bleber156Avatar border
TS
bleber156
Alasan kenapa IP dan IPK sebaiknya tinggi
gan disini ane mau share kenapa sebaiknya IP dan IPK agan tinggi (> 3,00)


1. Buat ngelamar kerja

ane ngerti, jadi wirausaha itu keren kok ane akuin. tp bukan berarti orang yg ngelamar jadi pegawai itu sampah. IPK memang tidak begitu diperlukan ketika agan sudah menapaki jalur experience karena yg dihargai adalah pengalaman agan tapi IPK sangat dibutuhkan buat agan agan yang masih fresh graduate (baru lulus). menurut ane sekarang perusahaan minta nya ipk > 2,75 atau >3,00 malah kadang ada multinational company yang mintanya >3,30 jadi logika aja kalo ipk agan < 2,75 mungkin masih ada perusahaan yang tidak membutuhka IPK sebagai seleksi masuk untuk fresh graduate tapi jarang gan perusahaan model gitu. jadi kalo agan yang fresh graduate mau melamar kerja pastikan IPK agan diatas kriteria perusahaan yang agan pengen. (tapi point ini gak berlaku buat yang udah punya experience kerja, yang mau wirausaha, dan yang mau masuk perusahaan punya bokapnya).

2. Buat dapetin beasiswa

beasiswa itu salah satu jalan buat bertahan di dunia perkuliahan terutama buat agan agan yang kondisi ekonomi keluarga nya pas pasan atau kurang mampu. agan dan keluarga pasti seneng kalo agan dapet beasiswa karena bisa ngeringanin beban orang tua biayain kuliah. tapi yang perlu agan tau ada biasanya beasiswa meminta IPK minimal bagi calon pelamarnya dan terkadang ada pula program beasiswa yang menuntut IPK kita untuk baik dan stabil selama kita mendapatkan program beasiswa tersebut (tidak jeblok). jadi dengan IPK yang tinggi agan udah berhasil lolos seleksi IPK buat beasiswa tersebut, selanjutnya tinggal kemampuan agan yang berbicara di tahap seleksi selanjutnya. (point ini gak berlaku buat orang yang gak butuh beasiswa dan merasa sanggup biayain kuliahnya tanpa bantuan pihak lain).


3. Bikin bangga dan bahagia orang tua

coba agan renungin, kalo agan jadi orang tua lebih bangga anaknya IPK nya 3 koma atau anak IPK nya 1 koma. tau kan jawabannya yang mana ? jadi IPK bisa juga sebagai bukti komitmen dan terimakasih kita ke orang tua karena udah biayain kita kuliah. (point ini gak berlaku kalo agan gak sayang orang tua agan atau orang tua agan fine2 aja anak nya dapet IPK 1 koma atau nol koma).


4. Biar gak jadi mahasiswa abadi

IP yang baik tiap semester akan membuat agan dapat mengambil sks lebih banyak pada semester berikutnya dan tidak ketinggalan mengambil mata kuliah sehingga agan akan lulus cepet atau tepat waktu. hal ini terutama buat orang tua agan yang hidupnya pas2an atau kurang mampu atau yang masih punya tanggungan adik. gak kebayang kan kalo kita lulus nya molor bertahun2 berapa biaya tambahan yg harus dikeluarin orang tua ? udah gitu kalo lulus lama biasanya orang yang berstatus mahasiwa abadi ini gak pede kalo mau ngampus dan biasanya gampang kena tekanan batin kalo ditanyain kapan lulus sama adik tingkat. (point ini gak berlaku buat agan yang santai aja ngehadepin pandangan orang dan agan yang santai aja orang tua nya ngeluarin biaya tambahan buat agan kuliah).


5. Biar bisa daftar jadi assisten dosen atau assistan praktikum

Banyak keuntungan yang agan dapat dengan menjadi assisten seperti ilmu kuliah agan semakin mendalam karena harus belajar sebelum mengajari orang lain, dapat uang saku tambahan, maupun link/koneksi dengan dosen. Biasanya yang ingin jadi assdos atau asslab harus melalui tahap recruitment yang seringkali mempertimbangkan IPK pelamar. oleh karena itu jika IPK kita tinggi maka setidaknya tahap seleksi IPK sudah berhasil kita lewati. (point ini tidak berlaku buat agan yang tidak berminat jadi assisten).


satu lagi,

ingat IPK bukan segala-gala nya karena IPK hanya tiket awal, yang selanjutnya berbicara adalah kemampuan personal agan. tapi ingat, kalau agan merasa personal agan bagus tapi agan tidak memiliki tiket awal apa agan bisa melewati tahap selanjutnya ? renungkan.

dan ingat juga IPK bagus tidak harus > 3,7 ya syukur2 kalo agan bisa tinggi banget sampe segitu tp setidaknya usahakan lah IP dan IPK anda berada diatas 3,00 atau sementok mentoknya diatas 2,75

sekian gan, semoga bermanfaat


0
6.1K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.