasak dengan cara yang unik, yaitu dimasak diatas tungku arang, sehingga aroma khas jelas terlihat. Sahabat kaskus jangan lupa mencoba bakmi ini ya saat liburan ke Purwokerto, di jamin akan ketagihan, hehehehehe.

Itulah beberapa makanan khas dari Purwokerto alias daerah tempat tinggal ane dan ane sangat mencintainya gan. Gimana dengan agan ? apa makanan khas di daerah agan ?
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
4.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.