fadw.crtvAvatar border
TS
fadw.crtv
Ingin Bikin Thread Tapi Enggak Punya Ide?

Keinginan untuk berkarya memang tidak selamanya mudah. Terkadang kita menemukan kebuntuan untuk menciptakan suatu karya. Inspirasi terkadang tak kunjung datang walau kita sudah jongkok di wc sampai kaki menjadi mati rasa.

Sebagai kaskuser tentunya kita ingin membuat sebuah trit yang berguna dan bermanfaat, tapi terkadang sebuah pertanyaan yang pasti menghampiri: mau bikin trit apa?

Tenang, setelah membaca trit ini, semua keluhan kaskuser semua bisa teratasi. emoticon-Ngakak (S)
Dan ini, inspirasi trit yang bisa dibuat untuk karya agan.

  • Trit pengetahuan atau tips dan trik dari pengalaman pribadi

    Membuat trit yang membahas seputar pengetahuan atau tips dan trik agar melakukan sesuatu dengan mudah dan benar bisa dijadikan pilihan utama. Terlebih lagi pengetahuan atau tips dan trik yang dipaparkan berdasarkan pengalaman pribadi, tentu menjadi nilai tambah karena keoriginalitasannya.

    Tidak punya tips dan trik dari pengalaman pribadi yang bisa dibagikan? Agan bisa mencoba mencari referensi yang sekiranya bisa dipercaya dan bukan hoax, ya, gan.

    Contoh trit seperti Mengenal Englishnya Orang Jepang, trit pengetahuan yang ane buat berdasarkan pengalaman dan referensi.

  • Trit event atau hal-hal yang unik di kota agan

    Banyak sekali hal yang unik dan belum semuanya terpaparkan di internet. Tentunya agan bisa menjelaskan secara rinci satu buah hal atau secara listing/daftar beberapa hal yang khalayak ramai belum mengetahuinya.

    Indonesia kaya akan budaya dan alam, tentunya kita bisa memanfaatkan hal ini sebagai sumber dalam membuat trit.

    Contoh trit seperti membahas makanan atau wisata alam dari daerah tempat kita tinggal.

  • Trit opini pribadi terhadap suatu fenomena

    Bisa dibilang kita membuat trit untuk mengomentari suatu fenomena yang terjadi. Bisa dibuka dengan penyebab terjadinya fenomena, tanggapan kita terhadap fenomena tersebut dan solusi apa yang bisa kita jabarkan.

    Trit opini seperti ini sangat menarik karena bisa menimbulkan pengetahuan baru tapi dengan cara yang mendeskripsi, bukan dengan cara listing/daftar

    Contoh trit seperti Kemacetan dan Masyarakat Indonesia, trit opini pribadi terhadap fenomena kemacetan di Indonesia.

  • Membahas hal anti mainstream sebuah fenomena

    Kalau tadi opini, kalau sekarang adalah membahas hal yang tidak dibahas oleh media mainstream atas suatu fenomena.
    Misalkan ada sebuah fenomena mobil terbalik, pasti tahukan media akan bahas apa? 5W + 1H. What? Who? When? Where? Why? + how?

    Terus kita bahas apa? Kita bisa membahas sejarah mobil, jenis mobil, hal apa saja yang bisa menyebabkan mobil terbalik, dan masalah lainnya yang bisa dibilang side storynya.

    Contoh trit yang membahas rudal saat berita Korea meluncurkan roket ke arah Jepang.
    Contoh lain Tingkah Hamish Daud di Hari Pernikahannya yang Membuat Sista Berharap Menjadi Raisa trit yg membahas hal lain dari acara pernikahan Raisa. Credit to non.artemisia

  • Trit saduran atau terjemahan

    Banyak berita luar negeri mau pun teknologi yang sangat layak dijadikan trit, tapi masalahnya, sumber pertama berita dan teknologi luar negeri pastilah bahasa asing. Dari sini kita bisa menerjemahkannya baik dengan cara terjemahan asli mau pun improvisasi.

    Terjemahan asli ialah terjemahan yang diterjemahkan sesuai dengan kata-kata aslinya, biasanya dipakai oleh portal berita terpercaya. Sedangkan improvisasi, kita menerjemahkan hanya pada ide pokok kalimatnya tetapi tidak merubah maksud sebenarnya.

    Contoh trit seperti Panda Raksasa Ini Mampu Hasilkan Listrik Untuk 50.000 Rumah, trit yang ane sadur dengan teknik improvisasi.

  • Trit tandingan

    Trit ini adalah trit tandingan dari suatu trit yang sudah ada sebelumnya. Banyak sekali trit yang bisa dibuat trit tandingannya. Biasanya trit seperti ini akan membahas untung-rugi, kelebihan-kekurangan, atau positif-negatif.

    Trit seperti ini sejatinya bukan untuk memecah belah atau membuat debat kusir, tapi untuk mengedukasi bahwa ada dua sisi yang seharusnya kita sadari.

    Contoh trit seperti 'kerugian tidur larut malam' yang muncul setelah 'keuntungan tidur larut malam'


Mencari ide memang gampang-gampang susah, gampang kalau sudah dapat tapi susah untuk mendapatkannya. emoticon-Hammer (S)
Keep posting, tetap berkarya dan selalu bersemangat.

QOTD : Jika kita bisa melewati kebuntuan ide, kita bisa menemukan lebih banyak ide menarik lainnya dibalik kebuntuan itu.

7/9/2017

Diubah oleh fadw.crtv 07-09-2017 13:23
0
11.3K
123
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.